CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
KoinWorks dan Mandiri Manajemen Investasi Kelola Dana Pinjaman Jadi Investasi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee3171cf4d695473321a524/koinworks-dan-mandiri-manajemen-investasi-kelola-dana-pinjaman-jadi-investasi

KoinWorks dan Mandiri Manajemen Investasi Kelola Dana Pinjaman Jadi Investasi

KoinWorks dan Mandiri Manajemen Investasi Kelola Dana Pinjaman Jadi Investasi

KoinWorks bekerja sama dengan PT Mandiri Manajemen Investasi (MMI) untuk mengelola dana pemberi pinjaman (lender) yang akan diinvestasikan dalam instrumen pasar modal Reksa Dana Mandiri Investasi Pasar Uang 2 (MIPU2 T+0).

Bentuk kerja sama ini selaras dengan peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait dengan saldo kas pemberi pinjaman yang tidak diperkenankan mengendap selama lebih dari dua hari.

Benedicto Haryono, CEO dan co-founder KoinWorks, ingin menjadikan momen kerja sama ini untuk terus mendorong pertumbuhan investor pasar modal di Indonesia yang dimulai dari pengguna.

“Kami percaya bahwa selain menawarkan alternatif pendanaan di sektor produktif, pertumbuhan investor di pasar modal yang dapat dilihat dari pertumbuhan kepemilikan Single Investor Identification (SID) di Indonesia juga perlu ditingkatkan untuk mendorong perwujudan inklusi keuangan di Indonesia,” ujar Benedicto dalam keterangan tertulis.

Kerja sama ini juga memungkinkan para pemberi pinjaman KoinWorks menjadi investor pasar modal. Dengan dialirkannya dana ke MMI, maka pemberi pinjaman secara otomatis akan terkonversi dan tercatat juga sebagai nasabah MMI.

Endang Astharanti, Direktur Pemasaran dan Produk Mandiri Manajemen Investasi, mengungkapkan bahwa kerja sama ini dapat menjadi pintu masuk untuk memperbanyak jumlah investor pada instrument reksa dana.

“Secara dana kelolaan mungkin presentasenya kecil karena ticket size ritel itu tidak besar, tapi dari sisi user yang kita raih itu bisa 10.000 user baru,” ujar Endang dalam konferensi pers virtual.

Dana pemberi pinjaman yang mengendap selama lebih dari dua hari di KoinWorks akan secara otomatis dikonversi menjadi reksa dana yang dikelola oleh MMI. Proses seamless ini memudahkan user untuk menjadi pemberi pinjaman sekaligus investor.

Jika kedepannya pemberi pinjaman hendak melakukan pendanaan pun, dana dapat langsung digunakan.

“Produk Reksa Dana ini sangat inovatif dikarenakan likuiditasnya yang sangat tinggi dengan waktu transaksi T+0 atau same day settlement sehingga pencairan bisa dilakukan di hari yang sama,” tutur Alvin Pattisahusiwa, Direktur Utama PT Mandiri Manajemen Investasi.

KoinWorks merupakan perusahaan P2P Lending yang fokus pada pendanaan sektor produktif. P2P Lending merupakan bentuk investasi dengan menjadi pemberi pinjaman dengan return of investment (ROI) berupa bunga persenan dari pinjaman yang diberikan. Pada kuartal pertama 2020, KoinWorks tercatat telah menyalurkan pinjaman sebesar Rp307,14 miliar.

SUMBER
Diubah oleh indonesiatechid


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di