CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Indonesia Dilirik AS dan Jepang untuk Relokasi Industrinya dari Cina
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee30086a2d19554c90f1712/indonesia-dilirik-as-dan-jepang-untuk-relokasi-industrinya-dari-cina

Indonesia Dilirik AS dan Jepang untuk Relokasi Industrinya dari Cina

Pandemi COVID-19 menyadarkan banyak negara bahwa ketergantungan pasokan industri terhadap Cina sangat besar. Kegiatan produksi yang "macet” di tengah pandemi membuat sejumlah perusahaan besar yang sebelumnya mengandalkan barang produksi dari Cina, mulai merelokasi pabriknya ke tempat lain.

Meski Cina memegang peranan kuat dalam sektor industri global, namun negara itu juga tak luput dari masalah ekonomi akibat gempuran wabah COVID-19, seperti kebanyakan negara lainnya di dunia.

Kesulitan ekonomi global juga diperparah dengan perseteruan berkepanjangan antara dua negara dengan kinerja ekonomi terbesar di dunia, yakni Cina dan AS.

Meningkatnya ketegangan akibat perang dagang dan tudingan-tudingan AS terhadap Cina sebagai "biang kerok” wabah COVID-19, membuat perusahaan-perusahaan besar AS berencana merelokasi pabrik mereka dari Cina ke negara-negara Asia Tenggara.

RI dilirik AS dan Jepang

RI persiapkan kawasan industri di Batang
Di masa pandemi COVID-19, dilaporkan bahwa AS mengandalkan 90 persen dari bahan baku produk obat-obatan yang berasal dari impor. Tak kurang dari 60 persen bahan baku obat-obatan itu berasal dari Cina dan 30 persennya dari India.

Oleh karena itu, Luhut mengatakan pemerintah AS berencana merelokasi industri farmasinya dari Cina ke Indonesia.

Pemerintah Indonesia menyiapkan kawasan industri di Batang, Jawa tengah untuk "menampung” pabrik milik perusahaan AS dan Jepang yang akan direlokasi dari Cina. Daerah Batang dipilih karena ketersediaan lahan dan infrastruktur pendukung lainnya.

Namun, direktur pelaksana dan mitra senior Boston Consulting Group yang berkantor di Jakarta, Yulius, memperingatkan dalam situasi pandemi kemungkinan para investor akan lebih teliti dalam memeriksa kesiapan dan tanggapan pemerintah Indonesia ketika menilai opsi relokasi.

https://www.tempo.co/dw/2725/indones...inya-dari-cina

Ih genit lirik2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 4 lainnya memberi reputasi
nah berkah
profile-picture
Gohgohda memberi reputasi
Ya bagus, alhamdulillah, kabar baik, lagian juga pemerintahan Jokowi selama hampir 5 tahun kemarin juga gencar bangun infrastruktur dan Jokowi juga meminta agar aturan² terkait investasi tidak mempersulit, pada dasarnya Indonesia terbuka bagi investor mana aja buat investasi.
Jadi kacung di negara sendiri
Lihat 1 balasan
vietnam lebih seksi


awal awalnya doang lirik tapi realisasinya eenggak

dulu eke pernah tuh baca berita pabrik foxconn mau buka perusahaan di indonesia untuk rakit ponsel iphone

awalnya doang bilang tertarik tapi ga jadi karena banyak syarat tapi fasilitas ga sebanding

waktu itu klo ga salah tu pabrikan minta akses khusus jalanan ke bandara untuk ekspor (ekspor ga boleh telat kali ya, secara mau beli keluaran terbaru aja ngantrinya kaya ular) tapi ga sanggup pemerintahnya
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan galuhsuda memberi reputasi
Dilirik bukan berarti tertarik. Lirik cewek bukan berarti ceweknya cantik.

Llo pakai logika, maka bakal pindah ke taiwan or vietnam, knp? Karena mereka sukses lawan covid dan harga murah serta gak ada gejolak2 protes buruh.
profile-picture
profile-picture
qavir dan galuhsuda memberi reputasi
Lihat 1 balasan
rudal china lagi diarahkan ke taiwan
vietnam seperti indonesia di zaman orba, ga ada yg tau apa yg trjadi didalamnya, mungkin lebih korup dari indonesia tapi ga keliatan karna semua diawasi mata pemerintah dan militer
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan saokuda memberi reputasi
Meski cuma lirikan tp hrs dimanfaatkan sebaik2nya. Dan jgn cuma nyiapin Batang, coba promosikan Kulon Progo jg krn waktu Pak Hasto msh bupati (skrg Kepala BKKBN) dia berhasil mengundang investor Singapura buat bikin pabrik obat di sana (sempat dipersulit oleh Dinas ESDM propinsi). Siapa tahu ini bisa jd poin menarik bagi investor baru, apalagi opung yg jd Menko jd org2 ESDM nggak berani macem2 lagi emoticon-Big Grin
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
Ujung2nya lari ke vietnam..
bagus buat ekonomi negara


gk bagus buat kesejahteraan rakyat jngka panjang

terutama saat krisis ekonomi di masa depan
Palingan juga milih Vietnam atau Kamboja atau Thailand
semoga terlaksana , toh pabrikan otomotif jepang aja nggak mau pindah ke ASEAN , apalagi ke indonesia ,
tentu bagus banget kalau pindah kesini untuk menyerap tenaga kerja
Sementara mayoritas industri manufaktur kita masih mengandalkan raw material dari China.

Industri elektronika dan tekstil misalnya,
Langsung kolaps setelah pasokan raw materials dari China terhenti karena pandemic.

Bagian purchasing di tempat gw ampe pusing karena pasokan benang dari China mandeg.
Mau ambil dari Taiwan, harga gak masuk.
Ambil dari lokal gak ada stok karena bahan baku pembuatan benang juga dari China, mandeg juga.
emoticon-Cape d...

Kalo pun benar AS dan Jepang mindahin pabrik ke sini,
Tapi suplai bahan baku masih bergantung ke China, bakalan susah juga.
profile-picture
profile-picture
qavir dan galuhsuda memberi reputasi
tapi prakteknya nunggu pilpres amrik nov besok
klo si bemokrat menang, g bakal relokasi
khan biden dan bemokrat temennya cinak emoticon-Big Grin
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
buktinya nanti 0 besar juga.
Bgus dech.bsa mngurangi pngangguran dan mningkatkan perekonomian kita.kita tnggu pra investor dtang.
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
bagus lah kalau bener....emoticon-I Love Indonesia
Bagus lah. Semoga terealisasi sehingga menjadi angin segar bagi masyarakat yg kena PHK kemarin


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di