CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Entrepreneur Corner /
Mantap! Startup Parking Ini Terima Pendanaan dari AC Ventures
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee31636af7e932e8f5a080f/mantap-startup-parking-ini-terima-pendanaan-dari-ac-ventures

Mantap! Startup Parking Ini Terima Pendanaan dari AC Ventures

Mantap! Startup Parking Ini Terima Pendanaan dari AC Ventures

AC Ventures merupakan perusahaan modal ventura hasil kerja sama antara Agaeti dan Convergence Ventures. Mereka telah mengumumkan investasinya ke startup manajemen solusi parkir sepeda motor bernama Soul Parking. Pendanaan tahap awal ini juga diikuti Agaeti Venture dengan partisipasi sejumlah angel investor.

Soul Parking berencana menggunakan pendanaan baru mereka yang tak disebutkan nominalnya ini untuk menambah jumlah jaringan fasilitas parkir mereka. Saat ini, startup yang menawarkan jasa lahan parkir bertingkat di ruang lapang terbatas ini baru memiliki tiga lokasi di Jakarta. Rencananya mereka akan membuka 10 lokasi di masa yang akan datang.

Selain penambahan fasilitas layanan, modal tersebut juga akan dialokasikan untuk pembuatan aplikasi mobile yang berfungsi sebagai pelengkap fitur pembayaran lewat e-money, pemesanan spot parkir, dan pencarian fasilitas Soul Parking terdekat.

Soul Parking didirikan pada tahun 2019 oleh Kemas Ilham Akbar untuk mengatasi kebutuhan parkir motor yang terus mengalami peningkatan di kota-kota besar.

Mantap! Startup Parking Ini Terima Pendanaan dari AC Venturessoulparking.co.id

Menurut Kemas, merujuk data biro pusat statistik di tahun 2017, Indonesia memiliki pertumbuhan penggunaan sepeda motor yang naik hingga tujuh persen setiap tahun. 
Sebaran sepeda motor di negara ini diperkirakan lebih dari 120 juta unit kendaraan. 15 persennya berada di Jakarta sehingga menjadikannya salah satu kota dengan volume kendaraan terpadat.

Soul Parking hadir untuk menawarkan efisiensi lahan parkir motor lewat pemanfaatan ruang penyimpanan kompatibel berbentuk vertikal yang disebut CMS (Compact Motorcycle Storage).

Dengan lahan seluas kira-kira 60meter persegi, satu modul CMS dapat melayani parkir hingga 240 sepeda motor. Hal ini diklaim pihak Soul Parking jauh lebih efektif dibandingkan pemanfaatan ruas jalan yang kerap dimanfaatkan pengelola parkir motor konvensional.

Perkembangannya, startup ini juga melibatkan Operations AC Ventures, Kenneth Darmansjah yang bertindak sebagai CFO di Soul Parking. Kenneth sebelumnya menjabat Investments di Agaeti Venture Capital yang kini jadi pemodal Soul Parking.

Di Indonesia sendiri segmen pengelolaan parkir kendaraan telah menjadi salah satu ide bisnis yang menarik perhatian beberapa pemain dalam kurun waktu empat tahun terakhir.

Pada 2017, ada Smark yang menawarkan pemesanan akses parkir eksklusif di salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Jakarta. Ada juga startup lain seperti KlikParkir, dan Parkiran yang lebih dulu hadir namun sayangnya sudah tidak lagi beroperasi.

SUMBER
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 3 lainnya memberi reputasi
Tukang parkir konpensional dan tukang parkir liar bakal terganggu periuknya .....
Mudah2an tidak ada konflik seperti yang sudah2 antara gojek & grab vs ojek pangkalan
Masih baru. Nyimak dulu perkembangannya.
Kalau bagus, saya pakai.
terancam preman? ngga lah selama beda harga......klo ribut atau konflik berarti yang punya usaha tolol, gitu aja emoticon-Big Grin
Quote:


gimana bentuknya?..
kaya valet gitu?..
nanti dia yg markirin di dalam gedung/bangunan?..
emoticon-Bingung
Menarik juga ini sampe dapat pendanaan dari ac ventures, tapi ane baru denger namanya
bener sistem parkir bisa jadi bisnis yang menguntungkan mengingat volume kendaraan yang banyak
bagus sih.. ane penasaran ama mekanisme nya gimana, dimana lahan kecil bisa buat parkir banyak motor.. tp yg perlu diinget hal ini bisa bikin kecemburuan sosial golongan tertentu sih terutama tukang parkir..
kayak diluar negeri ya? keren sih kalo jadi
belum kebayang konsep nya kayak gimana ini startup, semoga bermanfaat aja dan gajadi keributan sama kang prit prit..


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di