CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / Handphone & Tablet /
Hati-Hati! Aplikasi Berbahaya yang Mengincar Android Meningkat Dua Kali Lipat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee31502f0bdb26a804709a5/hati-hati-aplikasi-berbahaya-yang-mengincar-android-meningkat-dua-kali-lipat

Hati-Hati! Aplikasi Berbahaya yang Mengincar Android Meningkat Dua Kali Lipat

Hati-Hati! Aplikasi Berbahaya yang Mengincar Android Meningkat Dua Kali Lipat

Banyaknya orang yang berdiam di rumah saat pandemi Covid-19 ini, membuat jumlah aplikasi berbahaya yang mengincar para pengguna Android ternyata mengalami kenaikan.

Firma sekuriti bernama Upstream mencatat adanya lebih dari 29.000 aplikasi Android berbahaya yang beredar pada kuartal pertama 2020. Angka itu naik drastis dari kisaran 14.500 aplikasi berbahaya yang tercatat pada periode yang sama tahun lalu.

Terlebih lagi, menurut Upstream, sembilan dari sepuluh aplikasi berbahaya tersebut bisa muncul di urutan teratas toko aplikasi Android Play Store. Itu artinya mereka bisa menembus sistem keamanan Play Store yang semestinya bisa menyaring program berbahaya.

Upstream menyampaikan bahwa sebagian besar aplikasi jahat yang ditemukan termasuk kategori hiburan, game, interaksi sosial, serta konsumsi konten seperti video player dan majalah/ koran.

“Dengan mayoritas penduduk dunia bergeser ke indoor, aktor-aktor jahat pun bergerak untuk meraup untung dari situasi lockdown,” ujar Geoffrey Cleaves, Kepala Secure-D Upstream dalam laporan di laman Upstream.

Aplikasi-aplikasi berbahaya tersebut bertujuan menghasilkan uang bagi pembuatnya dengan cara yang bermacam-macam. Ada yang diam-diam mengirim layanan SMS premium atau berlangganan konten berbayar. Ada juga yang menayangkan video iklan tanpa persetujuan pengguna.

Dari semua aplikasi berbahaya, Snaptube adalah salah satu aplikasi yang termasuk kategori pengunduh video dengan catatan 40 juta download. Meski sudah dilaporkan sejak Oktober 2019, aplikasi ini masih beredar di toko-toko aplikasi pihak ketiga hingga sekarang.

Begitu Snaptube terpasang di ponsel korban, aplikasi tersebut akan mulai berlangganan layanan premium tanpa seizin pengguna, lalu menampilkan iklan dan meng-klik sendiri iklan-iklan tersebut.

Android kerap menjadi incaran karena adanya fitur sideloading dan banyak sumber tak resmi yang bisa menjadi jalan masuk aplikasi berbahaya. Data Upstream untuk program berbahaya di kuartal pertama 2020 dikumpulkan dari 31 operator seluler di 20 negara.

SUMBER
profile-picture
profile-picture
profile-picture
doobey dan 3 lainnya memberi reputasi
nais trit gan,emoticon-Shakehand2
menginspirasi

Hati-Hati! Aplikasi Berbahaya yang Mengincar Android Meningkat Dua Kali LipatHati-Hati! Aplikasi Berbahaya yang Mengincar Android Meningkat Dua Kali LipatHati-Hati! Aplikasi Berbahaya yang Mengincar Android Meningkat Dua Kali LipatHati-Hati! Aplikasi Berbahaya yang Mengincar Android Meningkat Dua Kali LipatHati-Hati! Aplikasi Berbahaya yang Mengincar Android Meningkat Dua Kali Lipat
profile-picture
indonesiatechid memberi reputasi
berbahaya kalo di install dan diberikan akses permision semuanya, kalo gak ya cuman jadi berita saja.
contoh aplikasinya ga disebutin gan?
Untung gak punya hp
Lagi musim kan ya aplikasi begini.
ane dah lama pake snaptube dan sampe skrg fine² aja tuh....

emoticon-Bingung
itu snaptube udah lama kan lagian. kalo iklan mah ga usah ditanya hampir kebanyakan aplikasi free manapun apalagi donloader ditambahi iklan. emoticon-Malu

kalo soal youtube mah pake vanced uda pas. walau ga bisa pakai versi premiumnya penggunanya juga banyak dan mungkin minim resiko. emoticon-Ngakak
hoo baru tau ane, izin nyimak gan emoticon-Angkat Beer
ya begini ini kelemahannya android.. udah jd resiko sih.. kalo mau cari aman ya kaga usah instal apk yg aneh²..
idih, serem amat


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di