CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Education /
5 Tips Belajar Online di Rumah, Efektif & Anti Jenuh
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee5c62868cc954811246138/5-tips-belajar-online-di-rumah-efektif-amp-anti-jenuh

5 Tips Belajar Online di Rumah, Efektif & Anti Jenuh


Merebaknya pandemi virus corona membuat kegiatan belajar di sekolah dihentikan untuk sementara waktu. Para pelajar harus menjalani aktivitas pembelajaran di rumah. Skema belajar online di rumah semacam ini tentu membuat siswa-siswi harus kembali beradaptasi dengan sistem yang baru.

Sekarang, anak-anak lebih sering berinteraksi dengan gadget karena memang mayoritas informasi tugas-tugas dari guru disampaikan melalui gadget.  Tidak jarang, godaan-godaan dari ponsel bisa saja mengganggu belajarmu.

Nah, agar belajar online di rumah bisa berjalan lebih efektif, simak 5 tips belajar online di rumah berikut ini.

1.    Catat materi dan tugas, buat skala prioritas
Salah satu aktivitas belajar online yang sering dilakukan ialah kelas online. Kegiatan belajar dilaksanakan secara daring dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi meeting seperti zoom, google meet, dan lain-lain. Nah, pada saat guru menjelaskan, catatlah poin-poin pentingnya. Dengan membaca catatan, memorimu akan bekerja lebih baik dibandingkan dengan hanya mendengarkan tanpa mencatat.
 
Apabila di akhir sesi kelas online guru memberi tugas, catatlah dengan jelas apa saja tugasmu, bagaimana pengerjaannya, bagaimana mekanisme pengumpulannya dan kapan batas akhir mengumpulkan tugas. Ini juga berlaku apabila guru memberi tugas via chat. Catatlah semua tugasmu, buatlah skala prioritas mana yang harus dikerjakan dahulu. Kamu bisa mendahulukan tugas yang due datenya paling dekat.
 
2.    Matikan notifikasi media sosial
Media sosial bisa jadi godaan berat yang bisa mengganggu belajar. Di tengah aktivitas belajar online, kamu bisa saja terdistrak oleh notifikasi media sosialmu. Oleh karena itu, matikanlah notifikasinya. Tahanlah sampai tugasmu tuntas dan terselesaikan semua.
 
Tegaslah dan paksa diri sendiri untuk melanjutkan aktivitas belajar online terlebih dahulu. Jangan mengulur-ngulur waktu belajar hanya demi mengecek notifikasi. Konsentrasimu bisa buyar. Jadi, selama belajar cobalah untuk fokus dan abaikan sejenak aktivitas sosmednya, ya!
 
3.    Cermati dokumen/materi yang dikirimkan
Tidak jarang, guru mengirim materi belajar berupa file dokumen melalui chat. Pelajari dan cermati materi itu. Apabila kamu merasa kurang praktis saat membuka dokumennya di laptop, pindah saja di ponsel supaya lebih praktis dan mudah dibuka di mana saja. Saat membaca materi, ada kalanya mata terasa lelah memandangi layar ponsel. Berilah jeda beberapa saat. Alihkan pandangan untuk memandang sekitar. Lalu lanjutkan membaca lagi.
 
Untuk memperjelas pemahaman, kamu bisa membaca juga dari sumber-sumber lainnya. Atau, jika masih belum paham, kamu bisa berdiskusi dengan temanmu melalui video call atau grup chat. Berdiskusi dengan teman via video call juga adalah alternatif cara belajar online agar tidak monoton, lebih santai dan leluasa.
 
4.    Ganti suasana kamar/pindah spot belajar
Ada kalanya kamu bosan dengan aktivitas belajar online yang begitu-begitu saja. Ditambah lagi, virus corona membuat kamu tidak bisa keluar rumah untuk sekadar refreshing melepas jenuh. Tapi tidak perlu risau. Kamu bisa menciptakan sendiri suasana belajar yang lebih seru di rumah.
 
Apabila kamu terbiasa belajar di kamar, cobalah untuk menata ulang desain kamar kamu. Rapikan bantal, guling, lipat selimut. Ini berguna untuk memperbaiki mood belajarmu. Kalau kamu punya spot belajar kecil di sudut kamar, cobalah mendesain ulang tatanannya. Kalau biasanya kamu belajar menghadap tembok, sekarang gantilah posisi menjadi menghadap jendela. Tambahkan asesoris interior di dinding supaya lebih fresh.
 
Masih jenuh di kamar? Tidak masalah. Sekarang carilah spot lainnya di rumah. Bisa di ruang tamu, ruang keluarga, atau sudut taman di rumah. Asal jangan dekat dengan televisi, karena berpotensi menjadi gangguan saat kamu belajar online. Suasana baru, pemandangan baru di sekitarmu bisa membantu mengurangi rasa bosan.
 
5.    Manfaatkan situs belajar online
Sekarang, sudah banyak website-website gratis yang menyediakan materi pelajaran untuk berbagai jenjang. Mulai dari jenjang SD, SMP bahkan sampai perguruan tinggi. Sumber referensi belajar kini tidak hanya bisa kamu dapat melalui buku saja.  
 
Cobalah untuk memanfaatkan situs-situs gratis ini. Kamu hanya perlu mengetik kata kuncinya di internet, lalu beberapa klik, dan materi yang kamu inginkan akan langsung muncul. Kemudahan-kemudahan semacam ini harus kamu manfaatkan. Website yang mendukung belajar online misalnya studioliterasi, brainly, blog ruangguru, dan lain-lain.

Pandemi virus corona memang memaksa semua lini untuk mampu beradaptasi dengan tatanan baru, termasuk lini pendidikan. Meski sedang belajar di rumah, kamu tidak perlu kuatir diserang rasa jenuh, karena sekarang kamu sudah tahu tips belajar online di rumah. Jangan lupa menerapkannya, ya. Selamat mencoba!


 
 




profile-picture
nona212 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di