akunflo
TS
akunflo
[COC Reg. Jambi] Teh Kajoe Aro, Minuman Teh Hitam Asal Jambi Yang Mendunia
Hallo Gan/Sis.
Sebelumnya ane mau berterima kasih pada Agan/Sista sekalian yang sudah berkenan mampir ke thread ane. Thread ini ane buat bentuk partisipasi dalam Comunitty Online Competition(COC) Regional Jambi.

Okelah, tanpa basa-basi lagi, cekidot!



Sumber gambar dari sini

Indonesia memang banyak sekali keragaman, dari mulai tempat wisata, sejarah, keunikan budaya, dan berbagai macam kuliner yang menggoda selera. Salah satunya minuman Teh Kajoe Aro yang terkenal seluruh dunia.

Teh Kajoe Aro merupakan teh ortodox atau yang lebih dikenal dengan nama teh hitam yang merupakan teh berkualitas tinggi. Teh ini berasal dari Jambi, yang dihasilkan dari perkebunan teh kayu aro di Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi. Perkebunan dengan luas 2.624,69 ha adalah perkebunan terluas di dunia, kebun teh hitam Kayu Aro adalah salah satu monumen sejarah industri teh Indonesia. Didirikan oleh perusahaan Belanda dengan nama Namblodse Venotschaaf Handle Vereiging Amsterdam (NVHVA) pada abad ke 19, tepatnya tahun 1925 dan mulai beroperasi sejak tahun 1930.

Teh Kajoe Aro memiliki cita rasa yang khas dari teh yang lain, karena minuman ini diproses secara alami, tanpa campuran bahan kimia/additive (zat pengawet, pewarna dan perasa/pewangi) sehingga bermanfaat untuk kesehatan.



Sumber gambar dari sini


Teh Kayu Aro yang termasuk dalam teh hitam terbagi menjadi 3 grade, grade pertama merupakan teh kualitas terbaik dan khusus untuk pasar ekspor. Hal itulah yang membuat Teh Kayu Aro tak begitu populer di Indonesia karena hanya dijual di luar negeri. Sedangkan grade kedua dan ketiga digunakan sebagai bahan campuran teh-teh yang beredar di Indonesia.

Ada enam jenis cita rasa khas Teh Kajoe Aro grade 1, yaitu :
1. Broken Orange Pecco(BOP)
2. Broken Orange Pecco Fanning (BOPF)
3. Pecco Fanning (PF)
4. Broken Tea (BT)
5. Broken Pecco (BP)
6. Dust

Karena memiliki cita rasa yang khas itulah Teh Kajoe Aro yang membuat teh ini dikenal hingga dunia, bahkan keluarga Kerajaan Inggris seperti Ratu Elizabeth dan Keluarga Kerajaan Belanda seperti Ratu Beatrix pun menjadi penikmat Teh Kajoe Aro. Dan hampir 80-100% hasil produksi teh hitam ini dieskpor ke manca negara, seperti Eropa Barat, Eropa Timur, Rusia, Timur Tengah, India, Srilangka, Amerika dan Australia.


Quote:


Manfaat teh hitam antara lain adalah sebagai antioksidan, memperbaiki sel-sel yang rusak, menghaluskan kulit, mencegah kanker dan banyak manfaat lainnya.


Sekian dari ane.




Penulis : @akunflo
Sumber referensi : Pesona Wisata Jambi, karya Giyartodan di sini
Laruku07venomkatsutien212700
tien212700 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.2K
5
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan