CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Dapat Prioritas saat PPDB, Anak Nakes di Jateng Diberikan Jalur Khusus
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee47e21337f93687f0c6d7c/dapat-prioritas-saat-ppdb-anak-nakes-di-jateng-diberikan-jalur-khusus

Dapat Prioritas saat PPDB, Anak Nakes di Jateng Diberikan Jalur Khusus

Dapat Prioritas saat PPDB, Anak Nakes di Jateng Diberikan Jalur Khusus

BETANEWS.ID, SEMARANG – Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK tahun 2020 di Jawa Tengah dijadwalkan akan dimulai pada 17-25 Juni ini. Terkait hal ini, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memberikan jalur khusus bagi anak-anak tenaga kesehatan dalam proses PPDB itu. Dengan jalur khusus itu, maka nantinya anak-anak tenaga kesehatan mendapatkan prioritas saat mendaftar di sekolah yang diinginkan, meskipun berada di luar zonasi sekolah.
“Mereka yang terkait dengan ini (penanganan Covid-19) akan mendapat prioritas. Lewatnya jalur khusus. Afirmasi,” kata Ganjar usai mengikuti rapat paripurna di Gedung DPRD Jateng, Jumat (12/6/2020).
Pemberian jalur khusus itu, lanjut Ganjar, dilakukan sebagai bentuk apresiasi kepada para tenaga kesehatan di Jateng. Mereka yang telah berjuang dalam penanganan Covid-19, menurut Ganjar layak untuk diberikan apresiasi.
“Ini salah satu cara kami mengapresiasi kepada mereka seluruh pemangku kepentingan yang sudah berjuang melawan Covid-19 di Jawa Tengah,” tegasnya.

Baca Juga : PPDB 2020 Tingkat SMA Sederajat Gunakan Nilai Rapor, Aturan Zonasi juga Berubah


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, Yulianto Prabowo mengatakan, saat ini pihaknya sedang mendata anak-anak tenaga medis yang lulus dari kelas IX SMP/MTs. Nantinya, data yang ada itu akan diverifikasi dan diajukan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng agar bisa masuk jalur afirmasi itu.
“Total data yang ada saat ini sekitar 1.600 anak. Tapi nanti akan kami verifikasi satu-satu, karena syarat mereka mendapatkan jalur afirmasi ini adalah anak-anak tenaga kesehatan yang benar-benar menangani Covid-19,” kata Yulianto.
Sejumlah persyaratan, lanjut dia, harus dipenuhi untuk bisa masuk jalur afirmasi tersebut. Di antaranya adanya surat keterangan (SK) yang memerintahkan orang tua calon siswa bertugas menangani Covid-19.
“Di antaranya ada SK itu, termasuk syarat lainnya. Sedang kami verifikasi saat ini,” ucapnya.
Di lain sisi, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng, Padmaningrum mengatakan, ada beberapa jalur afirmasi dalam pelaksanaan PPDB SMA/SMK dan SLB 2020. Selain untuk anak-anak tenaga kesehatan, ada juga kuota untuk siswa miskin, anak berkebutuhan khusus (ABK), siswa berprestasi dan atlet.

Baca Juga : Tiga SMP Negeri di Kudus Ini Tidak Lakukan PPDB Online


“Afirmasi banyak untuk siswa dari keluarga miskin terus di panti asuhan dan prestasi-prestasi tadi. Dan di afirmasi tadi, ada untuk orang tua yang garda terdepan menangani Covid-19, baik petugas kesehatan, perawat, dokter, sopir ambulance kan ada surat keputusan di dinas kesehatan. Kita fasilitasi mereka berjuang untuk pemberantasan Covid-19 kita fasilitasi dalam afirmasi,” tutur dia.
Adapun proses penerimaan PPDB SMA/SMK sederajat di Provinsi Jateng tahun ini berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya. Salah satunya adalah acuan penerimaan tidak lagi menggunakan nilai ujian nasional (UN), melainkan menggunakan nilai rapor siswa dari semester 1-5.
Sistem zonasi juga ada perubahan. Jika tahun lalu kuota zonasi ditetapkan sebanyak 80 persen, tahun ini zonasi ditetapkan 50 persen. Sisanya digunakan untuk jalur prestasi 30 persen, jalur afirmasi 15 persen dan jalur perpindahan orang tua 5 persen.

Sumber Berita

profile-picture
nona212 memberi reputasi
jalur terima kasih...

ok lah...

kalo yang belum punya anak gimana ?

____________emoticon-Ngacir
profile-picture
unityy memberi reputasi
Biasanya, banyak yg dompleng
profile-picture
profile-picture
chisaa dan unityy memberi reputasi
salut sih buat gub jateng yang udah peka
profile-picture
unityy memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Alah..ganjar mah pencitraan aja..asline kerjane ki yo ndak bagus..malah katanya kesangkut e KTP juga kok. Integritas dipertanyakan ni orang.
profile-picture
profile-picture
inovator.4id dan chisaa memberi reputasi
sebenarnya dengan adanya program zonasi ini juga ada kekurangan dan kelebihannya..
kekurangannya adalah anak yang pandai justru malah bingung nyari sekolahan,sekolah yang dicitacitakan terkadang malah tidak bisa tercapai dan kelebihannya aekolah sekolah negeri terutama tidak akan kekurangan murid..


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di