CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Singgung Floyd, Pemuda Papua Ingatkan Hak Hukum yang Sama
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee305ffc82084084a7ddcfc/singgung-floyd-pemuda-papua-ingatkan-hak-hukum-yang-sama

Singgung Floyd, Pemuda Papua Ingatkan Hak Hukum yang Sama

Singgung Floyd, Pemuda Papua Ingatkan Hak Hukum yang Sama

'

Jakarta, CNN Indonesia -- Tokoh pemuda Papua sekaligus Ketua Dewan Wilayah Pergerakan Indonesia Maju (DW-PIM) Samuel Tabuni mengatakan kasus rasialisme terhadap George Floyd mestinya membuat Pemerintah sadar soal kesetaraan hak warga Bumi Cendrawasih di depan hukum.

"Kami (warga Papua) memiliki hak yang sama sebagai warga negara Indonesia, kesamaan derajat di mata hukum," kata dia, dalam diskusi secara daring, Kamis (11/6).

Menurut dia, kasus-kasus yang menimpa orang Papua saat ini sudah dikategorikan sebagai kasus rasial. Namun, kata dia, ini tak kunjung diselesaikan.


Lihat juga: DPR Anggap Tak Relevan Kaitkan Papua dengan Kematian Floyd
"Karena rasial yang terjadi bagi orang Papua, turut disuarakan di mimbar-mimbar demonstrasi beberapa negara," kata Samuel, menyinggung soal demonstrasi anti-rasialisme akibat kasus Floyd yang terjadi di sejumlah negara.

Kata dia, bukan tidak mungkin muncul mimbar bebas yang turut menyuarakan rasialisme Papua setelah kasus Floyd.

"Istilahnya muncul perjuangan 'I need Freedom'," katanya.

Singgung Floyd, Pemuda Papua Ingatkan Hak Hukum yang Sama
Walhasil, sebagai warga asli Papua, dia berpandangan sudah seharusnya Indonesia menjadikan kejadian Floyd ini sebagai ladang pembelajaran untuk segera menyelesaikan berbagai kasus rasial yang dilakukan terhadap warga Papua.

Karena menurut dia kehadiran negara di Papua juga bukan hanya ditandai dengan menurunkan ribuan tentara TNI dan Polri.

"Kami puluhan tahun hidup di atas desingan peluru, emosi, trauma yang tidak akan terlupakan bagi kami yang melihat keluarga menjadi sasaran peluru," kata dia.


Sebab, kasus-kasus di Papua kerap diidentikkan dengan kelompok yang ingin lepas dari Indonesia, bukan persoalan ras.

Diketahui, sejumlah ratusan kasus dugaan pelanggaran HAM terjadi di Papua sejak lama. Kasus-kasus ini bercampur antara tuntutan kemerdekaan atau makar, kekerasan aparat, hingga kerusuhan massa.

sumber:https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200611194126-20-512414/singgung-floyd-pemuda-papua-ingatkan-hak-hukum-yang-sama

profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan jarnifatimah memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
tellu naif anda Samuel Tabuni.
Klo masalah hukum itu bukan masalah rasial
Tapi masalah do it
emoticon-Wakaka
profile-picture
adha memberi reputasi
Perasaan diindo semua sama ga mengenal warna kulit tapi duit
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Singgung Floyd, Pemuda Papua Ingatkan Hak Hukum yang Sama

'We are not monkeys, we are humans."

Singgung Floyd, Pemuda Papua Ingatkan Hak Hukum yang Sama

Singgung Floyd, Pemuda Papua Ingatkan Hak Hukum yang Sama

#monkeylivesmatter
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Diubah oleh ThinSkunk
Hak hukum sama kok.

Kan ga pernah ada kasus leher didengkul kayak yang di sana kan?

Jangan berlebihan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gundam.dynames dan 3 lainnya memberi reputasi
Orang kl udah ngerasa insecure baik itu fisik, nasib atau apapun itu selalu ngerasa dizolimi
Padahal kita bs liat ada bnyk orang sukses gak kenal kekurangan entah itu fisik atau hal lainnya
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Do it for your people
Do it for your pride
Salam dari keluarga pendatang yang kalain bunuh emoticon-Smilie
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
suka ngerusuh tapi gak mau tanggung jawab kalo di hukum emoticon-Najis
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
orang papua itu blm bs bedain hukum sama dimanapun

kena kasus aja minta diselesaikan secara adat bukan hukum pidana perdata
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan lupis.manis memberi reputasi
kalo di indo, jejak rekam kriminal floyd itu
sudah jadi alasan buat masyarakat,
untuk gebukin atau bakar floyd
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Hidup belasan tahun dalam desingan peluru katanya...yang muntahin pelor orang elu juga
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
emang ada orang papua yang sampe dibunuh2in di jawa atau di pulau2 lain?
kalo sebaliknya sih banyak kasusnya emoticon-Malu
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Selama ini kukira mereka yang rasis deh emoticon-Ngakak
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Always emoticon-Thinking

Suku, Ras & Agama

emoticon-I Love Indonesia

waktu dan tempat dipersilahkan untuk kibot warrior bebal dan gak ada otak penghuni dimari

emoticon-Kaskus Lovers
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Penjajahan modern

mau peaceful pun pasti langsung disamain OPM

Surga minoritas, katanya
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Diubah oleh rickreckt
Rasis gundul nenekmu, disini beli tanah bebas kau, coba kita beli tanah disana, anjinglah
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
maunya diperhatikan aje....yg ada pendatang dimusuhi...teman gw yg nanam nanas org papua yg manen....dibilang sama trman boleh ambil tapi jg banyak2...malah bawa karung ngambilnya malah ngancem kau bawa tanah kah dari sulawesi...
Kalau yg udah sering masuk sorong tau kelakuan nya...terutama korban penjualn pecel lele...emoticon-Ngakak

rasis bukan itu..bapa raja.emoticon-Leh Uga
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Diubah oleh jurumudi75
Silahkan lapor ke veronica kuman emoticon-Angkat Beer
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di