CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Ilmu Marketing /
New Normal? Lakukan 5 langkah Ini Agar Target Penjualan Tercapai!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee4fed8337f9365f045efdf/new-normal--lakukan-5-langkah-ini-agar-target-penjualan-tercapai

New Normal? Lakukan 5 langkah Ini Agar Target Penjualan Tercapai!

Sales | Sales Coach| Sales Motivator | Sales Trainer. Pemerintah akan memberlakukan ketentuan New Normal. Semua pihak termasuk para sales diwajibkan untuk menjalankan peraturan-peraturan New Normal. Definisi singkat New Normal adalah beraktifitas normal dengan mematuhi protokoler kesehatan yang ditetapkan Pemerintah  untuk mencegah penyebaran Covid 19 agar roda perekomonian tetap berputar dengan baik.


New Normal mengharuskan kita untuk cepat beradaptasi dan merubah cara kerja di semua bidang kehidupan termasuk anda yang menekuni karir sales. Anda harus menerima fakta bahwa setiap orang masih di hantui ketakutan akan Covid 19 termasuk existing klien dan calon klien anda. Tantangan para sales adalah existing dan calon klien masih enggan bertemu dengan anda  karena alasan kesehatan walaupun anda sudah mengikuti protokoler kesehatan dengan ketat. Penjualan tanpa tatap muka yang sudah dilakukan banyak Perusahaan tidak sepenuhnya efektif. Beberapa produk dan jasa tetap lebih efektif dilakukan dengan tatap muka.

Ada 5 Hal yang perlu dilakukan para sales agar tetap mampu menutup penjualan dan mencapai target di tahun 2020 :

1.Merubah cara berfikir.

Selalu ada peluang untuk menjual dalam situasi apapun termasuk di era New Normal. Ini adalah pemikiran yang harus selalu tertanam dalam pikiran bawah sadar para sales. Anda harus paham bahwa ada sebagian orang yang mapan secara finansial tidak terkena dampak pandemi Covid 19. Mereka hanya terkena dampak tidak bisa beraktifitas normal saja. Uang di rekening mereka tidak berputar. Uang yang mereka miliki tidak bisa memenuhi gaya hidup mereka saat ini. Mall tempat mereka shopping harus tutup karena Covid 19, demikian juga cafe dan resto tempat mereka bersosialisasi juga tutup. Belanja online tidak sepenuhnya mampu memenuhi keinginan dan gaya hidup mereka. Mereka menunggu anda para sales untuk membelanjakan uang mereka karena tuntutan gaya hidup. Keberhasilan para sales meyakinkan mereka membeli akan berdampak kepada peningkatan income para sales yang secara tidak langsung juga mendorong roda perekonomian kembali berputar dengan baik.

2.Merubah cara kerja.

Sebelum pandemi Covid 19, anda punya banyak waktu untuk berbicara kepada calon klien tidak terbatas hanya pembicaraan seputar penjualan produk dan jasa namun tidak akan terjadi di era New Normal. Karena itu jika anda diberikan kesempatan untuk bertemu dengan calon klien, pergunakan waktu dengan sebaik-baiknya. Hindari obrolan tidak penting yang biasa anda lakukan sebelum pandemi Covid 19. Sebaiknya sebelum bertemu calon klien anda persiapkan diri dengan baik termasuk menyajikan produk dan jasa yang mereka butuhkan saat ini. Para sales bisa lakukan proses prospecting, approaching, dan sales presentation melalui telpon atau video call sehingga saat tetap muka hanya melakukan proses akhir saja misalnya menjelaskan ringkasan manfaat produk dan jasa yang anda jual dan tanda tangan kontrak penjualan (closing).

3.Kembali ke ilmu dasar penjualan.

Bukankah tugas utama para sales adalah menelpon untuk mendapatkan janji pertemuan? Saya yakin para sales sepakat dengan saya. Jika biasanya telpon hanya untuk membuat janji pertemuan saja, sekarang mari kita maju satu langkah bahwa prospecting, approaching, fact finding dan sales presentation bisa dilakukan melalui telpon dan video call. Buatlah skrip telpon penjualan yang memukau dan jadikan sebagai SOP dalam menelpon calon klien anda. Habiskan lebih banyak waktu di rumah untuk melakukan telpon untuk mendapatkan janji pertemuan. Anda juga harus tetap menelpon existing klien anda dan ingat tidak harus jualan. Cukup menyapa, tanya kabar dan doakan mereka dalam kondisi sehat. Jika ternyata mereka kembali membeli, anda beruntung.

4.Perbanyak belajar.

Sebelum pandemi Covid 19, para sales sibuk dengan berbagai meeting di kantor dan bertemu calon klien di luar. Kemacetan di jalan kadang memaksa anda pulang kerumah larut malam  sehingga tidak ada waktu untuk belajar. Situasi New Normal masih memaksa anda berlanjut work from home. Kalaupun keluar rumah hanya untuk bertemu dengan calon klien yang sudah janji dengan kemungkinan besar closing. Era New Normal bisa  dimanfaatkan  untuk kembali belajar berbagai hal yang mendukung karir sales anda dari  rumah. Mulailah dengan kebiasaan membaca buku. Buku adalah jendela dunia. Orang-orang yang sudah sukses dalam bidangnya menuangkan catatan perjalanan sukses mereka dalam bentuk tulisan.

5.Spritual sales and marketing

Ini adalah cara terakhir yang bisa anda lakukan agar calon klien terbuka pintu hatinya untuk membeli kepada anda. Ini bisa menjadi cara yang efektif di tengah keterbatasan waktu berbicara dengan calon klien anda. Ini cara yang tidak lazim namun mampu berujung pada penutupan penjualan (closing). Bukankah ini yang diharapkan para sales? Harus saya pertegas bahwa  spiritual sales and marketing tidak ada hubungannya dengan hal-hal yang berbau supranatural. Ini murni sesuatu yang berhubungan dengan dalam diri anda. Pada akhirnya penerapan spiritual dan marketing akan membuat anda terhubung dengan calon klien anda. Tidak mudah menjelaskan spiritual sales and marketing hanya dalam bentuk tulisan, namun saya yakin dan saya berharap para sales paham.

Sebagian sales  berdiam diri tidak melakukan apapun sambil menunggu pandemi Covid 19 berlalu baru melakukan aktifitas penjualan dan pilihan anda masuk akal.  Namun ada juga sales yang tetap melakukan berbagai cara agar tetap melakukan aktifitas penjualan dan berujung pada penutupan penjualan (closing). Hidup ini penuh dengan pilihan dan pilihan anda akan mengantarkan anda pada satu tujuan. Permasalahannya adalah apakah pilihan anda membawa anda kepada tujuan yang anda inginkan atau malah sebaliknya? Semoga anda dan keluarga selalu dalam kondisi sehat. Semoga Sang Pencipta selalu melindungi setiap langkah kehidupan anda meraih kesuksesan dalam bidang penjualan.

 

Yanto Mulyadi

Sales Motivator, Trainer and Coach

PIC : 08129720898

 

 

profile-picture
nona212 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di