CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
6 Cara Menghemat Penggunaan Gas Elpiji Saat Memasak
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee32e0e97751338ce4ea0c0/6-cara-menghemat-penggunaan-gas-elpiji-saat-memasak

6 Cara Menghemat Penggunaan Gas Elpiji Saat Memasak

Selama pandemi Corona, penggunaan gas elpiji mungkin menjadi lebih boros karena sering memasak di rumah. Namun, borosnya penggunaan gas elpiji tak hanya karena seringnya memasak tapi juga cara pemakaian yang kurang tepat.

Dilansir dari HaiBunda, ada beberapa tips sederhana untuk menghemat penggunaan gas elpiji. Berikut 6 cara menghemat penggunaan gas elpiji saat memasak sehingga dapat menekan biaya kebutuhan rumah tangga.

6 Cara Menghemat Penggunaan Gas Elpiji Saat Memasak

1. Gunakan Panci Presto 
Panci presto bisa menghemat penggunaan gas elpiji dan menjaga nutrisi tetap terjaga. Untuk itu, jangan ragu memakainya saat dibutuhkan.

2. Pastikan Peralatan Masak Tetap Bersih
Pastikan peralatan tetap bersih, terutama bagian bawahnya. Salah satu cara menghemat penggunaan gas elpiji dengan menjaga kebersihan peralatan masak karena akan berpengaruh terhadap proses yang lebih mudah dan sedikit mengonsumsi gas.

3. Mengukur Bahan yang Dimasak 
Banyak orang tidak mengukur kadar air atau cairan saat memasak bahan makanan yang padat seperti daging. Akhirnya memasak dengan waktu yang lebih lama untuk menguapkan kelebihan cairan sehingga memakan banyak konsumsi gas elpiji.

4. Masak dengan Tutup
Memasak dengan penutup wajan atau panci bisa mengurangi waktu masak dan menghemat penggunaan gas elpiji. Dengan menutup wajan maka bisa menjebak panas, membuat uap, dan mengurangi waktu memasak.

5. Bersihkan Kompor 
Jika melihat nyala api kompor berwarna oranye, merah, atau kuning, itu tandanya kompor perlu dibersihkan. Disarankan membersihkan kompor sebulan sekali. Kompor yang bersih bisa membantu menghemat penggunaan gas elpiji. Gunakan air hangat dan baking soda untuk hasil yang lebih efektif saat membersihkan kompor.

6. Ukuran Api 
Batasi ukuran api hanya pada bagian bawah wajan. Api yang terlalu besar tak hanya membuat penggunaan gas elpiji lebih boros tapi juga merusak panci serta bisa mempengaruhi cita rasa makanan yang dimasak.

Semoga membantu dan selamat Mencoba emoticon-Jempol

Sumber
7. Jangan Terlalu Sering Memasak
Lihat 1 balasan
8.Masak pake kompor minyak
9. nebeng masak di rumah tetangga
10. Gunakan kayu bakar untuk memasak
Diubah oleh markupil
Nice infonya gan.
11. Jangan dinyalain kompornya emoticon-Smilie


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di