CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
5 Cara Menyimpan Wortel Agar Awet dan Tak Cepat Busuk
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee4be8cb41d3052dc7ae622/5-cara-menyimpan-wortel-agar-awet-dan-tak-cepat-busuk

5 Cara Menyimpan Wortel Agar Awet dan Tak Cepat Busuk

Wortel yang masih segar sebaiknya segera disimpan kalau tak langsung digunakan. Menurut Penulis buku The Rhubarb Cookbook Getty Stewart, yang paling penting dalam menyimpan wortel adalah dengan tak mencucinya.

Sebab cara seperti itu malah akan menyebabkan wortel menjadi lembab dan tidak menutup kemungkinan wortel menjadi busuk. Nah Gan, selain tidak mencucinya sebelum disimpan, berikut cara menyimpan wortel yang benar agar tak mudah busuk.

5 Cara Menyimpan Wortel Agar Awet dan Tak Cepat Busuk

1. Menyimpan di kulkas
Pastikan wortel sudah bersih dari daunnya. Karena daun wortel dapat menyerap kelembaban dan membuat wortel cepat rusak.

Setelah itu, masukkan wortel ke dalam wadah berisi air, tutup rapat, dan simpan di lemari es. Jika air terlihat keruh dan kotor, cukup ganti dengan air bersih yang baru. Teknik ini dapat membuat wortel bertahan berminggu-minggu di lemari es tanpa busuk.

2. Dibungkus dengan kertas
Wortel yang masih segar dapat dibungkus dengan kertas untuk di simpan di suhu ruangan. Pastikan wortel kering dan belum dicuci.

Bungkus wortel dengan kertas kering. Bila kertas mulai tampak rusak dan lembab, ganti dengan yang baru.

3. Menyimpan dalam kotak penuh pasir
Jika suhu ruangan stabil dan area terlindungi, wortel bisa disimpan di dalam kotak penuh pasir. Tempatkan pasir di kotak kayu dan taruh wortel di dalamnya. Tutupi wortel dengan pasir sampai kotak penuh.

4. Menyimpan dalam ruang penyimpanan khusus

Ruang penyimpanan khusus atau ruang bawah tanah dapat menjadi pilihan terbaik menyimpan wortel. Hampir semua jenis umbi-umbian, buah, dan sayuran mampu bertahan dengan baik selama berbulan-bulan di ruangan bawah tanah yang dingin.

Suhu yang rendah dan kelembaban tinggi membuat tanaman bertahan dengan sedikit kerusakan. Untuk menyimpan wortel, paling tidak kelembaban relatif ruangan 90 hingga 95 persen, dengan suhu 0,5 sampai 4,5 derajat Celcius.

5. Menyimpan dalam freezer
Sebelum disimpan di freezer, wortel dapat dipotong-potong lalu rendam di air mendidih selama 5 menit. Saring wortel dan pindahkan ke air es untuk menurunkan suhu dengan cepat. Tiriskan dan keringkan wortel dengan kain.

Simpan wortel dalam kantong penyimpanan yang tertutup rapat. Jangan biarkan ada udara masuk ke dalam kantong, lalu masukkan ke dalam freezer. Bila langkah ini dilakukan dengan benar, wortel akan bertahan selama 8 hingga 12 bulan dengan kondisi baik.

Semoga membantu emoticon-Jempol
Diubah oleh hongabonga
thanks infonyaa gaann


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di