- Beranda
- Komunitas
- Automotive
- Otomotif
Avante H7 Single Glass : Penawar Rindu Para Penumpang Bus Yang Suka Duduk Didepan


TS
si.matamalaikat
Avante H7 Single Glass : Penawar Rindu Para Penumpang Bus Yang Suka Duduk Didepan
Tren bus double glass (kaca tumpuk) sering juga disebut juga sebagai bus bertopi atau berbando, memang menjadi idola saat ini dikalangan pengusaha bus. Apalagi setelah munculnya bus dengan kaca tumpuk pertama tahun 2015.
Para karoseri berlomba-lomba membuat body bus dengan sekat kacanya, memang terlihat keren dan gagah dari luar. Terlihat seperti bus tingkat, namun faktanya tidak sama sekali. Tapi minusnya adalah ketika kita naik bus bertopi, pandangan kita akan terhalang oleh sekat kacanya. Bagi ane yang suka duduk dibangku depan, memang hal ini agak menyiksa gan sist.
Karena tidak bisa memandang dengan luas, tapi ane bukan owner bus. Sebagai penumpang harus pasrah mengikuti tren yang ada, tapi baru-baru ini muncul bus tanpa bando. Body bus ini menawarkan pandangan yang luas kedepannya, tanpa ada sekat kaca. Body ini dirilis bulan Mei kemarin, saat tengah pandemi corona. Langsung saja kita ke intinya inti dari tulisan ini.
Avante H7 Single Glass
Nama body bus ini adalah Avante H7 Single Glass, yang dibuat oleh karoseri Tentrem, di Malang. Body ini sempat viral, karena tidak memakai bando (sekat kaca) pada bagian kaca depannya. Sebelum membahas lebih lanjut body Avante ini, mungkin bagi kalian yang belum tahu soal karoseri, ane akan menjelaskannya sedikit
Karoseri adalah tempat pembuatan body bus gan sist, mulai dari eksterior sampai interior.
Jika sebuah PO bus membeli mesin bus baru, mereka cuma dapat rangka dan mesin saja. Untuk itu mereka perlu pergi ke karoseri, untuk membuat body bus mereka. Sekaligus di karoseri nanti rangka tersebut akan dipasangi kursi, AC, dashboard, dan toilet.

Avante H7 Single Glass
Sumber
Contoh karoseri di Indonesia beberapa diantaranya ada di Kota Malang, contohnya : Morodadiprima (yang paling tua), Adiputro (yang paling laris), Tentrem (yang mulai laris). Yang akan ane bahas kali ini adalah produknya Tentrem gan sist dari Kota Malang tentunya, semoga sudah paham dengan apa yang dimaksud dengan karoseri ya.
Avante H7 Single Glass ini masih satu generasi dengan Avante H7 Double Glass, dimana bagian body dan lampu belakangnya dibuat sama dengan milik Avante H7 yang memakai sekat kaca. Cuma divarian ini, yang membedakan adalah bagian kaca depannya tidak memakai sekat kaca. Body bus ini bisa dibilang gado-gado gan sist, karena mengkombinasikan beberapa desain body bus yang diproduksi oleh karoseri Tentrem sebelumnya.

Avante H7 milik Pertamina.
Sumber
Bagian depannya menggunakan milik desain Avante H9, termasuk lampu depannya. Sementara bagian sampingnya, termasuk selendangnya menggunakan body milik Scorpion X. Nuansa Scorpion X pada Avante H7 ini memang terasa sekali gan sist, FYI Scorpion X sendiri adalah body yang dulu sempat diproduksi Tentrem tahun 2013 ke atas.

Bagian depan mengadopsi Avante H9
Sumber

Bagian belakang mengadopsi milik saudara tuanya, Avante H7
Sumber

Bagian samping mengadopsi milik Scorpion X.
Sumber
FYI istilah selendang yang ane maksud diatas adalah bentuk grill berupa garis melengkung dan memanjang disamping body bus dan terbuat dari alumunium biasanya, selendang disini bukannya selendang bidadari apalagi selendangnya Jaka Tarub.
Setiap karoseri punya bentuk selendang masing-masing, dan itu menjadi ciri khas karoseri tersebut sampai sekarang. Selendang sendiri merupakan variasi disamping body bus, untuk membedakan produk bodynya dengan merek body bus yang lain. Lebih jelasnya bisa dilihat pada foto ini ya

Yang dimaksud selendang, dilingkari warna merah.
Sumber
Sang Penawar Rindu
Walau body bus tanpa bando ini baru dipakai oleh pihak Pertamina, tapi ane harap kedepan produk dari Tentrem ini bisa laris dipasaran gan sist. Untuk mengakhiri era bus berbando di Indonesia, sehingga para penumpang yang hobi duduk didepan bisa kembali menikmati nyamannya perjalanan.
Memang produk bus bertopi ini lagi ngetren di Indonesia mulai 5 tahun terakhir, tren ini berawal di Eropa dan merambah ke Indonesia sampai sekarang. Meski memproduksi body tanpa bando, Tentrem tetap memproduksi body dengan sekat kaca yang saat ini digemari pasar. Body Avante dsngan sekat kaca milik Tentrem menjadi favorit ane, karena sekatnya tidak begitu besar. Walau ada sekat, kita masih bisa memandang dengan luas.

Produk bus bertopi yang laris, hayo fokus ke busnya ya
Sumber
Avante H7 Single Glass milik Pertamina ini dibangun diatas chasis Hino RK 8 (R260), untuk body Avante ini menghabiskan biaya sekitar 2,2 M gan sist. Pembuatan body bus ini memang mahal, karena banyak sekali hal mendetail yang harus dipasangkan pada rangka bodynya. Harga segitu bagi para pengusaha PO bus dianggap wajar, mengingat spesifikasi body bus yang ditawarkan juga jempolan.
Semoga tren body bus berbando segera berlalu, sehingga kita bisa menikmati indahnya perjalanan tanpa adanya halangan. Dan ane berharap hadirnya Avante H7 Single Glass ini, bisa menjadi pelopor bus tanpa sekat kaca di Indonesia.

Sumber
Para karoseri berlomba-lomba membuat body bus dengan sekat kacanya, memang terlihat keren dan gagah dari luar. Terlihat seperti bus tingkat, namun faktanya tidak sama sekali. Tapi minusnya adalah ketika kita naik bus bertopi, pandangan kita akan terhalang oleh sekat kacanya. Bagi ane yang suka duduk dibangku depan, memang hal ini agak menyiksa gan sist.
Karena tidak bisa memandang dengan luas, tapi ane bukan owner bus. Sebagai penumpang harus pasrah mengikuti tren yang ada, tapi baru-baru ini muncul bus tanpa bando. Body bus ini menawarkan pandangan yang luas kedepannya, tanpa ada sekat kaca. Body ini dirilis bulan Mei kemarin, saat tengah pandemi corona. Langsung saja kita ke intinya inti dari tulisan ini.
Avante H7 Single Glass
Nama body bus ini adalah Avante H7 Single Glass, yang dibuat oleh karoseri Tentrem, di Malang. Body ini sempat viral, karena tidak memakai bando (sekat kaca) pada bagian kaca depannya. Sebelum membahas lebih lanjut body Avante ini, mungkin bagi kalian yang belum tahu soal karoseri, ane akan menjelaskannya sedikit
Karoseri adalah tempat pembuatan body bus gan sist, mulai dari eksterior sampai interior.
Jika sebuah PO bus membeli mesin bus baru, mereka cuma dapat rangka dan mesin saja. Untuk itu mereka perlu pergi ke karoseri, untuk membuat body bus mereka. Sekaligus di karoseri nanti rangka tersebut akan dipasangi kursi, AC, dashboard, dan toilet.

Avante H7 Single Glass
Sumber
Contoh karoseri di Indonesia beberapa diantaranya ada di Kota Malang, contohnya : Morodadiprima (yang paling tua), Adiputro (yang paling laris), Tentrem (yang mulai laris). Yang akan ane bahas kali ini adalah produknya Tentrem gan sist dari Kota Malang tentunya, semoga sudah paham dengan apa yang dimaksud dengan karoseri ya.
Avante H7 Single Glass ini masih satu generasi dengan Avante H7 Double Glass, dimana bagian body dan lampu belakangnya dibuat sama dengan milik Avante H7 yang memakai sekat kaca. Cuma divarian ini, yang membedakan adalah bagian kaca depannya tidak memakai sekat kaca. Body bus ini bisa dibilang gado-gado gan sist, karena mengkombinasikan beberapa desain body bus yang diproduksi oleh karoseri Tentrem sebelumnya.

Avante H7 milik Pertamina.
Sumber
Bagian depannya menggunakan milik desain Avante H9, termasuk lampu depannya. Sementara bagian sampingnya, termasuk selendangnya menggunakan body milik Scorpion X. Nuansa Scorpion X pada Avante H7 ini memang terasa sekali gan sist, FYI Scorpion X sendiri adalah body yang dulu sempat diproduksi Tentrem tahun 2013 ke atas.

Bagian depan mengadopsi Avante H9
Sumber

Bagian belakang mengadopsi milik saudara tuanya, Avante H7

Sumber

Bagian samping mengadopsi milik Scorpion X.
Sumber
FYI istilah selendang yang ane maksud diatas adalah bentuk grill berupa garis melengkung dan memanjang disamping body bus dan terbuat dari alumunium biasanya, selendang disini bukannya selendang bidadari apalagi selendangnya Jaka Tarub.
Setiap karoseri punya bentuk selendang masing-masing, dan itu menjadi ciri khas karoseri tersebut sampai sekarang. Selendang sendiri merupakan variasi disamping body bus, untuk membedakan produk bodynya dengan merek body bus yang lain. Lebih jelasnya bisa dilihat pada foto ini ya


Yang dimaksud selendang, dilingkari warna merah.
Sumber
Sang Penawar Rindu
Walau body bus tanpa bando ini baru dipakai oleh pihak Pertamina, tapi ane harap kedepan produk dari Tentrem ini bisa laris dipasaran gan sist. Untuk mengakhiri era bus berbando di Indonesia, sehingga para penumpang yang hobi duduk didepan bisa kembali menikmati nyamannya perjalanan.
Memang produk bus bertopi ini lagi ngetren di Indonesia mulai 5 tahun terakhir, tren ini berawal di Eropa dan merambah ke Indonesia sampai sekarang. Meski memproduksi body tanpa bando, Tentrem tetap memproduksi body dengan sekat kaca yang saat ini digemari pasar. Body Avante dsngan sekat kaca milik Tentrem menjadi favorit ane, karena sekatnya tidak begitu besar. Walau ada sekat, kita masih bisa memandang dengan luas.

Produk bus bertopi yang laris, hayo fokus ke busnya ya

Sumber
Avante H7 Single Glass milik Pertamina ini dibangun diatas chasis Hino RK 8 (R260), untuk body Avante ini menghabiskan biaya sekitar 2,2 M gan sist. Pembuatan body bus ini memang mahal, karena banyak sekali hal mendetail yang harus dipasangkan pada rangka bodynya. Harga segitu bagi para pengusaha PO bus dianggap wajar, mengingat spesifikasi body bus yang ditawarkan juga jempolan.
Semoga tren body bus berbando segera berlalu, sehingga kita bisa menikmati indahnya perjalanan tanpa adanya halangan. Dan ane berharap hadirnya Avante H7 Single Glass ini, bisa menjadi pelopor bus tanpa sekat kaca di Indonesia.

Sumber
Referensi: sini.dan sini
Ilustrasi: google image
Diubah oleh si.matamalaikat 12-06-2020 01:41






tien212700 dan 38 lainnya memberi reputasi
39
9.4K
75


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan