CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Perencanaan Keuangan /
curhat dan saran seputar pembayaran angsuran asuransi/kredit di masa sulit
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee320bf8d9b1753ba6b9d45/curhat-dan-saran-seputar-pembayaran-angsuran-asuransi-kredit-di-masa-sulit

curhat dan saran seputar perencanaan keuangan di masa sulit

curhat dan saran seputar pembayaran angsuran asuransi/kredit di masa sulit
di masa sulit seperti sekarang ini, kita pasti tahu lah y...gimana sih kondisi dunia usaha, baik yang menjadi pengusaha ataupun karyawan ataupun freelance, sejak berita seputar pandemi corona merebak di pertengahan februari 2020 ini.
banyak banget dampak yang kita rasakan, mulai dari pengurangan produksi, pengurangan karyawan, penurunan omset dan laba dunia usaha, pemotongan gaji utk yg karyawan.
hal di atas tadi semua pastilah berdampak pada kantong pribadi masing2, yang punya duit banyak yah gak pusing, nah buat yang perencanaan keuangan ketat alias abis bulan lewat smua ini yang berat nih...
dari yang bisa pakai duit tanpa mikir sampai harus ubah lifestyle..
ane sedikit curhat nih, ane punya cicilan KPR dan asuransi (asuransi jiwa kan penting yah), mungkin saat semua berjalan sebagaimana mestinya hal2 di atas tidak menjadi soal.
jika dipikir berdasar skala prioritas kok nampaknya asuransi menjadi kurang "penting", walaupun sebenarnya jika dipikirkan asuransi juga penting, secara asuransi ini mengcover suatu yang tidak pasti (uncertain situation).
mau dikorbanin ehh brasa rugi juga udah jalan beberapa tahun, mau dijalanin brasa rada berat juga...nah serba salah kan.
klo KPR, aset kan, mau dikorbanin sayang, engga lanjut sayang...nahh lohhh,...berat tapi juga dijalanin.
kalo dari ane saran kita bisa lewat semua ini dengan beberapa cara :

ubah gaya idup
pasti gak mudah dari yang biasa nongky d setabak skrg musti makan roti tawar / bahkan gak makan...tapi mau gak mau ini salah satu caranya, menekan cost kita.

beli sesuatu yang pelu aja
diskon itu biasanya jadi kesenengan ibu2, padahal engga perlu dan masih banyak d rumah namun kita beli juga, kadang beli barang juga karena laper mata, setelah beli rasa penasaran jadi hilang. di olshop skrg makin banyak menawarkan promo juga kan, so kt harus lihat kebutuhan kita.

Gunakan tabungan
nah apabila selama ini agan sempet nabung rasanya cukup lah utk kt bisa lewatin ini, toh pemerintah kan juga berusaha keras, kt percayakan smuanya. yang jadi masalah gmn seandainya selama ini gak ada tabungan???nah repot juga nihh, brati ada yg salah dgn agan...
klo ane akan coba likuidasi beberapa set yg kira2 cukup likuid, hahaa...yah semisal motor ada 2 bisa 1 dijokul, atw mbl yahh yang tdk mengganggu oprasional kt lah (tp smoga jgn sampai dlm kondisi sprt ini)

cari sampingan yang bisa menghasilkan,
apapun itu, yang penting dapat menambah pemasukan kt (hati2 nih utk yg ini), krn klo salah malahan kt bs tenggelam lebih dalam. entah itu jualan online atau kecil2an yg ptg laba deh.
agak sulit sih di saat skrg ini, pasti agan pd nanya "modalnya"? kembali lg ke point atas, klo selama ini kt nabung brati adalah dikit modal...hehhee...

berdoa
nah ini keharusan, kadang kita inget sama Tuhan pas ud kejepit, kalo belom kt mrasa mampu dgn kekuatan kt, apapun kondisinya kita tetap harus berdoa.

nah pernah gak sih agan2 merasakan hal tersebut?hehe...boleh share dimari...komen2 agan ditunggu, salam sehat selalu.
Diubah oleh Fazco


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di