CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Lapor Covid-19 Sebut 7.280 Orang Meninggal Dunia Terkait Corona
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee46aa468cc953aee5fdab6/lapor-covid-19-sebut-7280-orang-meninggal-dunia-terkait-corona

Lapor Covid-19 Sebut 7.280 Orang Meninggal Dunia Terkait Corona

Jumlah PDP yang meninggal lebih banyak dari kematian pasien kasus positif

Lapor Covid-19 Sebut 7.280 Orang Meninggal Dunia Terkait Corona

Koalisi Warga Lapor Covid-19 mencatat jumlah orang meninggal terkait virus corona hingga Jumat (5/6) lalu mencapai 7.280 orang. Angka tersebut didapatkan mereka dari angka kematian pasien positif dan pasien dalam pengawasan (PDP) yang wafat.

Inisiator Koalisi Warga Lapor Covid-19 Irma Hidayana mengatakan jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) yang meninggal dunia jauh lebih banyak ketimbang kasus kematian yang telah terkonfirmasi positif corona.

Dia menyampaikan ada 5.539 orang PDP yang dinyatakan meninggal dunia atau sebesar 76,1%. Sementara, kasus kematian yang telah terkonfirmasi positif corona sebanyak 1.741 orang atau 23,9% pada Jumat pekan lalu.

“Angkanya kurang lebih 3-3,5 kali lipat dari angka yang terkonfirmasi sekarang secara nasional," kata Irma dalam diskusi virtual, Kamis (11/6).

Menurut Irma, kondisi ini terjadi karena akses terhadap uji corona dengan metode polymerase chain reaction (PCR) masih sulit dan tidak merata di setiap daerah. Lebih lanjut, waktu tunggu bagi PDP untuk bisa mendapatkan hasil tes cukup lama.

"Keterbatasan itu menyebabkan PDP kemudian meninggal sebelum saatnya tes atau meninggal pada saat hasil belum keluar," kata Irma. 

Atas dasar itu, dia menilai pemerintah harus mampu meningkatkan tes PCR di berbagai daerah. Bahkan, Irma menilai jumlah pengujian harus bisa mengikuti rekomendasi yang telah ditetapkan WHO, yakni 1 tes per 1.000 penduduk setiap pekannya.  "Sehingga dampaknya mendorong dan memperbaiki apa yang belum terwujud selama ini," kata dia.

Sedangkan dari data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, jumlah angka kematian akibat corona di RI mencapai 2.000 orang. Provinsi Jawa Timur ajadi penyumbang terbanyak yakni 553 orang.




REZIM TIPU TIPU
BuzzeRp Cebong DUNGU di TIPU JOKOFLOK

emoticon-Lempar Bata
Baguslah semoga bertambah
Masih aja ngeributin covid ya
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan pertotperbaik memberi reputasi
Diubah oleh tgenim
Lihat 1 balasan
jadi kaga boleh mati gitu yg pdp yg punya penyakit mirip2 covid? kalo mati pasti karna covid? kok bisa gitu.. logika goblok ini lsm

Pdp itu apa sih. Klasifikasinya gimana

Lapor Covid-19 Sebut 7.280 Orang Meninggal Dunia Terkait Corona

Ya udah yg mati kecelakaan tapi ada gejala di paru nya, lgsg masukin sbg korban corona. Yg bunuh diri juga, mati di rampok, kudu di tes pcr semua.. bs bangkrut negara.. Mantab pemikirannya, berikan nasbung segera..
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan gabener.edan memberi reputasi
Diubah oleh ikardus
Setuju ma TS
Sejatinya psbb perlu diperketat dan tegas dlm segala bidang
Kesehatan itu nomor satu di atas segalanya
Krn ini virus sangat berbahaya
Mungkin udah puluhan ribu yg meninggal gara2 covid ini
Sumber data kematian dari? Kok gak disebutkan.

Yang disarankan udah dikerjain dan dikejar dr bulan lalu, skrg labkesda di provinsi udah jalan.
Labkesda yg blm sesuai direnovasi sesuai standar BSLnya.

Mau rasio tes PCR tinggi? Pemerintah cari hutangan talangan dana covid, kalian pada protes.
Disuruh tes sendiri ke lab RS, kalian gak mau krn mahal + marah2 tuduh RS cari keuntungan di tengah pandemi.

Pemerintah via puskesmas daerah ngadain rapid tes massal di mana2, semua pada nolak, petugas medis diusir dimaki2 bahkan dilempari.
Padahal hasil rapid tes bs jd rujukan awal buat swab tes PCR.

Mikiiiir suuu..
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan gabener.edan memberi reputasi
Diubah oleh entecavir
Amin....Semoga 7280 orang yang mati itu dari gerombolan kadrun semua
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan gabener.edan memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ini datanya dri mana? Bisa dipercaya gak? Buat TS klo mau bikin panik dgn nyebar berita kaya gini silakan. Tapi harus ada pertanggungjawaban, di sumber maupun isi berita gak dijelasin datanya drimana. Cuma blg laporan warga yg gak jls asal daerahnya.

Komentar gw 1, gimana caranya supaya bisa mencapai 1 tes per 1000 penduduk klo warganya pada ngeluh mahal, atau akal2an RS buat nyari untung, bahkan mau ngadain tes massal aja diusir petugas puskesmas nya sama warga?


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di