CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
29 Tanda-tanda Jokowi Otoriter
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee5e7105cf6c4755c749af0/29-tanda-tanda-jokowi-otoriter

29 Tanda-tanda Jokowi Otoriter

29 Tanda-tanda Jokowi Otoriter

Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia mencatat sedikitnya ada 29 kebijakan pemerintah sejak 2015 yang dipimpin presiden Joko Widodo alias Jokowi yang dinilai mencerminkan tanda-tanda otoritarianisme pemerintah.

Kebijakan yang dinilai otoriter ini dikumpulkan YLBHI dari 2015 yang angkanya semakin meningkat di tahun 2020 sekarang.

Kebijakannya pun bermacam-macam, mulai dari kebijakan ekonomi negara, kebebasan berpikir dan mengeluarkan pendapat, kebijakan dwi fungsi pertahanan keamanan, serta kebijakan politik yang memperlemah partai oposisi.

"Bisnis ekonomi ini mulai dari mengamankan omnibus law cipta kerja dan macammacam lainnya, kemudian ada soal kebebasan sipil dan politik mulai dari berpendapat berekspresi, menyampaikan pendapat di muka umum, berorganisasi, memiliki pandangan politik yang berbeda, dan kebebasan akademis," kata Ketua YLBHI Asfinawati dalam diskusi Mimbar Bebas Melawan Oligarki : Seri 1 - Tanda-Tanda Otoritarianisme Pemerintah, Minggu (14/6/2020).
Terkait dwi fungsi pertahanan keamanan, Asfinawati menjelaskan banyak kebijakan yang membuat TNI-Polri terlibat dalam pemerintahan, padahal secara kualifikasi orang-orang tersebut tidak ada hubungannya sama sekali dengan jabatan yang diberikan.

"Pelibatan kembali aparat-aparat keamanan tidak hanya di bidang pertahanan dan keamanan tetapi juga di bidang politik, termasuk memberikan tempat di posisi yang tidak ada hubungan dengan keahlian utama dari orang-orang pertahanan dan kemanan ini," jelasnya.
Berikut 29 Tanda-tanda Pemerintah Otoriter Menurut YLBHI:

-Membuat PP Pengupahan yang bertentangan dengan UU (2015)
-Memperlemah (Kemungkinan Adanya) Oposisi dengan Mengacakngacak Parpol melalui 

-Melawan Hukum Putusan MA: Golkar (2015).
-Memperlemah (Kemungkinan Adanya) Oposisi dengan Mengacakngacak Parpol melalui 

-Melawan Hukum Putusan MA: PPP (2016).
-Membiarkan Pembantunya Membangkang terhadap Putusan MK (2016).
-Membatasi Penyampaian Pendapat Di Muka Umum Melalui PP 60/2017 yang Bertentangan dengan UU 9/1998 (2017)
-Perppu Ormas Membubarkan Ormas Tanpa Pengadilan (2017).
-UU 5/2018 tentang Perubahan atas UU 15/2003 tentang Penetapan Perpu 1/2002 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme Menjadi UndangUndang mengkaburkan batasan peran TNI dalam urusan pertahanan.
-Permendagri 3/2018 tentang tentang Penerbitan Surat Keterangan Penelitian/SKP (2018).
-Hak Tidak Memilih/Golput dijerat UU Terorisme dan UU ITE (2019).
-Penggunaan Pasal Makar oleh Kepolisian Secara Sembarangan.
-Melegalkan Kriminalisasi Pemilik Hak atas Tanah dengan Dalih Komponen Cadangan (2019).
-Mengembalikan Dwi Fungsi Aparat Pertahanan.
-Mengembalikan Dwi Fungsi Aparat Keamanan: Polri.
-SK Menkopolhukam No. 38/2019 tentang Tim Asistensi Hukum (2019).
-Menyetujui SKB tentang Penanganan Radikalisme dalam Rangka Penguatan Wawasan Kebangsaan Pada Aparatur Sipil Negara (2019).
-Pemberangusan Masif Hak Menyampaikan Pendapat di Muka Umum (2019)
-Pemerintah memasukkan/setuju pasal makar, penghinaan presiden dan penodaan agama dalam RKUHP (2019)
-Operasi Militer Ilegal Di Papua (2019).
-Pemadaman Internet di Papua (2019).
-UU Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Penelitian (2019).
-Mengabaikan Partisipasi Publik dalam Rencana Pemindahan Ibukota Negara (2019).
-Meminta BIN dan Polri untuk Menangani Ormas yang Menolak Omnibus Law (2020).
-Berkehendak Menjalankan Darurat Sipil (2020).
-Membiarkan Anak Buahnya Melawan Putusan MK untuk Mengkriminalkan “Penghina” Presiden (2020).
-Membangkang terhadap Putusan MA tentang BPJS (2020).

-Berkehendak Bisa Mengubah UU dengan PP (2020).
-Pemberangusan Hak atas Kebebasan Berpendapat (2020).
-BIN Ikut Campur Diskusi Di Kampus (2020) 



https://www.suara.com/news/2020/06/1...kowi-otoriter


AYO BUZZERP, CENONG, NASTAK BELA JUNJUNGANMU

AYO KAMPRET KADRUN CARI BUKTI LAGI YG KUAT emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
albi00 dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh nevertalk
Halaman 1 dari 2
Jokowi tidak otoriter hanya menjalankan amanat
profile-picture
d3m0litionlov3r memberi reputasi
Sabar aja drun, masih 4 tahun lagi kok. Hahaha.

Mewek sana gih sambil demo. Biar ditangkepin sekalian.
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan d3m0litionlov3r memberi reputasi
29 yah??

Baru tanda2 pun.

Yg beginian mah gampang counternya, kadal.

Kalau ada satu yg ga legitimate, maka semua narasinya bisa dijatuhin dlm alasan ada kepentingan dibalik pernyataan ini.

Coba ya..

"Berkehendak darurat sipil 2020"

1. Tidak terjadi sampai saat ini
2. Kalau terjadi ini juga buat jejaring keamanan masa Corona.

Argumen sampah..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
albi00 dan 4 lainnya memberi reputasi
Ah yg boneng droon... blom lagi darurat sipil dititahkan jokowi.. saat itu kadroon2 akan mengemis ngemis tobat..
Dasar kadrooners laknat pemancing kerusuhan saat wabah, untung ekonomi gak krisis. Rupiah malah 13 ribuan wkwk.kuciwa kadrooners
profile-picture
d3m0litionlov3r memberi reputasi
Diubah oleh ikardus
Nonton sambil mkn popcorn aja emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan d3m0litionlov3r memberi reputasi
Justru g berharap RI-1 beneran represif menghancurkan kekuatan2 neo PKI yang berlindung di nama eslam emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xneakerz dan 6 lainnya memberi reputasi
Jokowi kurang otoriter , terbukti banyak yg ngebacotin dia dibiarin 29 Tanda-tanda Jokowi Otoriter

Kalo jaman dulu dikasi senyum dan dikasi pertanyaan doang udah tau sendiri lah emoticon-Ngakak
Spoiler for abc:

profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh donal.duck.
Saya tidak pernah khawatir jokowi punya power yg berlebih untuk jadi otoriter.
Saya khawatir jokowi tidak punya cukup power untuk mengendalikan aparatnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tendou_26 dan 2 lainnya memberi reputasi

Narasi ginian khas kadrun.... isu sekarang yg digulirkan "otoriter" dan dari segala lini mulai dari striker sampai pemain bek narasinya sama.
emoticon-Wkwkwk emoticon-Leh Uga


Makanya gunakan akal sehat biar negara selamat...... emoticon-Big Grin




emoticon-Salaman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ikardus dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh qavir
gak bisa let go kalian, cuma 4 tahun lagi kok masa jabatannya. Kalau mau bising tunggu nanti dia bikin kebijakan presiden seumur hidup.

Lagian pilihan kemarin cuma 2, dan sekarang kedua duanya 1 team, mau apa kalian kadrun?
profile-picture
profile-picture
yudistira98 dan d3m0litionlov3r memberi reputasi
Diubah oleh tupaisql
29 Tanda-tanda Jokowi Otoriter
profile-picture
profile-picture
jangan.lupa dan d3m0litionlov3r memberi reputasi
oto rider
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
katanya planga plongo, lalu bilang otoriter?
make up your mindemoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
albi00 dan 5 lainnya memberi reputasi
Klo kadrun lagi curhat, dengerin dong. Gak tau lo pada sih. Sakitnya tuh gak ilang2. Mana harus nunggu 2024. Sementara 2024 besok juga dah gak bisa ngebales skor 2:0 nya. Kan asu banget gituhhh... emoticon-Lempar Bata
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
Plonga-plongo atau otoriter
Asing atau aseng
Liberal kapitalis atau komunis

Omongan kadrun mana ada yg bener

Pokoknya salawi

emoticon-Wagelaseh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
albi00 dan 5 lainnya memberi reputasi
Pemberangusan Hak atas Kebebasan Berpendapat (2020).

malah kaum mayoritas yang lebih sering berangus kebebasan berpendapat warga emoticon-Shutup
profile-picture
farhan.faf memberi reputasi
Cenong itu golongan mana lagi gan. emoticon-Confused
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
Byk jg yak.. nyimak dulu dah emoticon-Traveller
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
Kadrun pasti bilang kalo siapapun pejabat yang bikin peraturan adalah otoriter. Mereka maunya hidup semau gue. Gak mau diatur. Yang penting buat kadrun enak. Gak perduli orang lain jadi korban. Tapi ngatur mau buat napsu syahwat mereka emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
albi00 dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh greengeckoijo1
masih sakit hati toh? emoticon-Ngakak (S)
kacian deh loh masih 3 tahun lagi nahan hati emoticon-Wkwkwk
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di