CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Heboh Surat Berkop DPRD Jabar 'Titipkan' Calon Siswa Ke SMK Negeri
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee330def4d69561095325d5/heboh-surat-berkop-dprd-jabar-titipkan-calon-siswa-ke-smk-negeri

Heboh Surat Berkop DPRD Jabar 'Titipkan' Calon Siswa Ke SMK Negeri

Heboh Surat Berkop DPRD Jabar 'Titipkan' Calon Siswa Ke SMK Negeri

BANDUNG,- Baru satu minggu dibuka, pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) Jawa Barat tahun 2020 sudah diwarnai kabar tak sedap.

Masyarakat dihebohkan dengan adanya surat berlambang DPRD Jabar yang merekomendasikan seorang calon siswa agar diterima di salah satu sekolah negeri di Kota Bandung.

Hebohnya lagi, dalam surat tersebut juga tercantum salah satu nama anggota DPRD Jawa Barat berinisial DS dan mengatasnamakan Komisi V DPRD Jabar.

Dalam surat yang ditujukan pada Kepala Sekolah SMK Negeri 4 Bandung, DS 'menitipkan' salah satu calon siswa untuk bisa diterima di sekolah negeri pada tahun ajaran 2020-2021.

"Saya sudah lihat suratnya. Tentunya bila surat itu benar, kami atas nama Saber Pungli Jabar sangat kecewa," tegas Anggota kelompok ahli Satgas Saber Pungli Jawa Barar Iriyanto kepada wartawan, Jumat (12/6).

Iriyanto juga menyayangkan bila masih ada praktik-praktik seperti itu. Menurutnya, DPRD Jawa Barat sudah berkomitmen untuk tidak akan memberikan bentuk rekomendasi agar siswa diterima di sekolah tertentu.

"Satgas Saber Pungli dan DPRD Jabar sudah berkomitmen untuk tidak memberikan bentuk rekomendasi agar siswa diterima di sekolah tertentu. Sudah rapat sebelum pelaksanaan PPDB bersama Disdukcapil, Kepala Dinas Pendidikan dan ada Yansos. Kami dari Saber Pungli digandeng untuk menertibkan pelaksanaan PPDB," ujarnya.

Pihaknya pun meminta kepada pimpinan DPRD Jabar untuk menelusuri kebenaran surat itu. Ia menegaskan, agar pimpinan DPRD harus memberikan tindakan bila memang surat itu benar dikirimkan oleh salah satu anggota DPRD Jabar.

Kalau seandainya surat itu benar, ujar dia, DPRD harus bertindak karena kan ada tata tertib anggota.

"Melanggar atau tidak? Kalau tidak ya tak apa-apa, tapi kalau melanggar, harus diberikan sanksi," ungkapnya.

Selain itu, ia juga menyarankan agar Dinas Pendidikan Jabar memanggil kepala sekolah SMKN 4 untuk mempertanyakan kebenaran adanya surat tersebut.

"Bila dari hasil penelusuran itu benar, maka Dinas Pendidikan Jabar harus menegaskan pada Kepsek untuk menolak jangan diikuti itu melanggar ketentuan," tandasnya.

Sebelumnya Wakil Ketua Komisi V DPRD Jawa Barat Abdul Hadi Wijaya berpesan agar para penyelenggara PPDB mampu menjaga marwah dan citra pendidikan Jawa Barat dengan memiliki integritas yang baik.

"KCD, kepala sekolah, guru, orangtua agar menjaga harkat Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam pelaksanaan PPDB," tegasnya.

Jika masih ditemukan persoalan terutama yang melanggar hukum, Hadi memastikan adanya sanksi tegas hingga pemidanaan.

Terlebih, lanjut dia, Tim Sapur Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) yang terdiri dari kepolisian, kejaksaan, dan pemerintah daerah akan memantau langsung pelaksanaan PPDB tersebut.

"Tim Saber Pungli memiliki jaringan sampai ke kecamatan, apalagi di era keterbukaan informasi sekarang ini. Mereka paham dengan seluk beluk penanganan hukum. Jadilah insan yang baik, jangan lakukan hal-hal di luar kewenangan kita, karena ada Saber Pungli," pungkas dia. (nie/*)

Sumber : Portal Jabar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
private13 dan 3 lainnya memberi reputasi
Katebelece lagi...
emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aparatkaskus dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
jgn bilang kop suratnya dihack orang ga bertanggung jawabemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aparatkaskus dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ruuki
Lihat 1 balasan
kan tinggal tatap muka seperti lord
profile-picture
profile-picture
entop dan nowbitool memberi reputasi
kalo ga diterima, mau apa hayoh?

kok gini amat anggota yg katanya terhormat...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 3 lainnya memberi reputasi
Pecat !
Lom taw dya, beranih semena2 dengan rakjat jelantah emoticon-Marah
Dya itu kacung rakjat jangan cem macem pakek nama DPRD bwat begonoan.
Paham klean ?!emoticon-Hansip
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aparatkaskus dan 4 lainnya memberi reputasi
SMK favorit di Bandung kah? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
entop dan jangan.lupa memberi reputasi
Asyik viral.

Saatnya tim cebok dewan bekerja. emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
mungkin titipan orang lain nih, kalo anaknya sendiri enak langsung ketemuan sama kepala sekolahnya, beres itu emoticon-Leh Uga
profile-picture
entop memberi reputasi
Bukannya ini udah biasa?

Titipan + memo udah hal yang lumrah di pendidikan kita

Ga hanya dhewan, titipan institusi2 gtu juga udah biasa

Makanya kepala sekolah gtu garuk garuk kepala

Main fair, bisa jadi dana dari pemda atau pempus sulit cair

Gaji guru dan honorer bisa mandek

Dikira enak jadi kepala sekolah?

Kenyang dengerin cerita kepala sekolah2 gw

emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xneakerz dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ada yang mau main curang lagi
profile-picture
entop memberi reputasi
Masuk esemka aje pke titipan segala
profile-picture
profile-picture
Aparatkaskus dan entop memberi reputasi
mantap gaes, direkomendasikan oleh Komisi V DPRD. Artinya mayoritas anggota komisi V kan, yang artinya lagi mereka sudah rapat, sudah diskusi mengenai rekomendasi itu.
Kalah yg kuliah....sekolah Pascasarjana aja cuma butuh rekomendasi maksimal 3 dosen.
profile-picture
entop memberi reputasi

Sayang suratnya disensor sesuai UU, jadi nggak ketahuan nama si bgsd yg bermain emoticon-Blue Guy Bata (L)
duidny g ada makany disebarin emoticon-Ngakak
profile-picture
Aparatkaskus memberi reputasi
apa salahnya?

mungkin smk wajib melampirkan rekomendasi.

kalo masuk kul di LN dah biasa ini
Sekolah aja pake ribet emoticon-Nohope
profile-picture
Aparatkaskus memberi reputasi
profile-picture
Aparatkaskus memberi reputasi
Gk sengaja ke ketik kayaknya emoticon-Ngakak
profile-picture
Aparatkaskus memberi reputasi
masuk sekolah titipan, ntar masuk kuliah titipan lagi, ntar dapet kerja lewat titipan lagi. ., enaknya jadi anak pejabat di negeri iniemoticon-Big Grin
profile-picture
Aparatkaskus memberi reputasi
Kalau melanggar hukum ya bisa diutak atik, tapi kalau melanggar sumpah jabatan, melanggar kode etik itu pasti iya.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di