CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
Webinar Vs Rapat Online, Apa saja Kelebihan dan Kekurangannya?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee38f3026377264ab27c2f0/webinar-vs-rapat-online-apa-saja-kelebihan-dan-kekurangannya

Webinar Vs Rapat Online, Apa saja Kelebihan dan Kekurangannya?

Webinar Vs Rapat Online, Apa saja Kelebihan dan Kekurangannya?
Saat ini kita memang tengah menghadapi pandemi akibat  penyebaran virus corona jenis baru yang melanda dunia dan menyebabkan gaya baru dalam melakukan rapat dan pertemuan bisnis. ini memang telah merubah banyak tatanan dan rutinitas biasanya di masyarakat. Pandemi ini juga memaksa masyarakat untuk dapat beradaptasi dengan kebiasaan-kebiasaan yang baru.

Misalnya seperti yang biasanya bekerja dan belajar dapat dilakukan di luar rumah yaitu kantor dan sekolah, kini semua harus dilakukan di rumah saja demi mencegah penyebaran dan penularan virus Covid-19 itu. Ketika biasanya bekerja ataupun belajar dapat dengan tatap muka langsung, kini harus menggunakan platform video konferensi.

Namun menariknya, meski penggunaan video konferensi saat ini tinggi tapi masyarakat masih banyak yang belum dapat membedakan meeting online dengan webinar. 

Padahal, jika kita menguliknya lebih dalam, dua hal itu berbeda walaupun sama-sama memungkinkan orang untuk melakukan interaksi dengan audiens yang ada di seluruh dunia. Untuk itu, di artikel berikut ini kita akan membahas secara singkat tentang perbedaan webinar dan meeting online yang perlu untuk diketahui. Apa saja perbedaan tersebut? Inilah ulasannya:

Baca juga : SIBAKUA - Website Personal dari Admin

Meeting Online

Meeting online biasanya untuk melakukan kolaborasi ataupun diskusi dengan melalui web menggunakan video, audio serta layar. Online meeting diselenggarakan oleh host, lalu dihadiri oleh orang-orang atau peserta yang diundang oleh host tersebut.
Orang-orang yang berada di dalam rapat bisa berbicara dan mendengarkan satu sama lain, lalu juga dapat menginterupsi gambar ataupun suara. Posisi dari penyelenggara sangat penting di dalam meeting online untuk mengatur lalu lintas dari gambar serta suara yang muncul.


Webinar

Webinar atau yang juga dikenal sebagai seminar web merupakan sesi informatif yang disiarkan dengan melalui sebuah web guna memberikan edukasi individu yang ingin atau tertarik dalam mempelajari hal atau subjek yang tertentu. 

Biasanya, penyelenggara webinar akan membuat webinar serta mempromosikannya ke audiens yang menjadi target dengan melalui website, media sosial, email ataupun blog.

Di sini orang-orang yang tertarik dapat bergabung untuk mendaftar webinar lalu menghadirinya di waktu yang sudah ditentukan. Saat webinar berlangsung, penyelenggara akan menyampaikan presentasi ke audiens, 

kemudian audiens tersebut dapat mendengarkan saja, mengetik serta mengajukan pertanyaan ke penyelenggara webinar dengan menggunakan opsi tanya jawab yang ada di jendela webinar.


Itulah perbedaan webinar dan meeting online secara singkatnya. Masih ada beberapa poin perbedaan dari kedua hal tersebut yang akan membuat Anda lebih jelas mengetahui perbedaannya. Berikut adalah poin-poin perbedaan tersebut:

Online meeting memiliki tujuan untuk pertemuan dengan sesi di dalamnya yang lebih interaktif dan seperti meeting yang dilakukan secara offline.

Biasanya digunakan oleh kelompok kecil sampai besar dengan peserta yang lebih dari dua orang dan bersifat tertutup.

Meeting online umumnya digunakan oleh grup diskusi maupun karyawan umum.
Orang-orang yang mengikuti meeting online dapat berbicara serta menampilkan gambar.

Fungsi kontrol meeting online berada di penyelenggara, tapi bisa diinterupsi oleh peserta secara langsung.

Biaya berlangganan meeting online bisa saja gratis dan berbayar. Biasanya, jika berbayar disesuaikan dengan kapasitas dari peserta.

Webinar layaknya seperti ruang kuliah virtual. Biasanya, audiensnya besar dan acara terbuka untuk umum. Namun, peserta webinar tidak berinteraksi.

Webinar biasanya digunakan untuk acara yang besar serta siaran public.

Di webinar hanya peserta yang ditunjuk yang bisa menampilkan gambar dan berbicara. Metode dari komunikasi di webinar dengan menggunakan chat.

Penyelenggara webinar mempunyai fungsi kontrol yang penuh untuk menentukan siapa yang menjadi presenter. Lalu juga bisa beberapa orang apabila sesi webinar dijalankan dengan cara bergantian.


Semoga artikel ini bermanfaat emoticon-Big Grin
profile-picture
nona212 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di