CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Jambi /
[COC Reg. Jambi] Tari Rentak Kudo, Atraksi Budaya yang Memiliki Aura Mistis!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee33b738d94d0419344b89a/coc-reg-jambi-tari-rentak-kudo-atraksi-budaya-yang-memiliki-aura-mistis

[COC Reg. Jambi] Tari Rentak Kudo, Atraksi Budaya yang Memiliki Aura Mistis!

Tari Tradisional Jambi


Assalamualaikum para kaskuser ....
Senang rasanya ada event regional seperti ini. Aku bisa tahu banyak hal dari berbagai daerah, seperti salah satu tarian dari Jambi yang akan sedikit aku ulas berikut.

Akan tetapi untuk kaskuser atau siapapun yang membaca ini, bila ada kesalahan dari ulasan yang aku tulis ini mohon bantuan koreksinya.

Langsung aja, ya ....

Kerinci adalah salah satu kabupaten yang ada di provinsi Jambi, tepatnya berada di ujung barat provinsi Jambi. Daerah ini terletak di dataran tinggi gunung Andalas atau Bukit Barisan.


 Nama Kerinci berasal dari bahasa Tamil yaitu Kurinji, yang merupakan nama bunga yang tumbuh di daerah pegunungan India Selatan. Wikipedia


Daerah Kerinci menyimpan banyak kekayaan alam juga kekayaan budaya dan tradisi, salah satunya adalah seni budaya. Seni yang paling dikenal adalah seni tari yang berasal dari daerah Hamparan Rawang , yakni seni tari Rentak Kudo.

Spoiler for Tari Rentak:



Hamparan Rawang adalah salah satu kecamatan yang ada di kota Sungai Penuh, Jambi. Namun, kecamatan ini lebih di kenal dengan nama Hamparan Besar Tanah Rawang. 

Indonesia merupakan daerah yang sangat kental dengan kebudayaan dan tradisi. Seperti kebudayaan seni tari yang ada di daerah Hamparan Rawang, Kerinci ini.

Quote:



Namun, kapan dan apapun tarian ini dipentaskan tentu bertujuan baik dan melestarikan keberadaan tarian Rentak Kudo ini. Harapannya, semoga kedepannya tarian ini semakin banyak diminati baik pelaku atau penikmatnya.


Bagi aku sendiri tujuan dari pementasan tari Rentak Kudo ini tidak hanya sebagai ungkapan rasa syukur, tapi juga mengajak untuk berbahagia bersama. Karena jika dilihat dari setiap pementasan (acara adat atau nikahan) tidak hanya para pemain saja yang melakukan tarian itu, tapi mereka juga mengajak para penonton untuk mengikuti gerakan mereka dan turut merasakan euforia dari setiap gerakan-gerakannya.


Meskipun tarian Rentak Kudo atau Ntak Awo ini dinilai mistis karena adanya ritual pembakaran kemenyan saat tarian dipentaskan dan kadang juga ada penari yang kesurupan serta bertingkah aneh. Akan tetapi masyarakat tetap meyakini dan melestarikan apa yang telah diwariskan oleh para leluhur mereka.


Dari ini kita bisa belajar bahwa segala sesuatu, apapun yang kita dapat, apapun yang kita alami itu semua tidak lepas dari kuasa Tuhan yang Maha Esa. Kita sebagai manusia harus selalu mendekatkan diri pada-Nya dan selalu bersyukur atas segala kebahagiaan yang kita rasakan. Walaupun dengan cara yang berbeda, tapi intinya tetaplah sama yakni sebagai ungkapan rasa syukur.


Setuju tidak Agan dan Sista dengan pemikiranku?
Sekali lagi Mohon koreksinya, ya bila ada yang salah dari tulisan ini.
Terima kasih.

Referensi: di sini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riwidy dan 33 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh istijabah
Halaman 1 dari 3
Aku cari di YouTube tarian Rentak, tapi dapatnya yang dari Sumatra Barat saja, tapi gerakannya sama cuma tidak ada nyanyian pantun yang mengiringi.


Ada yang punya tarian Rentak yang dari Jambi, gak?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riwidy dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh istijabah
budaya bangsa nggak ada matinya diulas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riwidy dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
nah mano ni yng orang kerinci.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Jambi memang luar biasa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Setuju banget gan sama kalimat apapun caranya, ya ungkapan rasa syukur itu tetap ada.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Quote:


ntaps, khas kerinci
sekedar koreksi dikit gan/sis
foto nya di kasih spoiler, biar yg buka dari hp gk keberatan
dan keterangannya kasih Quote
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Walaupun orang luar pulau. Saya suka lagu nya.

Apalagi stamina pennyanyi nya. Energi gak ad habisnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
waaah beragamnya budaya indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


hadir wo emoticon-Sundul Up
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Indonesia sungguh kaya akan budaya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
tarian yang begitu indah dan punya sejarah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
semua tarian yang satu pulau biasanya memang memiliki kemiripan ya. bgus tariannya. 👍👍
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wah baru tahu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
setuju deh ma yang bikin ts. segala sesuatu yang terjadi memang atas kehendak Yang Kuasa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
istijabah dan 2 lainnya memberi reputasi
Iya, sih, meski terkesan mistis tapi terkesan masih asa penghoatan pada Tuhan Yang Maja Eza.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
istijabah dan 2 lainnya memberi reputasi
Setuju. Syukur atas tiap anugerah Nya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
istijabah dan 2 lainnya memberi reputasi
Setuju banget semuanya memang kuasa dari Allah SWT
profile-picture
profile-picture
profile-picture
istijabah dan 2 lainnya memberi reputasi
Boleh juga tuh ditelusuri asal mulanya. Jadi memperkaya pemahaman budaya anak bangsa.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
istijabah dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Walau bagaimana pun, warisan budaya memang patut dilestarikan agar tidak punah, sebab merupakan bukti nyata kebhinekaan Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
istijabah dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
dibalik setiap tarian ada sejarah dan mitos, sekaligus mistikusnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
istijabah dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di