CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
KPK Berharap Hakim Vonis Maksimal Bagi Penyerang Novel Baswedan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee305d1337f934fd5187570/kpk-berharap-hakim-vonis-maksimal-bagi-penyerang-novel-baswedan

KPK Berharap Hakim Vonis Maksimal Bagi Penyerang Novel Baswedan

KPK Berharap Hakim Vonis Maksimal Bagi Penyerang Novel Baswedan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengharapkan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara menjatuhkan vonis maksimal bagi dua terdakwa penyerang penyidik KPK Novel Baswedan.

"KPK berharap majelis hakim akan memutus dengan seadil-adilnya dengan menjatuhkan hukuman maksimal sesuai dengan kesalahan dan perbuatan yang terbukti nantinya serta mempertimbangkan rasa keadilan publik, termasuk posisi Novel Baswedan sebagai korban saat menjalankan tugasnya menangani kasus korupsi," ujar Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, di Jakarta, Jumat (12/6).

Ia mengatakan kasus Novel tersebut merupakan ujian bagi rasa keadilan dan nurani sebagai penegak hukum karena secara nyata ada penegak hukum, yakni pegawai KPK yang menjadi korban ketika ia sedang menangani kasus-kasus korupsi besar saat itu.

"Kami juga telah mendengar tuntutan JPU (jaksa penuntut umum) yang menuntut para terdakwa dengan hukuman penjara selama 1 tahun dalam perkara penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan," ujar Ali seperti dilansir Antara.

KPK, lanjut Ali, juga memahami kekecewaan Novel sebagai korban terkait tuntutan yang rendah dan pertimbangan-pertimbangan serta amar dalam tuntutan tersebut.

"Kami juga mendengar suara publik yang banyak menyesalkan hal tersebut. Kami menyerukan kembali pentingnya perlindungan bagi para penegak hukum dalam menjalankan tugasnya," ujar Ali.

Sebelumnya, Ronny Bugis dan Rahmat Kadir Mahulette selaku dua orang terdakwa penyerang Novel dituntut 1 tahun penjara, karena dinilai terbukti melakukan penganiayaan terencana yang mengakibatkan luka-luka berat.

"Menuntut supaya hakim pengadilan tindak pidana korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Utara menyatakan terdakwa Roni Bugis terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana secara bersama-sama yaitu melakukan perbuatan penganiayaan dengan rencana lebih dahulu yang mengakibatkan luka-luka berat sebagaimana dakwaan subsider. Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Roni Bugis berupa pidana penjara selama 1 tahun dengan perintah supaya terdakwa tetap ditahan," kata Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Jakarta Utara Ahmad Fatoni, di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Kamis (11/6).

Tuntutan itu berdasarkan dakwaan Pasal 353 ayat (2) KUHP jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. "Hal-hal yang memberatkan, terdakwa telah mencederai institusi Polri. Hal yang meringankan, terdakwa belum pernah dihukum, mengakui perbuatan, bersikap kooperatif dan mengabdi sebagai anggota Polri selama 10 tahun," kata jaksa.

Sedangkan rekan Ronny, Rahmat Kadir Mahulette juga dituntut 1 tahun penjara.



profile-picture
profile-picture
nona212 dan 54m5u4d183 memberi reputasi
gak apa2 juga klo dihukum ringan, asal mau mengungkapkan siapa aktor intelijennya. lol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
ya itu, vonis maksimalnya satu tahun...


salam dagelan...

emoticon-Leh Uga
profile-picture
jangan.lupa memberi reputasi
Maksimal satu tahun. Plus remisi akhir tahun nanti. emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan berbohong memberi reputasi
Ya elah pak pak,semua penegak hukum emang dari dulu mandul kali,termasuk KPK sendiri emoticon-Wakaka


Bat@!
profile-picture
buron.warteg memberi reputasi
Belum putusan hakim, baru tuntutan jaksa udah rame digoreng, apalagi kalau ntar putusan hakim ngak jauh dari tuntutan jaksa, wuah sebuah peluang bagi pihak oposisi.
profile-picture
buron.warteg memberi reputasi
Lihat 1 balasan
KPK Berharap Hakim Vonis Maksimal Bagi Penyerang Novel Baswedan

New KPK atau old KPK ini yang minta??
Jadi begitu harapan KPK.
itu udah maksimal emoticon-Ngakak
Saya berharap kpk.bubar aja..biarkan negara ancur.karena korupsi....
Nyawa anda dan keluarga anda lebih penting...
Salam indonesia hebat
profile-picture
profile-picture
bengukrawe dan amiruls.lee memberi reputasi
Ya maksimalnya setaun doang. Wkwkwk
Cuma kambing Hitam ini
paling nanti vonis hakim jatuhnya 4 bulan tahanan.. dipotong masa tahanan yg sudah dilaksanakan dan remisi hari besar nasional jadi...........emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Wakakaemoticon-Wkwkwk


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di