CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Satu Tahun Menjadi Kaskus Kreator
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee329747e3a72050328fcc3/satu-tahun-menjadi-kaskus-kreator

Satu Tahun Menjadi Kaskus Kreator

Satu Tahun Menjadi Kaskus Kreator

Satu tahun yang lalu, di hari ini, tepat di jam ini, saya mendapatkan pemberitahuan dari pihak kaskus bahwa saya telah resmi menjadi kaskus kreator. Saya masih ingat jelas saat itu saya baru selesai menempuh semester 4 di perkuliahan.

Satu Tahun Menjadi Kaskus Kreator

Saya pengen cerita pengalaman saya setahun menempuh luka dan duka dan duka lagi dan akhirnya suka. Saya pertama tau kaskus kreator saat saya mencari info tentang cara menghasilkan uang melalui internet. Meski banyak website yang menawarkan hal serupa tapi saya memilih kaskus karna saya sudah punya akun kaskus sebelumnya meski jarang sekali dipakai.

Setelah mengirim permintaan pendaftaran kreator saya mulai menulis thread yang akan saya publish. Saat itu saya adalah seorang wibu (sekarang juga masih sih) jadi saya memutuskan menulis thread tentang anime di AMH.

Satu Tahun Menjadi Kaskus Kreator

Hari pertama tak ada respon sama sekali dan hanya beberapa view. Hari kedua ada satu orang yang reply dan akhirnya hari ketiga (saya ingat itu hari jumat) jumlah pengunjung dan orang yang komen tiba tiba membludak. Disitulah saya kenal dengan yang namanya hot thread.

Terpacu akan keberhasilan pertama saya buat thread lain (masih di AMH) namun sayangnya gagal menjadi hot thread.

Dari situ saya mencoba merambah ke forum lain. Karna kebetulan saya main game clash royale jadi saya mencoba buat tips trik bermain game tersebut dan sekali lagi threadnya tidak laku. emoticon-Turut Berduka

Setelah itu saya pun berkenalan dengan forum the lounge. Awalnya saya tak tau apa sebenarnya yang bisa di upload disini namun saya mencoba membuat thread tentang ipk dan ternyata... BOOM, masuk HT dan tembus 10 ribu view. Inilah kekuatan the lounge.

Satu Tahun Menjadi Kaskus Kreator

Sejak itu saya mulai fokus membuat thread di the lounge dan alhamdulillah beberapa masuk HT dan meraup ribuan viewer.

Dengan pengalaman membuat beberapa thread saya semakin dalam mengenal kaskus. Saya belajar mengenai tingkat jabatan kaskus dan juga cendol bar. Saya juga bermigrasi menggunakan app yang lebih mudah dibandingkan situs web.

Saya juga belajar tentang channel channel kaskus dan kebetulan saya tertarik dengan channel story. Saya punya banyak imajinasi nyeleneh berkat setiap harinya menonton anime jadi saya iseng iseng membuat thread di SFTH. Sebagai orang yang mengincar pendapatan dari kaskus ini mungkin kesalahan terbesar yang saya buat.

Satu Tahun Menjadi Kaskus Kreator

Sudah hampir setahun saya membuat thread tersebut dan saya sedikit banyak belajar mengenai ketertarikan pasar. Di kaskus cerita yang ngetop umumnya adalah cerita yang berbasis kisah nyata terutama yang bergenre cinta atau horor. Thread saya yang sudah jelas fiksi dan genrenya tidak jelas tidak terlalu mendapat banyak view dan sangat menyita waktu untuk mengurusnya.

Sempat saya berpikir untuk ngedrop cerita tersebut agar fokus membuat thread untuk meraup uang (maklum, anak kos butuh uang jajan emoticon-Big Grin). Meski demikian tanpa sadar saya sudah terlalu terbenam pada SFTH tersebut ditambah dukungan dari beberapa pembaca membuat saya terus melanjutkannya hingga kini dengan kuantitas yang tidak main main. (Serius, dari segi jumlah word saya rasa itu adalah SFTH terpanjang di kaskus dan gilanya itu masih 65% dari tamat. Thanks to all my reader)

Satu Tahun Menjadi Kaskus Kreator

Saya nggak munafik, saya nulis di kaskus demi passive income yang setidaknya bisa menutupi uang buat beli pulsa. Sialnya SFTH ini amat menguras waktu dan pikiran sehingga saya jadi jarang membuat thread lain. Akhirnya saya malah beralih menjadi penulis cerbung selama setahun lamanya. Sampai saat ini thread SFTH tersebut memiliki 127 ribu viewers dan pernah 3 kali masuk hot thread dan merupakan thread dengan viewers terbanyak yang saya punya.

Lalu, bagaimana dengan uang? Awalnya saya sudah pesimis namun ternyata kaskus memiliki sesuatu yang tidak saya sangka. Itu adalah thematic event berhadiah saldo kaspay. Pertama kali saya ikut event kaskus yang bertema permainan masa kecil dengan 5000 koin sebagai hadiahnya. Meski tak memiliki banyak viewer namun hadiah dari event tersebut susah cukup membuat saya puas.

Satu Tahun Menjadi Kaskus Kreator

Setelah itu saya pun nge follow akun kaskusKreator dan menunggu nunggu event berikutnya. Entah sedang beruntung atau apa tapi event datang silih berganti dan puncaknya adalah bulan september yang memiliki 5 event dengan hadiah total 360 ribu rupiah. Saat itu saya sedang berbahagia karna merasa bahwa keuangan akan terus terjamin bila event terus berdatangan.

Namun tidak semudah itu ferguso, libur semester datang dan saya (yang tidak pulang kampung) tidak punya kerjaan apa apa selain menulis di SFTH. Hampir setiap hari saya cek akunnya tapi selama desember dan januari kaskus tidak memiliki satupun thematic event. Saya pun dirundung rasa kecewa. emoticon-Turut Berduka

Sebenarnya itu kesempatan yang bagus untuk mulai membuat thread lagi namun (lagi lagi) saya ditarik oleh sfth. Dengan ide yang tumpeh tumpeh karna tak ada pikiran lain saya pun menghabiskan liburan dengan terus di depan laptop sembari mengetik cerita.

6000 word per chapter dengan janji update 2 hari sekali membuat saya memaksakan diri kerja rodi selama 2 bulan lamanya. Entah karna saya masokis atau sejenisnya tapi saya menikmati masa masa itu.

Lalu saatnya kuliah lagi. Saya kurangi frekuensi update cerita karna kesibukan kuliah dan akhirnya senang karna thematic event sudah kembali meski tak sesering dulu lagi.

Akhirnya february dan maret pun terlewat dan saatnya memasuki masa pandemi. Karna kampus saya mewaijibkan kuliah online maka saya mengambil kesempatan untuk pulang kampung sebelum corona mengganas. Untungnya saya tidak terkena virus sampai sekarang.

Disini ujian baru melanda. Ternyata kuliah online itu bukan main capeknya. Tugas sana tugas sini dari 7 mata kuliah ditambah setiap matkul punya projek akhir membuat saya stress. Saya bahkan sampai buat thread untuk tempat ngeluh. Padahal lagi bulan puasa.

Satu Tahun Menjadi Kaskus Kreator

Akhirnya kuliah selesai dan lebaran pun tiba. Tanpa sadar saya melihat kalender dan menyadari sudah hampir setahun sejak saya menjadi kaskus kreator. Entah seperti apa perasaan ini namun sebenarnya saya cukup kecewa. Pasalnya saya tidak memiliki pencapaian berarti selama menjadi kaskus kreator.

Akhirnya saya memutuskan untuk menjadi sedikit lebih aktif. Sebelum puasa saya sudah mengikuti #mumpungdirumahchallange untuk menambah jumlah badge dan selama puasa saya rajin menebar kebaikan melalui cendol.

Satu Tahun Menjadi Kaskus Kreator

Namun rasanya masih kurang. Akhirnya memasuki bulan juni saya mulai membuat thread secara rutin. Melalui pengalaman selama setahun saya sadar topik dan thumbnail yang provokatif akan memancing lebih banyak viewer dan saya pun membuat satu thread tentang artis JAV dan hasilnya...

Satu Tahun Menjadi Kaskus Kreator

Padahal nggak masuk HT tapi bisa tembus 10 ribu view. bandingkan aja sama thread pengetahuan di bawahnya yang masuk HT tapi sampe sekarang nggak tembus 10 ribu view. Ini adalah bukti bahwa kaskuser itu man of culture semua emoticon-Ngakak

Saya pun akhirnya membuat thread thread lain mengikuti pola tersebut. Saya juga memutuskan bermain di forum yang paling ramai di kaskus yakni Berita dan Politik yang merupakan tempat para nasbung, kadrun dan buzzer berantem setiap harinya emoticon-Big Grin hasilnya memuaskan karna kedua thread itu masuk HT (meski dipindahkan ke subforum citizen journalism)

Satu Tahun Menjadi Kaskus Kreator

HT demi HT lain mengikuti. Totalnya saya memecahkan rekor pribadi dengan 3 HT sekaligus dan jumlah viewer saya seminggu ini naik pesat sampai mampu masuk 10 besar dan diakui kaskus sebagai kreator ngetop. Itulah pencapaian yang ingin saya raih untuk memeriahkan perayaan satu tahun menjadi kaskus kreator.

Satu Tahun Menjadi Kaskus KreatorSatu Tahun Menjadi Kaskus KreatorSatu Tahun Menjadi Kaskus Kreator

Yeah... Itu satu tahun yang panjang. Saya memang tidak mendapat terlalu banyak uang namun kecepatan mengetik sepuluh jari saya meningkat pesat. Rajin membuka app kaskus setiap harinya juga membuat pengetahuan saya bertambah dan yang paling penting itu menyenangkan.

Dan akhirnya disinilah saya. Thread starter dengan 108 thread yang sedang menunggu komen dari agan semua. Selama setahun makan asam garam di kaskus saya jadi punya banyak harapan.

Berharap setiap thread yang dibuat bisa masuk HT, berharap bayaran untuk menulis di kaskus ditingkatkan sampai berharap thread yang dibuat bisa dapat jutaan view dan nempel di kolom populer. Yeah, harapan harapan itu harus diperjuangkan untuk masa depan.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ihsa37 dan 19 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ih.sul
Halaman 1 dari 2
jujur satu satunya penyesalan saya adalah kenapa dulu saya pilih nama ih.sul buat jadi id? namanya nggak banget gitu emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
salinghantam dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
dari pada nama id nya ada B nya gan di depan emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan anakjahanam721 memberi reputasi
Diubah oleh aryanti.story
Lihat 2 balasan
Quote:


Haha sama kyk ane, nyesel kasi nama id iniemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aryanti.story dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 55 balasan
agan tipe2 kreator yg ga lolos review bakal request delete thread gak? emoticon-Leh Uga
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
Lihat 3 balasan
cerbung emoticon-Bingung (S)
cerita kecubung emoticon-Bingung (S)
profile-picture
profile-picture
putrateratai.7 dan ih.sul memberi reputasi
Lihat 3 balasan
wih keren nih, lanjut terus yak bikin trit2 menarik lainnya ... emoticon-Big Grin
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
Lihat 1 balasan
emoticon-Kolombiaemoticon-Kolombiaemoticon-Kolombia
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Tahniah ya gan.
emoticon-Selamat
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Mantab gan,penuh perjuangan emoticon-Shakehand2

Keep posting gan emoticon-Leh Uga
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
Diubah oleh dxstarz
Lihat 1 balasan
semangat mas
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
Lihat 1 balasan
keep posting, keep createemoticon-2 Jempol
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Mantap gan...

emoticon-Toast emoticon-Toast
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wkwkwk.. mantap gan B ihsul. lanjutkan. gw ttp baca trid2 lu koq.
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
Quote:

ah ane kalo ngetik KontoI gak kena sensor koq emoticon-Confused

emoticon-Shutup
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Quote:

emoticon-Ngakak

Quote:

emoticon-Ngakak

Quote:

emoticon-Ngakak
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
Keren Gan,
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
Perjuangan yg melelahkanemoticon-Big Grin
6000 word itu bukan maenemoticon-Ngakak (S)
Lihat 1 balasan
keep semangat gan ih sul walaupun perjuangannya bikin lelah
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
mantabbbb gan, lanjuuutkan emoticon-2 Jempol
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
tetap semangaat yaah
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di