CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Susi Pudjiastuti: Saya Mohon Pak Presiden...
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee40edbf0bdb212042cacf3/susi-pudjiastuti-saya-mohon-pak-presiden

Susi Pudjiastuti: Saya Mohon Pak Presiden...

Jumat, 12 Juni 2020

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memohon kepada Presiden RI Joko Widodo untuk tegas memberantas pelaku illegal fishing dan kebijakan yang merugikan masyarakat.

Kebijakan yang dimaksud Susi adalah kebijakan yang mengizinkan kapal ikan asing masuk ke wilayah Indonesia, legasilasi alat-alat tangkap yang merusak lingkungan, seperti cantrang, pukat hela (trawl), dan pukat cincin (purseiners).

"Saya mohon kepada Pak Presiden dari lubuk hati yang paling dalam, dengan segala kerendahan hati, Pak Presiden bisa mengatakan tidak untuk IUUF, untuk mencegah kapal-kapal asing masuk, untuk mencegah kembalinya alat-alat tangkap tidak ramah lingkungan," dalam acara webinar, Jumat (12/6/2020).

Susi mengaku sangat khawatir dengan kondisi laut saat ini. Menurutnya, hanya Jokowi yang bisa mencegah hal buruk kembali terjadi di laut Indonesia karena kepemimpinan ada di bawahnya.

"Hanya satu pikir saya bisa menyelesaikan kekhawatiran ini. Karena Pak Presiden mempunyai semua kewenangan, ultimate power, dan ultimate kebijakan ada di Bapak. Gerakkan seluruh pembantu Bapak," kata Susi.

Sebelumnya, KKP akan menerbitkan revisi alat penangkap ikan yang belum diatur maupun dilarang. Ada 8 alat penangkap ikan yang rencananya bakal dilegalisasi.

Delapan alat tangkap ini merupakan alat penangkap ikan (API) yang belum diatur atau dilarang dalam Peraturan menteri KP Nomor 71 Tahun 2016 dan Keputusan Menteri Nomor 86 Tahun 2016.

Delapan alat tangkap ikan baru itu disusun berdasarkan hasil kajian sebagai tindak lanjut Menteri KP Nomor B.717/MEN-KP/11/2019 Tentang Kajian terhadap Peraturan Bidang Kelautan dan Perikanan.

Adapun 8 alat tangkap yang ditambah dalam daftar legal antara lain, pukat cincin pelagit kecil dengan dua kapal, pukat cincin pelagit besar dengan dua kapal, payang, cantrang, pukat hela dasar udang, pancing berjoran, pancing cumi mekanis (squid jigging), dan huhate mekanis.

KKP juga merevisi peraturan perikanan tangkap, yang kembali mengizinkan kapal-kapal ikan berukuran di atas 200 gross ton (GT) kembali beroperasi dengan persentase skala usaha sebesar 22 persen.


https://money.kompas.com/read/2020/0...-pak-presiden-
Susi Pudjiastuti: Saya Mohon Pak Presiden...
Susi Pudjiastuti: Saya Mohon Pak Presiden...
Susi Pudjiastuti: Saya Mohon Pak Presiden...
Susi Pudjiastuti: Saya Mohon Pak Presiden...
Susi Pudjiastuti: Saya Mohon Pak Presiden...
Susi Pudjiastuti: Saya Mohon Pak Presiden...
Susi Pudjiastuti: Saya Mohon Pak Presiden...
Susi Pudjiastuti: Saya Mohon Pak Presiden...
Susi Pudjiastuti: Saya Mohon Pak Presiden...
Susi Pudjiastuti: Saya Mohon Pak Presiden...


Susi Pudjiastuti: Legalkan Pukat Cincin, Nanti Habis Tuna Indonesia

Jumat, 12 Juni 2020

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengomentari 8 alat penangkap ikan (API) yang bakal dilegalkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Bukan hanya cantrang, sejumlah alat tangkap yang bakal dilegalkan mengundang perhatiannya. Alat tangkap seperti pukat hela (trawl) dan pukat cincin (pursainers) yang jaringnya ditarik oleh 2 kapal mampu menyedot isi laut berbagai ukuran ikan.

"KKP bahkan sekarang membolehkan pursainers yang ditarik 2 kapal. Ini tuna Indonesia nanti akan habis. Bayangkan 2 kapal tarik jaring pursainers, luar biasa. Itu dilakukan oleh kapal Vietnam yang curi di Natuna," kata Susi dalam acara webinar, Jumat (12/6/2020).

Dia mengaku tidak habis pikir alasan KKP melegalisasi 8 alat tangkap itu. Pasalnya ada alasan kuat mengapa alat-alat tangkap tidak ramah lingkungan dilarang pada masanya.

"Kapal cantrang kenapa dilarang? Karena mereka (kapal pencuri ikan) itu identik pakai trawl dan cantrang. Meski ada ilmuan yang mengatakan beda, yang satu ditarik sementara yang satu lagi diseret. Saya tidak tahu bedanya apa," ujar Susi.

Lebih lanjut Susi menuturkan, keluarnya kebijakan sarat dengan arah politik dan gaya kepemimpinan. Ia mengatakan, jika pemimpinnya bagus dan berani, maka kebijakan akan mengikutinya.

"Arah politik dan kepemimpinan itu yang penting karena negara ini kontrol politik dan kontrol kepemimpinan. Jadi penegakan hukum akan ikut kepada arah politik. Sekarang terserah kepada kita, mau dibagaimanakan laut Indonesia?," tutur Susi.

https://money.kompas.com/read/2020/0...tuna-indonesia


Susi Pudjiastuti: Saya Mohon Pak Presiden...
Susi Pudjiastuti: Saya Mohon Pak Presiden...
Susi Pudjiastuti: Saya Mohon Pak Presiden...
Susi Pudjiastuti: Saya Mohon Pak Presiden...
Susi Pudjiastuti: Saya Mohon Pak Presiden...
Susi Pudjiastuti: Saya Mohon Pak Presiden...
Susi Pudjiastuti: Saya Mohon Pak Presiden...

Saya juga mohon pakde....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyonyo2 dan 76 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh .noiss.
Halaman 1 dari 10
Ketika orang baik kalauh sama orang jahat.... Tanda hari akhir.... Paling gak akhir sebuah negara
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dante_craze dan 51 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
ancur nih negara, malah pemerintah melepas menteri sehebat susi

kpk dilemahkan.. harun masiku blm ketangkep
profile-picture
profile-picture
profile-picture
programmerlabs dan 34 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Susi makin ke sini makin mirip wan abud dan Refly H.

BSH sepertinya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
BlueGuy.Banci dan 162 lainnya memberi reputasi
Lihat 56 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 8 balasan
Hampir mustahil ada org yg sebegitu pedulinya kl bkn karena ada kepentingan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
programmerlabs dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 5 balasan
Biasanya kaskuser punya info yg lbh lengkap, entah realita lapangannya atau realita kepentingan yg ada.....

Ane tunggu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
programmerlabs dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
jangan mohon sama wiwi, tapi sama opung, dia yang berkuasaemoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
programmerlabs dan 26 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
hidup bu susi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
decodeca dan 5 lainnya memberi reputasi
nyimak ajh dlu
nunggu info lbh lanjoot emoticon-Malu
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
bu susi jgn kritik lah, nanti kayak kemarin lsg dicap auto kadrun lho...
cebong rawa kan tau sendiri iq nya 200 sekolam

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dalamuka dan 16 lainnya memberi reputasi
sya mohon pak dgerin bu susi..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
ada bener/tidak benernya susi ini, bener untuk cantrang jgn buat kapal2 besarlah. biar yg menengah dan kecil kebagian.

salahnya seperti bibit lobster yg diekspor itu. udah cukuplah 4 tahun stop ekspor, kalau begitu terus kapan meningkat pendapatan negara. bibitnya kan udah banyak tuh, dibudidaya jadi lobster besar juga jalan. jadi harus adaptasi lah sus. jangan terlalu takut ini itu, kan udah disosialisasi lo 4 tahunndan diawasi kapal2 asing hingga skrg.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Thethemid201 dan 4 lainnya memberi reputasi
nelayan nya juga ga usah terlalu dibatasi juga sus, dah cukup sabar mereka 4 tahun.kan bisa diatur cangkrang yg tidak berlebihan tangkapannya elah. terlalu ngotot bikin susah juga. makanya jokowi dgn berat hati lepasin lo karna monoton. bikin krbijakan kurang berani
profile-picture
profile-picture
profile-picture
decodeca dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Susi Pudjiastuti: Saya Mohon Pak Presiden...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
programmerlabs dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
dasar kadrun wati emoticon-Marah




































emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Thethemid201 dan 11 lainnya memberi reputasi
Ane gak paham mengenai kelautan....
Moga di dengar dn direspon ya Bu. Demi kelestarian.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
Bu Susi, engkau salah memohon. coba minta mohon ke perdana menteri saja..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Thethemid201 dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Saya kagum buat ibu susi selama jabatannya.
Tapi, untuk sisi pembuatan kebijakan, saya juga setuju ibu susi bukan ahlinya.

Sialnya kementrian yang ditinggalkannya yakni KKP malah downgrade 1 level.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
apa ini berpihak ke masyarakat kecil??
keadilan sosial?
kemanusiaan??
wong cilik ga bisa bales.. Tuhan pasti bales.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 10


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di