CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Oh, Ternyata Ini Biang Kerok Bengkaknya Tagihan Listrik
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee4f89a82d49559345d28e2/oh-ternyata-ini-biang-kerok-bengkaknya-tagihan-listrik

Oh, Ternyata Ini Biang Kerok Bengkaknya Tagihan Listrik

Oh, Ternyata Ini Biang Kerok Bengkaknya Tagihan Listrik


Jakarta - Belakangan ini pelanggan PLN menyoroti tagihan listrik tiba-tiba bengkak. Menteri BUMN Erick Thohir pun buka-bukaan mengenai penyebab tagihan listrik bengkak.

"Isu yang sekarang lagi hot 'kok tiba-tiba tagihan naik'. Kan bukan naik. Yang tadinya bulanan, karena kemarin ada COVID-19 ya tidak tertagihkan, dia baru ditagihkan pada bulan yang bisa ditagihkan. Jadi kayaknya 'wah' padahal itu tagihan berapa bulan dijadikan satu," kata dia di kantornya, Jumat (12/6/2020).

Namun, lanjut dia, PLN sudah mengumumkan bahwa pelanggan bisa mencicil tagihan listriknya.

"Nah memang kan kita biasa kalau nggak ditagih lupa, pas ditagih marah. Padahal kita nggak melihat break down-nya. Tetapi apapun, kemarin PLN sudah bikin announcement bisa dicicil," jelasnya.

PT PLN (Persero) belum lama ini merilis skema penghitungan tagihan listrik. Hal ini bertujuan untuk melindungi pelanggan rumah tangga yang tagihan listriknya melonjak pada bulan Juni.


Dengan skema tersebut, pelanggan yang tagihan listriknya melonjak akan mendapat relaksasi pembayaran. Pelanggan hanya perlu membayar tagihan sebesar bulan lalu ditambah 40% dari kenaikan tagihan listrik bulan Juni ini, lalu sisanya dibagi rata dalam 3 bulan ke depan. Diharapkan, skema tersebut dapat mengurangi beban pelanggan yang tagihan listriknya meningkat tajam.

"Jika tagihan listrik bulan Mei dihitung dengan rata-rata 3 bulan dan listrik bulan Juni meningkat minimal 20%, maka konsumen berhak menerima perlindungan lonjakan dengan hanya membayar tagihan sebesar bulan lalu ditambah 40% kenaikan bulan ini. Sisanya 60% dibayar 3 bulan selanjutnya," kata Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN (Persero) Bob Saril dalam Konferensi Pers bertajuk Tagihan Rekening Listrik Pascabayar, Sabtu (6/6/2020).

Dalam dua bulan terakhir, sebagian pelanggan PLN, tagihan rekening bulanannya dihitung dari rata-rata 3 bulan terakhir pemakaian, akibat pemberlakuan PSBB di beberapa wilayah sebagai dampak dari pandemi COVID-19. Pada saat itu, sebagian pelanggan ditagih pembayarannya menggunakan rata-rata tersebut. Namun, bulan ini, pembayarannya bisa dicicil.


Source https://m.detik.com/finance/energi/d...agihan-listrik
profile-picture
profile-picture
nona212 dan entop memberi reputasi
susah utk mengakui ada yg salah dgn pln
profile-picture
entop memberi reputasi
Ini biang keroknya..

profile-picture
entop memberi reputasi
Oh, Ternyata Ini Biang Kerok Bengkaknya Tagihan Listrik
profile-picture
entop memberi reputasi
emang bayar pln harus ditagih ? ga bisa jalan sendiri ke agen ppob atau via mbanking gitu ? emoticon-Bingung (S)

ga masuk logika emoticon-Nohope
profile-picture
entop memberi reputasi
efek kejut aje biar cebong makin kesetrum
profile-picture
entop memberi reputasi
tinggal buka datanya...
lagipula pakai cara rata2 pemakaian per 3 bulan adalah blunder utk yg pascabayar.

karena Listrik pascabayar adalah listrik yang pembayaran tagihannya pada akhir bulan sesuai dengan energi yang digunakan bukan rata2 pemakaian bulan2 sebelumya.
profile-picture
entop memberi reputasi
Diubah oleh lupis.manis.
Lihat 3 balasan
air dari zaman merdeka uda gini, dulu pas kost tagihan pasti dibawah 10 m3 padal ane cek meteran selalu lebih, nah ntar kelebihannya ditumpuk pas mau lebara biar bonusnya gede


kepar4t lah yg monopoli
profile-picture
entop memberi reputasi
Diubah oleh inovator.4id
naik itu karena kapasitor rusak kata cebi, emoticon-Marah emoticon-Marah emoticon-Marah emoticon-Marah emoticon-Marah
profile-picture
entop memberi reputasi
Diubah oleh petani.syusyu
klaim sepihak ET
menuding konsumen yg banyak pemakaian listrik nya selama covid karena di tagihkan ke bulan berikut
bagaimana dgn konsumen yg mengaku pemakaian listriknya biasa2 saja, tapi melonjak listrik nya
ET tidak memberi penjelasan apapun disitu
profile-picture
entop memberi reputasi
Lihat 1 balasan
bener dugaan ane, ini kemarin awal2 covid petugas ga bisa ngecek meteran listrik ke lapangan, tagihan didasarkan pada rata rata pemakaian 3 bulan sebelumnya.
Datengin pln aja nih kalo kaya gini. Minta penjelasan sekalian rincian datanya kenapa bisa sampe naik banyak
Kalo PLN Salah, Listriknya di Gratisin gak?.
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di