CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Surat Pembaca /
Tokopedia: Barang Di Komplaint, Merchantnya "Nakal" Buyer Yang Rugi.
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee52075b8408835d96e0dc5/tokopedia-barang-di-komplaint-merchantnya-quotnakalquot-buyer-yang-rugi

Tokopedia: Barang Di Komplaint, Merchantnya "Nakal" Buyer Yang Rugi.

Pada tanggal 1 juni saya chat terkait barang Iphone X 64 GB di merchant bernama “TOKO KELILING” , dari barang display yang di jual dan info yang di berikan barang tsb adalah barang baru dan garansi apple inter.
Tokopedia: Barang Di Komplaint, Merchantnya "Nakal" Buyer Yang Rugi.

Kemudian saya melakukan transaksi dengan no inv INV/20200602/XX/VI/554909205 pembayaran dengan credit card Rp.11.217.882 dengan rincian harga HP Iphone X nya Rp.10.999.000, ongkos kirim Rp. 9.000, asuransi Rp. 44.100, biaya layanan CC Rp. 165.782 dan barang di kirim dengan jne 013790176348220 dengan sesuai alamat saya.
Setelah barang di terima tgl 3 juni 2020 saya mendapati bahwa barang yang di jual tidak sesuai dengan yang di iklankan, yang saya terima adalah barang CPO (refurbish namun garansi apple) dapat dilihat dari bentuk kotaknya dan saya melakukan komplain, dari chat sblm komplain saya membaca si merchant secara sengaja melakukan "kenakalan" ini
Spoiler for chat :


solusi yang default di set di system tokopedia adalah pengembalian barang ke seler dan dana di kembalikan ke limit cc saya hanya untuk nilai barang Rp.10.999.000 , tanpa mempertimbangkan aspek penyebab komplain sehingga biaya ongkir dan asuransi tidak di maksud kan di dalamnya.
Spoiler for komplain:


Komplain di lakukan dan merchant sudah tahu qualitas barang yang dia jual tidak sesuai iklan pun tidak berkilah dan menyetujui solusi tsb, dan di tanggal 4 pada saat saya akan kirim barang, merchant memutuskan menggunakan kurir pribadi dengan alasan akan di jual ke cust lain dan saya pun menyetujui nya, dan tim tokped menengahi dengan menjelaskan jika barang sudah terima seller maka dana akan di kembalikan ke saya dan setelah itu saya menerima notif di apps tokped saya :
Spoiler for notif:


Di sini saya bukan lega malah jadi bingung, total yang di debet CC Rp.11.217.882 kenapa yang di refund hanya Rp 11.163.985, lalu saya menguhubungi live chat cs tokoped di tgl 5 juni dengan no laporan ID: #19234303, namun saya di suruh tunggu oleh CS an Davis karena akan di proses investigasi, dan di tanggal 7 juni saya menerima refund sebesar Rp 11.163.985 sesuai info tokopedia di awal.

Spoiler for bukti refund cc:


Spoiler for notif:


Karena tidak ada respond saya menghubungi lagi CS tokped di tgl 8 juni CS an Adhi menginfokan selisih tsb adalah untuk biaya layanan CC, namun saya hitung kembali dan saya cek dari ketentuan tokped juga biaya layanan akan dikembalikan oleh tokped jika transaksi di batalkan.

Spoiler for cs mabok:

Spoiler for ketentuan:


Kemudian saya di minta tunggu kembali namun di tanggal 12 Juni komplain laporan ID: #19234303 di tutup secara sepihak oleh tokped
Spoiler for di tutup:

dan saya per tgl 13 juni meminta kejelasan nya dan di infokan bahwa selisih tsb adalah untuk mengcover pengiriman di awal proses pemesanan. Dan saya sangat keberatan dan kecewa dengan keseriusan cs tokped menangani masalah, kenapa pada saat komplain ongkir dan asuransi tidak di masukkan dalam pokok nilai komplain, yang ke dua dalam kasus ini tokopedia merugikan saya sbg customer dgn tidak memberikan punishment kepada merchant “nakal” tsb melainkan membiarkan saja.

Spoiler for cs mabok lagi?:


Untuk para pembaca sekalian mohon berhati-hati bertransaksi di tokped, power merchant badge tidak menjamin dan jika komplain kita harus meminta biaya ongkos kirim kita di ikutkan dalam refund. Karena tokopedia tidak mau tau jika customernya di rugikan.

UPDATE 1#
Spoiler for update :


UPDATE 2#
Spoiler for update2 :


UPDATE 3#
Spoiler for update 3:


UPDATE 4#
Baru dpt email dr tokped hari ini, kalau ada kredit ke cc gw buat refund nya ntr update lagi.
Spoiler for update:


LAST UPDATE
Selisih dana sudah kembali ke CC saya. Thanks Kaskus sudah jadi forum penampung yg kredibel
Spoiler for :
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Arcade Fire dan 16 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh jhonsee
Halaman 1 dari 3
goodluck, semoga pengalaman agan jd pelajaran buat kaskuser
sekalian next di catatatn check out "kalau barang tidak ada cancel saja, tidak jadi order" pake hurus kapital biar dibaca
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
TOPED EMANG GAJELAS!! BIKIN PERATURAN, DIA SENDIRI YANG NGELANGGAR!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reznor666 dan 2 lainnya memberi reputasi
Sebaiknya jika belanjanya lebih dr 2 juta, mending toko offline aja. Lebih kecil resiko dikirimi barang yg gak sesuai. Tidak ada jaminan toko dengan Power Merchant tidak nipu. Di market place manapun sama, buyer yg harus extra hati2.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
mending beli offline kalo gadget menurut ane sih
profile-picture
jazzcoustic memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
masukin ke surat pembaca di media mainstrram atau nasional aja gan sekaliber Kompas.com, Detik.com, dll..
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
masih mending ada yg kembali tuh
kmrn sempat beli pouch toiltery di tokped, pas sampai ternyata kekecilan, pengen di retur, si pelapak gak mau
alhasil dicoba jual dgn harga setengahnya, tp gak laku2 sampai skrg emoticon-Cape d...
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ya sudah gan... seleisih dikit mah relakan aja.. biarin aja itu buat tokopedianya supaya dia bisa jd lebih besar lagi.. menggurita dalam memakan uang2 konsumennya... emoticon-Big Grin

gw aja kena dibilang fraud gegara tx sama orang yang pernah tx juga sama gw... nilainya cuma 200an rebu masa dibilang gestun... emoticon-Big Grin padahal gw cuma mao make point reward yg pada hari itu juga kalo ga dipake ya kaldaluarsa.. kebetulan gw tx dimerchant yg memang punya barang yg gw mau, harga masukl, dan juga pernah belanja ame gw juga.. emoticon-Big Grin

dan juga ongkir trucking sbs 50rb juga dianggap gestun... jd total beli + ongkir * 15 % (denda) = wkwkwkwkkk aja dah.... emoticon-Big Grin dikate itu ongkos ongkir jne juga fraud x... emoticon-Big Grin

gw memang ga rugi apa2 sbg buyer tp sellernya kesian duitnya dipotong... emoticon-Big Grin
profile-picture
bandungsecond memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
utk harga segitu....ts yg terlalu nekat...
mending ke gerai langsung.,bs cek barang.,grs terjamin..
utk cicilan cc mrk jg bisa....
profile-picture
korekceuli memberi reputasi
selalu cek ulasan... liat ulasan keseluruhan.... jd tau resiko terburuknya apa...... ulasan bnyk bagusnya jg di cek seperti apa ulasannya... karena yg manipulasi ulasan itu keliatan banget, dari namanya dan penggunaan kata..... lalu pemberian judul pada iklan.......


seharusnya ada pinalti untuk yg bandel gini... tp sy sendiri pernah rugi gegara pembeli bandel....


klo sy sih pribadi mending beli yg di toko resmi biar kata lebih mahal dkit.... sekalian puasnya drpd kebawa ngambek.... ga cukup 1 hari.... emoticon-Ngacir
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Duh memang beresiko banget beli sesuatu dengan harga yang mahal, kemarin juga sempat beli laptop, harap harap cemas takut ketipu... Tapi alhamdulillah nya barang sampai dengan selamat dan sesuai ekspektasi... Tapi belinya ditokosebelah... Sejak kasus penjualan Account yang kemarin kemarin sempat ramai itu.. Udah nggak pernah belanja lagi disitu...
Loh, berarti antara pihak refund dana, cs nggak sinkron ya ini, padahal di peraturan tertulisnya apa
profile-picture
emhalo memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Jangan pernah beli iPhone secara onlen. mending di iBOX.
profile-picture
jazzcoustic memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Parah juga bisnisnya Toped, dana nganggur diembat juga, kalo pembelinya cuek dapet banyak mereka.
profile-picture
caerbannogrbbt memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
yah harus banyak sabar dah gan, biaya layanan sekarang mahal bener yaa ..

kalau pakai CC biasanya di toko sebelah .. emoticon-Ngakak (S)
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ane gak nemu lapaknya gan emoticon-Entahlah udah di delete kale yak
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kalo punya alamat penjualnya, laporin pulisi aja gan
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Untng dana dkmbalikan.klau bli brang on line kita hrus berhati2.kl nyari hp mnding off line aja.
kalau beli HP lebih baik yg bisa dicoba dulu gan. Seperti ente mau nikahin anak orang
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Nais info, buat pembelajaran.
profile-picture
jhonsee memberi reputasi
Ough tapi uang kembali kan ya. Kirain uang ilang. Meskipun masih selisih dikit
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di