CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Ketika Ribuan Warga Brasil Rela Jadi 'Kelinci Percobaan' Vaksin Corona China
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee431f882d49527875412f2/ketika-ribuan-warga-brasil-rela-jadi-kelinci-percobaan-vaksin-corona-china

Ketika Ribuan Warga Brasil Rela Jadi 'Kelinci Percobaan' Vaksin Corona China

Ketika Ribuan Warga Brasil Rela Jadi 'Kelinci Percobaan' Vaksin Corona China

Sao Paulo -
Ribuan warga Brasil siap untuk menjadi 'kelinci percobaan' vaksin Corona yang dikembangkan laboratorium China, Sinovac Biotech. Hal ini sudah disepakati otoritas negara bagian Sao Paulo di Brasil.

Mulai bulan depan, akan ada 9 ribu warga Brasil yang menjadi relawan untuk uji coba tahap akhir vaksin eksperimental ini.
Brasil yang saat ini mencatat lebih dari 800 ribu kasus Corona, menempati peringkat kedua sebagai negara dengan total kasus terbanyak kedua di dunia setelah Amerika Serikat (AS). Total kematian akibat virus Corona di Brasil saat ini melebihi 40 ribu orang.

Seperti dilansir AFP, Jumat (12/6/2020), Gubernur Sao Paulo, Joao Doria, mengumumkan dalam konferensi pers bahwa Institut Butantan -- pusat penelitian terkemuka di Brasil -- telah mencapai kesepakatan transfer teknologi dengan Sinovac Biotech.

"Studi menunjukkan bahwa vaksin dapat didistribusikan pada Juni 2021 (jika tes terbukti konklusif)," sebut Doria dalam konferensi pers. "Kesepakatan ini akan memampukan kita untuk memproduksi (vaksin Corona) dalam skala besar dan mengimunisasi jutaan warga Brasil," jelasnya.

Sinovac Biotech merupakan salah satu dari empat laboratorium terkemuka di China, yang mendapat wewenang untuk melakukan uji coba klinis terhadap vaksin eksperimental untuk virus Corona. Bulan lalu, pihak Sinovac Biotech mengumumkan bahwa pihaknya bersiap memproduksi 100 juta dosis vaksin Corona di bawah nama komersial 'Coronavac'.

Para relawan nantinya akan mulai disuntik dengan dosis vaksin ini sejak pertengahan Juli. Uji coba di Brasil ini akan menjadi tahap ketiga dan tahap terakhir dalam uji coba klinis yang dilakukan Sinovac Biotech.

Diketahui bahwa vaksin eksperimental yang dikembangkan Sinovac Biotech ini telah lolos uji coba tahap kedua di China, yang dilakukan terhadap monyet percobaan dan terhadap 744 relawan di China.
 

Direktur Institut Butantan, Dimas Covas, menyebut vaksin yang dikembangkan Sinovac Biotech masuk dalam kelompok 10 vaksin paling maju dari lebih 100 vaksin yang kini tengah dikembangkan di dunia. Covas menyebut vaksin eksperimental itu terlihat sangat efektif terhadap virus Corona dalam tahap uji coba sebelumnya.

"Kita telah memiliki kapasitas produksinya. Kita membutuhkan fase kajian klinis untuk mengetahui apakah vaksinnya aman dan efektif. Jika iya, kita bisa mulai memproduksinya segera," ujar Covas seperti dilansir Associated Press.
Pemerintah negara bagian Sao Paulo akan menanamkan investasi US$ 17 juta untuk uji coba vaksin eksperimental ini. 


Ditambahkan Gubernur Doria bahwa jika vaksin eksperimental itu terbukti efektif, maka akan diproduksi di Brasil. Diperkirakan, vaksin ini akan tersedia paling cepat paruh pertama tahun 2021 mendatang. "Hari ini merupakan hari bersejarah untuk Sao Paulo, Brasil dan dunia sains. Vaksin yang akan diproduksi Butantan merupakan salah satu yang paling maju," sebut Doria.

Pekan lalu, Universitas Sao Paulo mengumumkan bahwa vaksin Corona yang sedang dikembangkan oleh Universitas Oxford di Inggris -- yang juga dianggap sebagai salah satu vaksin paling menjanjikan -- akan diuji coba kepada 2 ribu warga Brasil yang menjadi relawan. Uji coba mulai digelar pertengahan bulan ini di Sao Paulo dan Rio de Janeiro. 

sumur

https://news.detik.com/internasional...corona-china/1

hahaiyaaa cilakaa luewaa welass waaa manusia kok mau jadi kelinci percobaan ning nong land tifu2 waaa RIP emoticon-noroseemoticon-Imlekemoticon-Imlek
profile-picture
nona212 memberi reputasi
Kayaknya di mana-mana ujicoba vaksin tahap akhir make manusia..emoticon-Big Grin
Nggak cuma China lihat US, UK, Jerman, dan Prancis..emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
pertotperbaik memberi reputasi
Uji coba ke manusia mudah2an sukses
One Day Sooner malah sudah berhasil mengumpulkan 28.000 sukarelawan dari 100 negara untuk menjadi kelinci percobaan vaksin covid-19 di Amerika, tapi dilarang oleh pemerintah Amerika Serikat.

Diubah oleh peyotpetot
Efek jangka panjangnya gmn?,kl jangka pendek berhasil pas 10 thn kemudian br nongol efeknya bs runyam
profile-picture
kampret.strez memberi reputasi
kasian dijadiin kelinci percobaan sama mainland, moga aja efek sampingnya ngga berak sembarangan kayak orang mainland

Ketika Ribuan Warga Brasil Rela Jadi 'Kelinci Percobaan' Vaksin Corona China

emoticon-Betty (S) emoticon-Betty (S) emoticon-Najis (S)
indonesia kapan? emoticon-Big Grin

btw ingat vaksin adl virus yang dilemahkan
Ya udah kalau ngk suka dan ngk percaya ngk usah pakai, gampang toh?
Gak berani kalo ke warga sendiri...isa ae PKC.....
emoticon-Leh Uga emoticon-Wakaka
Lihat 6 balasan
jangan percaya vaksin made in china. bisa-bisa cacat nantinya
jadi manusianya sembuh lom

Itu artinya Brasil smart dan lebih percaya China

ketimbang tetangganya US yg cm bs omdo & finah China nyuri Vaksin, tp sendirinya realisasi nol
profile-picture
diamondchest memberi reputasi
Saya mau ikut kalau ada ujicoba di sini..sdh lewatin fase 2 kok...fase 2 sdh test sama manusia...fase 3 lbh besar aja sampelnya...habis itu produksi massal...

Yg antivaksin, jangan ikutan ya...
profile-picture
diamondchest memberi reputasi
Waktu itu ada di radio orang pharmasi diundang. Doi bilang 80% bahan baku obat made in china. Jadi klo ente minum obat kemungkinan obat ente 80% bahan baku dari China so what geto klo ada vaksin dari China? emoticon-Ngakak
Itu vaksin Okford juga ujicoba di Brasil, apa nanti gak ketuker hasilnya?
profile-picture
diamondchest memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wah berani juga nih orang² brazil
jihader2 pd kemane? cm tereak2 doang bisanye..
Diubah oleh sibuk.nyaleg


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di