CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Insomnia Dan Susah Tidur ? Yuk Coba Lakukan Tips Mudah Ini Supaya Bisa Tidur Nyenyak
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee4d1e7f0bdb26cb25fe581/insomnia-dan-susah-tidur--yuk-coba-lakukan-tips-mudah--ini-supaya-bisa-tidur-nyenyak

Insomnia Dan Susah Tidur ? Yuk Coba Lakukan Tips Mudah Ini Supaya Bisa Tidur Nyenyak

Hai... agan-agan semuanya... selamat datang dithread saya emoticon-Hai

Memiliki malam yang nyaman dan tidur yang pulas merupakan hal yang pasti diinginkan oleh semua orang. Jam tidur yang sesuai dan tepat waktu akan membuat kita semangat bangun padi dan beraktivitas diesok hari. Tapi bagi sebagian orang, untuk mendapatkan jam tidur yang baik dan tepat waktu, terkadang sangat susah untuk didapatkan. Banyak orang mengeluhkan menderita insomnia dan susah tidur meskipun perasaan kantuk dan lelah sudah menggrogoti tubuh mereka. emoticon-Frown Hal ini mungkin bisa disebabkan oleh beberapa faktor, bisa saja karena stress setelah beraktivitas seharian atau juga bisa disebabkan oleh faktor gaya hidup yang kurang baik. Nah, untuk mengatasi permasalahan tersebut, berikut adalah beberapa tips yang telah saya rangkum untuk agan-agan semua, untuk mengatasi gangguan susah tidur atau insomia. Yup.. langsung saja cekidoott..emoticon-thumbsup 

1. Kurangi Main Handphone Sebelum Tidur
Quote:

Nah,, salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan banyak orang sebelum waktu tidur adalah bermain gadget atau handphone dalam waktu yang lama. kebiasaan bermain handphone sampai larut malam akan membuat mata kita yang seharusnya 'istirahat' tetapi tetap dipaksa untuk bekerja. Selain itu, efek sinyal dan cahaya yang dipancarkan oleh handphone dapat memicu radiasi ke otak dan berefek pada tidur yang tidak nyenyak. Dan jika kebiasaan bermain hp sampai larut ini terus menerus dilakukan, maka akan berdampak pada insomnia dan jam tidur yang terganggu. Oleh sebab itu menghentikan kebiasaan bermain gadget 30 menit sebelum tidur adalah cara yang baik untuk mengurangi insomnia.

2. Mandi Air Hangat Sebelum Tidur

Quote:

Saat tubuh sudah penat dan pegal setelah seharian beraktivitas dan bekerja, relaksasi adalah hal yang diperlukan tubuh. Salah satu cara merelaksasi tubuh sebelum tidur adalah dengan mandi air hangat. Dengan mandi air hangat, maka tubuh akan menjadi lebih rileks dan pikiran bisa lebih fresh. Mandi air hangat juga membuat suhu tubuh kita berangsur turun, dan saat suhu tubuh rendah maka akan membuat kita merasa lebih cepat tidur. Jadi, bagi agan yang mengalami insomnia, mungkin bisa membiasakan untuk mandi air hangat 2 jam sebelum waktu tidur.emoticon-Genit

3. Matikan Lampu Dan Biasakan Tidur Dalam Kondisi Remang

Quote:

Saat tidur, selain tubuh yang harus rileks dan tenang, semua aktivitas otak dan indra kita juga harus diistirahatkan. Salah satu cara mengistirahatakannya adalah dengan mematikan lampu saat sedang tidur. Dengan suasana kamar yang redup datau gelap maka akan membuat kita cepat tidur lelap dan lebih nyaman. Saat dalam kondisi gelap otak akan punya waktu untuk beristirahat dibandingkan dalam kondisi terang. Untuk itu sebaiknya, matikan lampu kamar agan 30 menit sebelum tidur sebagai penanda otak bahwa tubuh siap tidur.

4. Tempat Tidur Yang Nyaman Dan Bersih

Quote:


Kebersihan dan kenyamanan tempat tidur juga menjadi faktor penting dalam menunjang kualitas tidur. Dengan menjaga tempat tidur yang rapi dan bersih, maka akan membuat suasana kamar menjadi lebih sehat. Tingkat 'keempukan' kasur juga tak kalah penting, kasur dengan tinggkat keempukan yang sesuai dengan tubuh pasti dapat menambah rasa nyaman saat tidur. Untuk menambah suasana kamar lebih fresh, agan bisa mengganti dekorasi kamar agan supaya lebih berwarna dan baru.emoticon-Big Grin

5. Olahraga Pagi
Quote:

Olahraga dipagi hari memang tak perlu diragukan lagi manfaatnya. Selain baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, memperlancar peredaran darah, olahraga dipagi hari juga bagus untuk meningkatkan kualitas tidur. Aktivitas fisik seperti olahraga menjadi solusi non-medis untuk memperbaiki insomnia daripada meminum obat tidur. Karena dengan berolahraga secara rutin, maka akan memperlancar aliran darah sehingga membuat tubuh gampang rileks dan nyaman. selain itu, karena aktivitas fisik yang cukup melelahkan dipagi hari akan membuat kita mudah terlelap dimalam hari.emoticon-Smilie

6. Memakai Penutup Mata

Quote:


Jika agan masih takut gelap untuk mematikan semua lampu kamar, mungkin agan bisa menggunakan penutup mata sapaya dapat tidur nyenyak. Dengan mengunakan penutup mata, maka akan mencegah mata terkena cahaya lampu sehingga otak dan pikiran kita bisa beristirahat. Bahkan dokter juga menyarankan untuk menggunakan penutup mata warna gelap karena dapat mengurangi stress membuat pikiran menjadi lebih rileks. Meskipun begitu, menggunakan lampu tidur yang lebih remang dan tidak terlalu cerah juga perlu dilakukan.

7. Hindari Minum Kopi dan Kafein Sebelum Tidur

Quote:

Kopi memang sangat nikmat diminum saat malam hari untuk menghangatkan tubuh. Tapi jika agan ingin mendapatkan tidur yang nyenyak dan baik, mungkin agan harus mulai mengurangi konsumsi kopi beberapa jam sebelum waktu tidur. Komsumsi kopi sebelum waktu tidur dapat mengganggu kualitas tidur agan. Agan bisa merasa terjaga semalaman karena konsumsi kafein yang berlebihan. Daripada mengonsumsi kafein sebelum tidur, mungkin agan bisa menggantinya dengan makanan yang tinggi kalsium seperti susu.emoticon-thumbsup

Nah, diatas adalah beberapa tips mudah dari saya tentang cara memperbaiki kualitas tidur, supaya lebih nyenyak dan lelap. Bagi agan-agan yang punya gangguan tidur atau insomnia boleh banget mencoba tips diatas. emoticon-Blue Guy Peace

Sumber penulisan: 123

Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat dan menambah wawasan emoticon-Blue Guy Peace

Salam cendols.. emoticon-Cendol (S)
emoticon-Rate 5 Star

profile-picture
profile-picture
profile-picture
raliakbarrr dan 12 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Reserved

Sebelum keduluan, hehehe..
untung belom pernah ngalamin ane. jangan sampe dah, selalu istirahat yang cukup gan
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Waduh, mainin hp sampek larut malam udah jadi kebiasaan ane banget tuh. gimana ya cara ngilanginnya emoticon-Turut Berduka susah gan
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Diubah oleh gretel180
Lihat 2 balasan
mungkin olah raga pagi nya diganti olah raga siang-sore ya? 🤔

kalau olah raga pagi biasanya kerasa cape pas siang. Ngantuk
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
nganu dulu bre biar nyenyak emoticon-Recommended Seller
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Daripada olahraga di pagi hari, Zumba di malam hari bisa jd solusi.
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Main handphone emang ngaruh banget sih kalo ane, udah ngantuk ditahan2, jadi ilang deh tuh ngantuknya
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Kurang kerjaan banget kalo minum kopi sebelum tidur,kecuali mau begadang

emoticon-Hammer2
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
kalo yg udh punya pasangan,wik wik bree di jamin sesudah itu tidur
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
boro-boro nggak bisa tidur ane mah bisa bisa kalo lagi di krl ketiduran sampe kebabalasan, ane kalau udah nyender aja hawanya pengen langsung tidur aja emoticon-Hammer2
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Menurut ane, perlu tambahan 1 lagi: Hidup tenang dan berdamai.
Kalo stress karna banyak kerjaan dan pelajaran, belajar utk tenang menghadapinya.
Kalo stress karna lagi berantem / musuhan, coba utk berdamai.
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Yg ane blm pernah coba itu tdr pake penutup mata. Itu rasanya kyk gmn ya? gk berasa keganggu gitu ya di mata?
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Klau lmpu dmtikan atau remang2 mlah jdi tkut gan.klau ssah tdur biasanya mta sya ttup smbil mmbyangkan yg indah2.lma2 tdur
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
mandi sebelum memang paling manjur sih
badannya bersih nyaman aja
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Coba pake bedak yang varian Bed Time, bisa cepat terlelap juga tuh
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
sbnernya ada trik buat ngatasin insomsia, dgn mengatur posisi tidur terkhusus letak bantal dan memijat area tertentu pada tubuh.. kalo gk salah sih sperti itu, ane pernah baca dr forum kesehatan..
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wah ini nih yang bikin susah, main hape sebelum tidur, pantesana ane susah tidur. jarang olahraga pagi lagi...
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ane malah menjadwalkan main hape malem aja karena siang kerja emoticon-Ngakak
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di