CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Menko PMK Sebut Iuran BPJS Harusnya di Atas Rp200 Ribu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee4864faf7e9307523756f1/menko-pmk-sebut-iuran-bpjs-harusnya-di-atas-rp200-ribu

Menko PMK Sebut Iuran BPJS Harusnya di Atas Rp200 Ribu

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menyatakan kenaikan iuran BPJS Kesehatan saat ini dan yang akan berlaku pada Juli 2020 mendatang masih jauh dari angka ideal. Menurutnya, jika mengacu pada hitungan aktuaria, iuran yang harusnya dibayarkan peserta BPJS Kesehatan lebih dari Rp200 ribu per bulan.

"Iuran yang berlaku saat ini masih di bawah perhitungan aktuaria. Perhitungan sudah dilakukan lembaga yang kredibel," ucap Muhadjir, Kamis (11/6).

Untuk peserta mandiri kelas I misalnya, ia memaparkan berdasarkan perhitungan aktuaria, iuran seharusnya Rp286.085 per bulan. Kemudian, peserta mandiri kelas II sebesar Rp184.617 per bulan dan kelas III sebesar Rp137.221 per bulan.

Tapi, karena merasa memiliki tanggung jawab melaksanakan program Jaminan Kesehatan Nasional, pemerintah tidak memberlakukan iuran seperti perhitungan aktuaria. Meski demikian, Muhadjir mengakui pemerintah tidak bisa jika harus menanggung beban banyak terus menerus untuk mengimplementasikan program jaminan kesehatan nasional.


Makanya itu, pemerintah memberlakukan kenaikan iuran secara berkala.

"Karena ini gotong royong, sehingga ini ditanggung bersama-sama. Tapi bukan berarti pemerintah tidak ikut bertanggung jawab. Ada kenaikan secara berkala, tapi untuk kelas III belum pernah direvisi sejak 2014," jelas Muhadjir.

Diketahui, pemerintah akan mengerek iuran BPJS Kesehatan pada Juli 2020 mendatang untuk peserta mandiri kelas I dan II. Detailnya peserta kelas I naik dari Rp80 ribu menjadi Rp150 ribu per bulan, sedangkan kelas II naik ari Rp51 ribu menjadi Rp100 ribu per bulan.

Lalu, iuran peserta mandiri kelas III baru akan naik awal tahun depan. Kalau sebelumnya jumlah yang dibayar hanya Rp25 ribu, nantinya naik menjadi Rp35 ribu. Aturan itu tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 64 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 82 tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.


Sumber

Kita mah rakyat kecil ngikut aja pak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zamanku dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh xxxixxx
Halaman 1 dari 2
Tetep aja si bocah melarat @buron.warteg kagak bakal mampuk bayar emoticon-Big Grin
Iuran yang berlaku saat ini masih di bawah perhitungan aktuaria. 
Mau berapapun tarif BPJS, tak kan ada yang protes jika tidak diwajibkan. emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
psychointrovert dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Quote:


Heh Korban sodomi Habib bahar emoticon-Big Grin
Quote:


Quote:


Kalian ikut BPJS kelas berapa sih?
Lihat 2 balasan
Gpp naikin lbh tinggi tp buat optional jgn sekeluarga emoticon-Big Grin
mending asuransi swasta, berikan rakyat pilihan untuk ikut yang mana
profile-picture
chisaa memberi reputasi
bagi org sehat/penyakit kronis..
mending uangnya ditabung sendiri..
klo sakit kronis baru bikin emoticon-Malu
profile-picture
chisaa memberi reputasi
kalo diatas 200ribu harusnya aturannya rakyat ngak wajib harus ikut BPJS, bebas milih ikut atau kagak
profile-picture
Aparatkaskus memberi reputasi
ya terserah.
tapi jangan diwajibkan.
menurut hitungan akuaria seharusnya 500 ribu, karena masih banyak orang yang hanya membayar tagihan bpjs saat mereka sakit saja.

mau cuci darah baru membayar bpjs, sebelum sakit nggak pernah bayar bpjs. padahal sekali cuci darah biayanya bisa sampai satu juta rupiah, dan harus dilakukan beberapa kali setiap minggu.
Diubah oleh kampret.strez
noh yang dikasih kis gratisan ditertibkan dulu, di daerah ane banyak banget yang pegang kis gratisan tapi pemberian dari partai.kalau begitu judulnya jadi enak di ente gak enak di ane dong
profile-picture
Aparatkaskus memberi reputasi
Wah murah ya..bagi buzzerp ya terjangkau dong..sekali post kan 10ribu rupiah
profile-picture
BotolGepeng memberi reputasi
Oh iya, naikin aja sesuka nya pak.
Tapi Goodbye kalo naik.
emoticon-Ngakak
Quote:


Si @buron.warteg mahluk hermaphrodite culun miskin sub human, yang ga kuat beli paracetamol emoticon-Ngakak (S)

Ongkos pulang naik angkot pun tidak punya, sehingga ditertawakan istri dan ponakan dirumah emoticon-Ngakak (S)
Quote:


Beni tiko subhuman ditertawakan panlok Karena kismin emoticon-Ngakak (S)
bagi saya pemerintahan skrg juga kurang ideal krn kgk bisa kerja semua kecuali erick tohir n prabowo🤣
Kalau pake logika 'HARUSNYA'
rakyat harusnya dibebasin milih ikut BPJS atau nggak ikut BPJS.
Atau rakyat wajib ikut BPJS dan semua Rumah Sakit harusnya wajib jg terima pasien BPJS
Diubah oleh yeesalah
Harusnya tidak diwajibkan pak. emoticon-Thinking
profile-picture
introvertpsycho memberi reputasi
Mau 7 milyar perbulan juga gapapa asal ga wajib emoticon-Smilie
Se simple itu.
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di