CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
[COC_BISNIS] Bisnis Tetap Jalan Saat Pandemi, Intip Tips Ane Gan!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee41763337f935c4c0b560c/cocbisnis-bisnis-tetap-jalan-saat-pandemi-intip-tips-ane-gan

[COC BISNIS] Bisnis Tetap Jalan Saat Pandemi, Intip Tips Ane Gan!

Assalamualaikum Wr. Wb.

Meskipun sudah berbulan-bulan, Virus Covid-19 tak juga enggan berlalu, hal ini sangat berdampak bagi perekonomian dunia, termasuk juga di Indonesia. Saat ini, pandemi Covid-19 sudah mematikan berbagai sektor perekonomian di seluruh dunia, wabil husus perekonomian di negara kita. Dari mulai sektor industri, pariwisata, perdagangan, dan lain sebagainya. Semua ikut terkena imbasnya, baik dari kalangan atas atau pun kalangan menengah ke bawah.

[COC_BISNIS] Bisnis Tetap Jalan Saat Pandemi, Intip Tips Ane Gan!

Pada sektor Usaha Mikro, kecil, dan menengah (UMKM) seperti usaha Bubur Ayam Jakarta yang sudah ane jalanin ini sangat terasa sekali dampaknya. Adanya anjuran stay at home, dan dilarang berkerumun, membuat warung yang ada sejak sembilan tahun lalu ini ane bangun jadi sepi. Ada banyak aral melintang selama ane menekuni dunia perdagangan ini. Seperti kenaikan harga yang terlalu drastis, sehingga modal bertambah sedangkan pendapatan tetap sama, persaingan bisnis yang tidak sehat, dan masih banyak yang lainnya.

[COC_BISNIS] Bisnis Tetap Jalan Saat Pandemi, Intip Tips Ane Gan!

Namun, efek terjadinya pandemi ini sungguh sangat luar biasa. Hampir semua pedagang (khususnya PKL) di berbagai daerah mendapatkan omset jauh lebih sedikit dari hari-hari sebelum adanya pandemi.
Penurunan omset ini membuat para pedagang kecil pusing tujuh keliling. Pasalnya, sering kali omset yang di dapat hanya bisa untuk modal kembali, itu pun sudah termasuk bagus. Karena tidak jarang juga pendapatan yang di dapat tidak bisa untuk menutupi modal. Hal inilah yang membuat sebagian pedagang kecil menutup sementara usahanya saat pandemi.

Bagi ane, menutup usaha bukanlah hal yang tepat. Apalagi kita tetap harus memenuhi kebutuhan sehari-hari, kebutuhan bulanan seperti listrik, PDAM, kontrakan dan (mungkin) angsuran masih harus terus dibayarkan. Jika tidak berjualan, otomatis tidak ada pemasukan. Maka dari itu ane memutuskan untuk tetap berniaga selama pandemi, dengan tetap melakukan protokol yang sudah ditentukan. Seperti memakai masker, handsanitaizer, menyediakan tempat cuci tangan di warung, dan menyemprotkan disinfektan di area warung. Diharap apa yang ane lakukan tetap bisa meminimalisir mata rantai penyebaran virus.

[COC_BISNIS] Bisnis Tetap Jalan Saat Pandemi, Intip Tips Ane Gan!

Demi tetap menjalani anjuran pemerintah untuk stay at home, masyarakat kita lebih memilih untuk memesan makanan yang diinginkan melalui apliaksi pesan antar makanan secara online. Namun, hal itu tidak begitu terasa peningkatan omsetnya. Karena, selama ini khususnya di wilayah ane Jogja, pembeli kebanyakan berasal dari pelancong dan mahasiswa. Tidak adanya tamu dan juga mahasiswa otomatis membuat pendapatan tetap menurun.

Sebenarnya ada beberapa cara supaya usaha yang kita jalani tetap berjalan di saat pandemi seperti ini. Yaitu dengan cara memanfaatkan medsos, gencar mempromosikan produk di berbagai media sosial seperti Facebook, instagram, WhatsApp, ataupun Twitter. Selain itu juga kita bisa ikut menjadi merchandise di aplikasi pesan antar makanan secara online. Meskipun hasil tidak seperti saat pandemi belum ada, akan tetapi ane rasa cukup membantu.

Bagi kami para pelaku Usaha mikro, kecil, dan Menengah (UMKM) cuma bisa berharap pandemi ini segera berlalu. Sehingga perekonomian akan kembali membaik.

Sekian trit dari ane. Tetap jaga kebersihan, kesehatan dan berbahagia.

Sumber tulisan : opini pribadi
Sumber gambar : dokumen pribadi





profile-picture
profile-picture
profile-picture
rirandara dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh DATQ
Jogjanya mana gan? Semoga penerapan new normal kedepan mampu menggerakkan roda perekonomian kembali. Jangan pernah patah semangat, kondisi ini pun pasti berlalu emoticon-thumbsup

Oiya threadnya blm didaftarin ya? Koq blm masuk ke list, silahkan di check kembali rulesnya.
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan lintangayudy memberi reputasi
Diubah oleh amikurnia
Lihat 7 balasan
wah I like buryammm
profile-picture
amikurnia memberi reputasi
ini di sisimu udah berubah judulnya. ga masalah kok

eh, diedit sama momod ya? emoticon-Big Grin

emoticon-Toast
profile-picture
lintangayudy memberi reputasi
Diubah oleh eghy
Lihat 6 balasan
Buryam adalah menu paporit keluargaku. 🤤. jadi pen rasain buryam made in Lintang
profile-picture
lintangayudy memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Untuk pembuatan satu kali dagang butuh berapa modalnya nih untuk jual buryam?? jika habis untungnya berapa tu gan?


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di