CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
China Disebut Pakai Taktik Baru, RI Tolak Negosiasi soal LCS
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee35df926377276011e22b3/china-disebut-pakai-taktik-baru-ri-tolak-negosiasi-soal-lcs

China Disebut Pakai Taktik Baru, RI Tolak Negosiasi soal LCS

China Disebut Pakai Taktik Baru, RI Tolak Negosiasi soal LCS
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan bahwa Indonesia menolak bernegosiasi atas klaim China terhadap Laut China Selatan (LCS). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan bahwa Indonesia menolak bernegosiasi atas klaim China terhadap Laut China Selatan (LCS).

Dia menegaskan posisi Indonesia di wilayah perairan tersebut konsisten berdasarkan norma internasional yang tertuang dalam Konvensi Hukum Laut Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNCLOS) tahun 1982.

Sebelumnya China disebut menggunakan taktik dan manuver baru demi memperkuat klaim sepihaknya terhadap Laut China Selatan.

Taktik baru itu disebut sejumlah pengamat dapat menempatkan Indonesia dan Malaysia dalam posisi tertekan. Hal itu bahkan bisa menyulut konflik antara China dengan Indonesia dan Malaysia-dua negara besar di kawasan Asia Tenggara.
 
Dalam konferensi pers yang berlangsung Kamis (11/6), Menlu Retno mengatakan, Indonesia tidak memiliki klaim yang tumpang tindih dengan China, sehingga tidak relevan untuk melakukan dialog tentang batas kemaritiman mengenai pembatasan.
 
"Di Laut China Selatan, Indonesia memiliki klaim tumpang tindih (terkait) perbatasan maritim hanya dengan Malaysia dan Vietnam," kata Retno.
 
Dalam konferensi pers yang turut dihadiri Menteri Sosial itu, Retno juga menyebutkan pada faktanya, melalui negosiasi, Indonesia berhasil menyelesaikan konflik perbatasan wilayah dengan Vietnam dan Malaysia.
 
"(Namun) Indonesia tidak menegosiasikan batas perairan ZEE (Zona Ekonomi Eksklusif) dengan kedua negara (tersebut)," tutur dia.
 
Laut China Selatan menjadi perairan rawan konflik terutama setelah China mengklaim sepihak sebagian besar wilayah perairan itu. Klaim historis Beijing itu bertabrakan dengan wilayah kedaulatan sejumlah negara di Asia Tenggara seperti Vietnam, Filipina, Malaysia, Brunei, bahkan hingga Taiwan.
 
Indonesia tidak pernah menempatkan diri sebagai negara yang turut bersengketa dalam perebutan wilayah di Laut China Selatan. Namun, belakangan aktivitas Beijing di dekat perairan Natuna kian mengkhawatirkan Jakarta.
 
Sekitar Desember 2019 hingga awal Januari lalu, Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI memergoki puluhan kapal ikan China yang dikawal dengan kapal penjaga pantai dan kapal fregat pemerintah Tiongkok menerobos masuk wilayah zona ekonomi eksklusif (ZEE) Indonesia di perairan Natuna. Selain menerobos, kapal-kapal China itu juga turut mengambil ikan di wilayah ZEE Indonesia. (ans/dea)

sumber

China Disebut Pakai Taktik Baru, RI Tolak Negosiasi soal LCS

Klaim wilayah yang dilakukan RRC berdasarkan kekuasaan Dinasti Ming. Masalahnya dinastinya sudah gak ada, kerajaannya sudah punah. Paling konyol adalah klaim dilakukan oleh komunis yang mana anti kerajaan, anti keningratan. Di jaman Mao sudah dibantai dan dihancurkan budaya-budaya serta praktisi budaya leluhur. Cuma tersisa Great Wall karena saking besarnya sulit untuk dihancurkan.

China Disebut Pakai Taktik Baru, RI Tolak Negosiasi soal LCS


China Disebut Pakai Taktik Baru, RI Tolak Negosiasi soal LCS



Ibaratnya ada anak bunuh bapaknya dan bakar semua harta benda si bapak. Eh ternyata ada sertifikat tanah yang ikut terbakar.

Mau klaim asuransi, boro-boro dapat duid. Malah si anak tersebut masuk bui dan kena hukuman mati.

Mau klaim tanah, ya gak bisa sebab ada unsur pembunuhan.


China Disebut Pakai Taktik Baru, RI Tolak Negosiasi soal LCS


Beda dengan Hindia Belanda yang kemudian menjadi Indonesia. Kedaulatan Rakyat dan Kedaulatan Wilayah merupakan kesepakatan kerajaan-kerajaan dan ningrat seluruh Hindia Belanda. Lewat sisi historis kita lebih menang. Keratonnya masih ada, silsilah ningratnya masih ada. Itulah mengapa PBB lebih memenangkan Indonesia daripada RRC.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 8 lainnya memberi reputasi
letsgo kita klaim wilayah sesuai Majapahit, Sriwijaya dan lainnya.

profile-picture
entop memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Kagak usah takut ama China. Disini yg punya utang yg paling galak!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 3 lainnya memberi reputasi

Kalau Indonesia bisa menggalang kekuatan bersama Malaysia dan Brunei, juga Vietnam dan Philiipina yg punya sengketa batas laut dengan China maka China nggak akan berani macam2.

Harus maju sebagai kesatuan ASEAN, jangan mau nego sama China negara per negara. emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan entop memberi reputasi
Diubah oleh qavir
Lihat 4 balasan
udah, bom aja napa sih.
langsung putus hubungan diplomatik aja, biar tenteram negara ini. emoticon-Blue Guy Smile (S)
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan entop memberi reputasi
halah dorama

kita butuh china, seluruh dunia butuh china

bisa apa? emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan entop memberi reputasi
Mungkin, lgsg aja indo malay diet mejarah sda di sini.
Kmdn biarkan china rebutan balungn kosong
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan entop memberi reputasi
bule paok amerika kok tak berani usir china keluar dari laut china selatan
sana amerika minta bantuan sekutu NATO untuk serang China

amerika & sekutunya NATO
semuanya satu jenis yaitu kumpulan bule paok keturunan eropa

dulu irak dituding punya senjata pemusnah massal oleh amerika
amerika langsung minta bantuan sekutu2 untuk keroyok serang hancurkan irak

sekarang china dituding yg ciptakan virus corona oleh amerika
kenapa sampai sekarang amerika itu tak berani serang china
sana amerika minta bantuan sekutu2 untuk keroyok serang hancurkan china
kalau amerika tak berani ...pertanda china memang tak ada ciptakan virus corona
china cuma difitnah oleh amerika
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan entop memberi reputasi
Jaga daerah kita, jangan lepas sejengkalpun💪
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan entop memberi reputasi
Quote:



Lha yg klaim pertama kali perairan LCS secara historis Chiang Kai Shek dari partai Kuomintang yg saat itu berkuasa/Sebelum mendirikan Taiwan, dinamai 11 dash line.

Baru setelah partai komunis berkuasa, justru menyusut menjadi 9 dash line, beberapa pulau keluar dari klaim sebelumnya

Lebay amat, kalau budaya luhur dihancurkan, sekarang di China ga ada namanya kuil2 vihara kuno Tao & Buddhist, ga ada patung Buddha terbesar yg ngalahin liberty, ga ada masjid tertua sahabat nabi Sa’ad bin Abi Waqqas yang berdiri jauh sebelum Islam masuk nusantara, Xi'an, Xinjiang, etnis muslim Hui udah punah sekarang

Yg disingkirkan organisasi keagamaan yg kental politik mcm Falungong yg bosnya ngaku Buddha hidup tp punya properti mewah di Amrik, Oknum Uighur yg berafilisiasi dgn Alqaeda meneror bom Xinjiang, Gereja cult macam Shincheonji yg pemimpinnya dianggap nabi & kental politik
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan entop memberi reputasi
Nah gitu dong tegas jangan mau disuruh Cinak melulu.Inget paspampres Xi Jin Ping lebih lemah daripada preman Sumutemoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan entop memberi reputasi
Mntp poinnya gan ts. .

Sbg turunan jg dulu bangga"in mAinlaNd. . Tp ketika tau ap it ccp , hadeh. .
Lihat 2 balasan
Quote:

malayshit aja udah bendera putih
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Gak heran malaysie adem ayem. Lg duduk bareng kite soalnye. Ngopi.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Apakah Indonesia merasa tidak perlu melakukan pembicaraan terkait alinea terakhir itu ?
Apakah hal tersebut telah dimaklumi ?
Kalau memang dimaklumi, 'nggak boleh panas dingin atau batuk-batuk kalau sampai terjadi.
===> BTW ..., kalau panas dingin dan batuk-batuk ... sebisa mungkin langsung tes di pos COVID-19 terdekat, siapa tahu sudah ketularan ...

...

Terkait masalah beginian, saya mau yang muda-muda ..., yang pola pikirnya tidak terbelenggu oleh masalah kekuasaan, yang punya pemikiran mengenai .. manusia ... sebagai salah satu jenis mahluk hidup yang ada ... di bumi ini, untuk berani mengeluarkan opini.
Karena ... toh, pada suatu saat nanti, merekalah yang akan menjadi "pemimpin" di bumi ini (dengan acuan bahwa manusia adalah satu-satunya mahluk pemikir di bumi ini, yang punya tanggung jawab untuk memikirkan nasib jenis-jenis mahluk hidup lainnya pula).
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
China Disebut Pakai Taktik Baru, RI Tolak Negosiasi soal LCS

Indonesia sudah punya nassam, mana berani tiongkok macam2
emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
Lihat 1 balasan
Kemarin dikatain penjajah

Giliran urusan gini aja lu belain belanda

emoticon-Leh Uga
Lihat 1 balasan
cina taik
klaim aja wilayah kerajaan ratu pantai selatan
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di