KOMUNITAS
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
Home / FORUM / All / Hobby / Hobby & Community /
#Kenapasih Suara Setiap Orang Itu Berbeda
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee2207baf7e9341b572736c/kenapasih-suara-setiap-orang-itu-berbeda

#Kenapasih Suara Setiap Orang Itu Berbeda

#Kenapasih Suara Setiap Orang Itu Berbeda
Alamy

Pernah gak kamu kepikiran, kenapa sih suara setiap orang itu berbeda? Bahkan anak kembar identik sekalipun punya suara yang berbeda. Apasih penyebabnya?

Nah, kali ini kita akan membahas tentang penyebab berbedanya suara setiap orang baik itu saat berbicara maupun bernyanyi. Ada orang yang bersuara lembut, ada yang melengking, dan ada juga yang sengal dsb.

Yang pertama perlu kamu ketahui adalah, darimana suara itu berasal.

Suara berasal dari kotak suara yang bergetar. Jadi, ketika kamu menarik napas udara akan masuk ke paru-paru, maka diafragma akan menurun dan tulang rusuk akan mengembang. Kemudian, saat kamu menghembuskan napas, maka udara yang keluar dari paru-paru akan memberikan energi kepada pita suara yang terletak di kotak suara kamu atau disebut juga laring, lalu kotak suara yang dilewati aliran udara ini akan bergetar. Nah getaran inilah yang akan menghasilkan suara, namun masih berupa dengungan alias belum terbentuk suatu kata. Ketika dengungan ini di lanjutkan ke organ resonator seperti rongga mulut, barulah suara diubah menjadi kata-kata sesuai dengan sinyal otak yang membentuk mulut untuk mengucapkan suatu huruf/kata/kalimat.

Tapi apa sih laring atau kotak suara itu?

#Kenapasih Suara Setiap Orang Itu Berbeda
Grid Health

Kotak suara itu sebetulnya tidak berbentuk kotak lho!.

Kotak suara atau disebut juga dengan laring ( voicebox ) merupakan organ yang dimiliki oleh mamalia dan terletak di leher ( di atas tenggorokan ) berfungsi untuk melindungi jalur pernapasan agar tidak ada benda asing yang masuk, juga melindungi trakea sekaligus terlibat dalam produksi suara.

Pada laring terletak 2 pita suara ( vocal cord ), pita suara sendiri adalah jaringan elastis yang akan membuka ketika bernapas dan menutup saat makan dan mengeluarkan suara.

Dengan teksturnya yang lembut dan berhimpitan, maka pita suara akan bergetar ketika ada aliran udara yang melaluinya. Semakin rapat pita suaranya, maka suara yang dihasilkan akan semakin kencang atau tinggi.

Kemudian, getaran yang dihasilkan oleh pita suara akan di terjemahkan oleh resonator atau mulut kita. Maka terciptalah suara untuk berbicara, bernyanyi, dll.

Nah terus kenapa suaranya bisa beda-beda yah?

Suara manusia bisa berbeda-beda karena berbedanya bentuk, ketebalan, dan kerapatan dari pita suara setiap orangnya.
Pita suara laki-laki cenderung lebih tebal, ukurannya ± 17,5 mm - 25 mm. Sedangkan wanita memiliki ukuran pita suara ± 12,5 mm - 17,5 mm.
Faktor ini pula yang menyebabkan suara laki-laki dan perempuan berbeda, karena biasanya suara laki-laki cenderung lebih berat dan nadanya rendah. Sedangkan perempuan memiliki suara yang lebih beragam ada yang melengking, ada yang tipis, halus, walaupun ada juga perempuan yang suaranya berat.
Selain itu juga manusia memiliki bentuk rahang, mulut, posisi gigi, danatau organ resonator yang khas pada masing-masing orangnya.

Nah itulah beberapa hal yang menyebabkan kenapa suara masing-masing orang itu berbeda-beda, ada yang berat, ada yang melengking, ada yang serak, dan lainnya. Suara yang dihasilkan ini selain digunakan untuk berbicara juga bisa digunakan untuk bernyanyi.

Tapi pernah gak sih saat kamu mendengar rekaman suara kamu baik saat bernyanyi maupun berbicara nampak aneh dan tidak seperti suara yang kamu hasilkan? Yuk simak penjelasannya tentang #kenapasih suara kita terdengar aneh saat di rekam di thread selanjutnya yah.


Semoga thread ini bisa menambah pengetahuan kalian yah. Buat kalian yang penasaran juga #kenapasih suara kita terdengar aneh saat direkam, bisa baca juga thread selanjutnya yah.

Baca disini :
#kenapasih suara kita jadi aneh saat direkam


Referensi :
Wikipedia.org
Hellosehat.com
Bobo.grid.id
profile-picture
profile-picture
profile-picture
konodioda dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Dheafriliani
Halaman 1 dari 2
Kalau sama repot gaes
Itukah salah satu tanda kebesaran Tuhan yang maha esa
profile-picture
7kamiya7 memberi reputasi
yah, kl pas mirip semua, gak indah nih hidup gan
Nyimak aja dah ane mah emoticon-Cendol (S)
Diubah oleh killswitchbleed
tp entah knp kalau denger suara sendiri lewat rekaman, suaranya berasa asudahlah emoticon-Leh Uga
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
tapi kata cewe yg sedang marah semua laki laki sama saja
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Trus gw mikir ya masa suara orang sama semua wkwkwk
waa terimakasih infonya gan..
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
ada gan yg bagi ane sama semua suaranya, apa coba??
suara mbak call center dimana saja, bagi ane smuanya sama,
iya sama...
sama2 bikin betah buat berlama2 emoticon-Malu emoticon-Leh Uga
keren banget ciptaan Tuhan emoticon-Matabelo
Hebat ya triliunan manusia tapi gak ada yang sama suaranyaemoticon-Matabelo
profile-picture
oktayosita memberi reputasi
ane punya temen yg suaranya khas bgt, wujud orangnya aja belom nongol tp klo temen2nya udh denger suaranya duluan.. pasti udh ketebak nih oasti oegnya nih. dan sejauh ini baru ketemu 2 org yg punya suara kek gt
ntar kalo suaranya sama jdi bingung yng asli yng mana emoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
suaraaaa dengarkan lah akuu
hmmm, menarik.. berarti orang yang bisa niruin persis suara orang lain itu jago dan elastis banget yaa?? hahaha emoticon-Bingung
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
karena berbeda-beda itu membuat hidup jadi lebih berwarna #asek
oke, sesama pembaca bobo, balas cendol gan
profile-picture
Dheafriliani memberi reputasi
Yaaa kalo sama semua indonesian idol, gak ada yangg nnton
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di