CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jokowi Disomasi karena Harga BBM Tidak Turun
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee0f026a2d1952154291271/jokowi-disomasi-karena-harga-bbm-tidak-turun

Jokowi Disomasi karena Harga BBM Tidak Turun

Sejumlah orang yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Penggugat Harga BBM melayangkan somasi kepada Presiden Jokowi. Somasi dilakukan terkait kebijakan Jokowi yang tak segera menurunkan harga BBM walau minyak dunia sedang tertekan.

Koalisi tersebut antara lain beranggotakan Marwan Batubara (pengamat energi), Hatta Taliwang (aktivis yang pernah tersangkut kasus dugaan makar), dan Iwan Piliang (aktivis).

"Surat somasi sudah kami sampaikan ke Setneg kemarin pagi," kata Marwan, Rabu (10/6).

Marwan menambahkan memberikan waktu selama satu minggu kepada pemerintah untuk menanggapi somasi tersebut. Kalau tidak, maka pihaknya akan menggugat Jokowi ke pengadilan. 


Lihat juga:

 Melihat Kinerja Bukopin di Tengah Isu Pembatasan Tarik Dana

Sementara itu Abdurrahman Syebubakar anggota koalisi menjelaskan gugatan diajukan karena kebijakan pemerintah yang tidak segera menurunkan harga BBM telah merampas uang rakyat.

Hitungan koalisi total uang masyarakat yang dirampas akibat kebijakan BBM tersebut mencapai Rp13,75 triliun. Perhitungan tersebut didasarkan pada kelebihan bayar yang telah diberikan masyarakat akibat membayar harga BBM yang lebih mahal selama April dan Mei. 

Dua bulan tersebut merupakan waktu di mana harga minyak dunia turun tajam. Ia menambahkan perampasan uang rakyat tersebut telah mencekik leger masyarakat miskin.

Pasalnya dalam beberapa bulan belakangan ini masyarakat tertekan ekonominya karena virus corona. 

"Per Maret 2020 sesuai data Kadin, ada sektar 30 juta rakyat yang kehilangan pekerjaan karena virus corona. Di tengah kondisi tersebut seharusnya pemerintah turunkan harga BBM sesuai dengan ketentuan supaya kehidupan masyarakat yang kena dampak krisis akibat covid 19 ini bisa tidak semakin berat," katanya. 

Sebagai informasi pemerintah memutuskan untuk tidak menurunkan harga BBM walaupun minyak dunia dalam beberapa bulan terakhir tertekan hebat. Menteri ESDM Arifin tasrif mengatakan kebijakan tersebut diambil karena pemerintah mempertimbangkan kemampuan PT Pertamina (Persero).

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan perseroan memang sedang dalam tekanan. Tekanan datang dari pelemahan nilai tukar rupiah yang terjadi akibat penyebaran wabah virus corona beberapa waktu lalu. 

Pelemahan tersebut telah meningkatkan beban keuangan perusahaan. Pasalnya, 93 persen pengeluaran perseroan menggunakan kurs dolar AS.

Di tengah tekanan pelemahan kurs tersebut, Nicke juga menambahkan Pertamina mendapatkan beban berat dari virus corona yang membuat penjualan BBM anjlok. Data Pertamina, secara nasional, permintaan BBM turun hingga 25 persen.

Bahkan di kota-kota besar, penurunan permintaan lebih dari 50 persen. Ia memprediksi masalah tersebut akan membuat pendapatan perseroan turun 38-45 persen akibat pandemi.

https://m.cnnindonesia.com/ekonomi/2...bm-tidak-turun

Sekalian tuntut si napi di pecat...ga becus.💩


Jokowi Disomasi karena Harga BBM Tidak Turun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pinkypatrick dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kaka10ciao
Halaman 1 dari 2
Jokowi Disomasi karena Harga BBM Tidak Turun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
snovian dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
ketika minyak global naik, pemerintah naikin harga minyak dlm negeri TENGAH MALAM..minyak global anjlok, gak mau diturunin..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pinkypatrick dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
buku putih mana buku putih ? pentolan moncong putih pasti ngeluarin tuh kalau menyangkut harga minyak, kalau perlu sampai menangis terisak seperti tahun 2014 kebawah !
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pinkypatrick dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
ayo PDIP
tumben ga ikutan demo ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
snovian dan 3 lainnya memberi reputasi
Jokowi Disomasi karena Harga BBM Tidak Turun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
snovian dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Asem.
Bayangkan kondisi psbb, bensin 2000/ltr.

Apa yg terjadi

_-------------

Minyak indo ambil jenis apa
Brent atau wti
Perasaan brent harga masih 20 an waktu itu

Kl skrg udh sama sama 40 kurang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
itkgid dan 2 lainnya memberi reputasi
Si marwan
Taek bsh emoticon-Leh Uga
profile-picture
entop memberi reputasi
Quote:


padahal penggantinya katanya sudah sesuai ayat, tapi hasilnya tambah ancur.

Jokowi Disomasi karena Harga BBM Tidak Turun


gabener emoticon-Tai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ericvalencia dan 3 lainnya memberi reputasi
Kkkk teman tai kelojotan. 😂
profile-picture
entop memberi reputasi
Diubah oleh kaka10ciao
Ya gugat aja, ribet amat pake somasi2 segala 😂😂😂
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan entop memberi reputasi
Jokowi Disomasi karena Harga BBM Tidak Turun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
itkgid dan 3 lainnya memberi reputasi
Yaelahh..capek lo pade pake Somasi2 segala, si nganu mah kagak ngarti ape2 tong..emoticon-Wkwkwkemoticon-Wakaka
Jokowi Disomasi karena Harga BBM Tidak Turun Jokowi Disomasi karena Harga BBM Tidak Turun
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan yeytothesouz memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Weh jian, udahlah ngak usah provokasi² lagi, harga BBM di dalam negeri bisa dibilang masih bagus buat semua pihak, ekonomi juga mau jalan lagi, jangan buat gejolak lagi.

Quote:
profile-picture
ekaputra19 memberi reputasi
beli premium aja..
profile-picture
ekaputra19 memberi reputasi
perencanaan keuangan kadroon sebegitunya payahnya sampe ngemis harga BBM turun emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
itkgid dan 3 lainnya memberi reputasi
Dikira nasbung nurunin harga bbm kayak nurunin harga cabeemoticon-Ngakak

Makanya nasbung dan kadrun kena KO 2 kali sm si plonga plongoemoticon-Ngakak

Kadrun benci pemerintah
Tp ngarep bbm turun

Dagelan jembut jaran drun koweemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
itkgid dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh albetbengal
Nama-namanya udah dikantongin loh..
Ya konsisten aja nanti kl harga naik dan berani gak ngasih penjelasan begini yg resmi? Atau alasan lagi trus di buzzer?
Terkenang kengerian pas liat ada yang bakar-bakar ban waktu itu.
data aja salah sok somasi. 1 mei udah naik itu harga karna opec+ pangkas produksi minyak

5 mei eropa kyk itali prancis longgarkan lokdon, banyak negara asia longgarkan lokdown.. tambH naik harga. skrg sih harga 44$ udh mau normal

paling 2 mingguan aja itu peetamina ambil untung. cegah phk. lagian jg psbb buat apa diturunin
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan unicorn.destroy memberi reputasi
wah berat...kudunya dpr yg negor pertamini...adain angket, eh serius nanya gan, dpr itu wakil rakyat bukan yak?
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di