CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
5 Keunikkan Rumah Joglo: Beda Dari Yang Lain!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee2eb580577a93087639571/5-keunikkan-rumah-joglo-beda-dari-yang-lain

5 Keunikkan Rumah Joglo: Beda Dari Yang Lain!

5 Keunikkan Rumah Joglo: Beda Dari Yang Lain!
emoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot News

Setiap rumah adat pastinya memiliki keunikkannya masing-masing. Keunikkan dan perbedaan inilah yang membuat Indonesia semakin kaya akan budayanya.

Sama halnya dengan rumah adat Joglo. Rumah ini juga memiliki arsitektur yang sangat identik dengannya. Sekali melihat, pasti kalian akan tahu kalau itu adalah rumah adat Joglo.

5 Keunikkan Rumah Adat Joglo Yang Harus Kamu Ketahui


5 Keunikkan Rumah Joglo: Beda Dari Yang Lain!

Meskipun sudah terkenal namanya dimana-mana, kebanyakan orang belum tahu akan informasi tentang rumah adat Joglo.
Karena itu, yuk ketahui lebih dalam tentang rumah Joglo lewat artikel ini.

1.Arsitektur Bangunan

Meskipun rumah ini dibangun pada zaman dahulu, namun rumah ini tetap bisa menampilkan pesonanya lewat arsitektur yang sangat menarik.

Segala sesuatu yang dibangun didalamnya selalu mengedepankan tentang filosofi Jawa yang harus dipenuhi.

Selain itu, rumah ini juga dibuat dengan susunan kayu yang sangat proporsional, tak heran jika setiap bangunannya terbentuk dengan bagian yang selalu sebanding.

Arsitektur rumah joglo terbilang unik karena menggambarkan segala sesuatu tentang kehidupan dan aktivitas masyarakat Jawa.

2.Terdapat Pager Mangkok

Kalau biasanya pagar dibuat dengan bilahan bambu atau kayu yang disusun mengelilingi rumah, lain halnya dengan rumah Joglo yang membuat pagar dari tanaman perdu dengan ketinggian tidak mencapai 1 meter.

Hal inilah yang dinamakan sebagai pager mangkok yang memiliki makna rumah sebaiknya tidak dipagar agar masyarakat saling berbaur.

3.Pintu Utama
5 Keunikkan Rumah Joglo: Beda Dari Yang Lain!
Pintu utama dari rumah ini sangatlah unik karena dibuat di tengah rumah. Posisi pintu akan selalu sejajar dengan ruangan bagian belakang.

Sama halnya dengan bagian bangunan yang lain, pintu utama yang di pasang di tengah rumah ini juga memiliki filosofi bahwa masyarakat Jawa memiliki sikap keterbukaan antara satu sama lain.

Masyarakat Jawa dengan senang hati menerima tamu bahkan menyuruh tamunya menganggap seperti rumah sendiri.

4.Teras Dengan Empat Tiang

Pada bangunan depan rumah Joglo, pasti ada teras yang luas. Teras ini memiliki empat tiang dengan bentuk segiempat yang memanjang.

Orang Jawa memiliki rasa kekeluargaan tinggi, oleh sebab itu mereka membangun teras ini sebagai tempat berkumpul dengan orang lain.

Bangunan teras ini memiliki makna bahwa sesama saudara atau tetangga harus selalu membangun hubungan yang baik dan bersosial.

5.Memiliki Banyak Jendela Besar

Rumah joglo terkenal dengan jumlah jendelanya yang memiliki ukuran besar. Desain pada jenla rumah ini merupakan warisan Belanda yang di kembangkan oleh perancang Jawa.

Jika dihitung, rumah ini memiliki puluhan jendela jika dihitung dari bagian depan, belakang, kanan, dan kiri rumah.

Karena jendelanya yang besar, udara yang masuk akan lebih banyak. Oleh sebab itu, suasana di dalam rumah terasa sangat segar.

Itulah sedikit informasi mengenai keunikkan dari rumah adat Joglo. Tentu saja rumah ini masih sangat dijaga dan dilestarikan agar tidak rusak. Semoga artikel ini bermanfaat.

JANGAN LUPA

emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Imlekemoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh pesonaindo2020
Joglo itu singkatan Jogja-Solo buka ya?
Tiap main ke temen yg rumahnya joglo ini selalu kagum. Kok bisa orang jaman dulu bikin konsep rumah sebagus ini. Filosofis pula rumahnya emoticon-Ngakak
Kilain unik kalena olangnya bobokan dilual.
emoticon-Leh Uga


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di