CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Terapkan Aturan Social Distancing dengan Memanafaatkan Google Maps
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee367e27e3a726ff7543d24/terapkan-aturan-social-distancing-dengan-memanafaatkan-google-maps

Terapkan Aturan Social Distancing dengan Memanafaatkan Google Maps


Dengan diterapkannya aturan PSBB transisi, sejumlah perkantoran aktivitas bisnis di Jakarta mulai beroperasi kembali. Kondisi ini mengakibatkan stasiun KRL dan halte Transjakarta mulai dipadati oleh masyarakat. Kondisi ini juga terjadi di daerah lain yang juga udah mulai menerapkan PSBB transisi. Disana tempat – tempat seperti terminal, pasar atau area keramaian lainnya juga mulai didatengin masyarakat.

 Terapkan Aturan Social Distancing dengan Memanafaatkan Google Maps

Nah, untuk menghindari kepadatan seperti tempat – tempat diatas, Google Maps ternyata bisa dimanfaatkan GanSis. Peta digital ini akan memberikan informasi kepadatan di titik – titik tertentu seperti stasiun dan halte. Data ini dikumpulkan Google dari penggunanya yang ada di titik tersebut, lengkap dengan waktunya.

Dari data tersebut kemudian dijadikan grafik kepadatan untuk setiap jamnya. Dengan begitu pengguna bisa merencanakan waktu yang tepat untuk bepergian menggunakan KRL ataupun Transjakarta, utamanya untuk mengoptimalkan social distancing. Ini juga bisa dimanfaatkan untuk menghindari keramaian lain.

Untuk melihat data kepadatan ini cukup mudah GanSis. Di aplikasi Maps pengguna tinggal melihat stasiun atau halte yang mereka tuju dan memencet tombol 'more info'. Kemudian pengguna tinggal men-scroll laman tersebut ke bawah sampai menemukan info 'Popular times'. Dari situ pengguna bisa memilih hari, dan grafik kepadatan tempat yang dimaksud pada jam tertentu.

 Terapkan Aturan Social Distancing dengan Memanafaatkan Google Maps

O iyah, perlu diingat nih GanSis, data (yang digambarkan grafik berwarna biru) adalah data rata-rata yang dikumpulkan Google selama beberapa waktu ke belakang. Kecuali data real time yang digambarkan dengan grafik berwarna merah dan dibandingkan dengan kepadatan pada hari-hari sebelumnya yang ditunjukkan dengan grafik berwarna abu-abu.

Data ini dikumpulkan secara anonim dari pengguna yang menyalakan Google Location History, yang secara default dimatikan di ponsel Android. Google hanya membagikan data kepadatan ini jika mereka mempunyai data yang cukup dari jumlah pengguna tertentu.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
doobey dan 3 lainnya memberi reputasi
nais trit gan,emoticon-Shakehand2
menginspirasi

 Terapkan Aturan Social Distancing dengan Memanafaatkan Google Maps Terapkan Aturan Social Distancing dengan Memanafaatkan Google Maps Terapkan Aturan Social Distancing dengan Memanafaatkan Google Maps Terapkan Aturan Social Distancing dengan Memanafaatkan Google Maps Terapkan Aturan Social Distancing dengan Memanafaatkan Google Maps
waah, membantu. Google makin canggih aja nih. nice trit gan. thankyiii
sangat membantu sih.. tp sayang pasti banyak yg blm menyadari dan cenderung acuh dgn kondisi di lapangan
Diubah oleh tiktik700
Diubah oleh tiktik700


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di