CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Surabaya Open PSBB, Bijak atau Bunuh Diri?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee0ef8d9a972e523e4b0bdc/surabaya-open-psbb-bijak-atau-bunuh-diri

Surabaya Open PSBB, Bijak atau Bunuh Diri?

Open PSBB

Surabaya Open PSBB, Bijak atau Bunuh Diri?



Welcome to my thread


Berita viral yang cukup mengejutkan beberapa hari ini adalah Surabaya sebagai kota yang memiliki jumlah pasien Covid-19 terbanyak se-Jawa Timur akan menghentikan PSBB. Bahkan peta persebaran kasus Covid-19 menggambarkan bahwa Surabaya adalah zona merah tua.

Menurut Pemprov Jatim, Surabaya hari ini Rabu, 10 Juni 2020 jumlah kasusnya adalah 3.439. Perinciannya adalah 2.197 dalam perawatan, 867 pasien sembuh, dan 296 meninggal dunia.

Angka tersebut memberikan gambaran bahwa Surabaya adalah penyumbang kasus lebih dari 50% total kasus keseluruhan di wilayah Jawa Timur.

Lalu dengan melihat angka tersebut, apakah tidak terlalu gegabah untuk memutuskan mengakhiri PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar)?


Beberapa forward WA tentang adanya Herd Immunity belakang ini juga sempat viral.

Surabaya Open PSBB, Bijak atau Bunuh Diri?




Berikut saya salin pesan WA tersebut dan mengedit beberapa kata agar lebih mudah memahaminya:

Quote:




Menurut alodokter.com Herd immunity atau kekebalan kelompok adalah kondisi ketika sebagian besar orang dalam suatu kelompok telah memiliki kekebalan terhadap penyakit infeksi tertentu. Semakin banyak orang yang kebal terhadap suatu penyakit, semakin sulit bagi penyakit tersebut untuk menyebar karena tidak banyak orang yang dapat terinfeksi.

Selain dengan vaksin, kekebalan tubuh juga bisa didapatkan secara alami oleh orang-orang yang berhasil sembuh dari penyakit infeksi tertentu. Setelah pulih dari suatu penyakit infeksi, tubuh akan memiliki antibodi untuk melawan kuman penyebab infeksi tersebut bila suatu saat kuman ini menyerang kembali.

Jadi, semakin banyak orang yang terinfeksi dan sembuh, semakin banyak juga orang yang kebal dan herd immunity pun akan terbentuk. Namun, terbentuknya herd immunity secara alami ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan risikonya juga tidak kecil.

Untuk saat ini saja ketika herd immunity belum terbentuk, jumlah korbannya sudah banyak. Kalau menghitung angka ideal 70 % penduduk Indonesia, maka akan ada 187 juta jumlah pasien positif. Angkanya jadi mengerikan kalau harus mengkonversi ke prosentase saat ini untuk Indonesia yaitu 8,37 % jumlah pasien meninggal. Sehingga didapatkan sekitar 15,6 juta penduduk yang akan meninggal.

Horor bukan?
emoticon-Takut

Serius mau pakai pola Herd Immunity?


Surabaya Open PSBB, Bijak atau Bunuh Diri?


Keputusan Pemprov sudah final. Surabaya merupakan pusat dari kegiatan perekonomian di Jawa Timur. Bagi sebagian penduduk yang berprofesi sebagai pegawai negeri atau yang karyawan swasta yang berpendapatan menengah ke atas mungkin tidak merasakan kesulitan ekonomi selama PSBB. Namun, berbeda dengan penduduk yang bekerja di lini lainnya. Teman saya buruh pabrik ada yang dirumahkan sudah dua bulan. Toko dan warung sepi, pendapatan otomatis menurun.

Bahkan banyak celetukan dari masyarakat, “Gak mati kenek Corona, mati gak iso mangan.” (Tidak meninggal karena Corona, meninggal karena tidak bisa makan.)

Sebagian besar masyarakat Surabaya menyambut baik usulan Bu Risma walikota Surabaya yang mengajukan penghentian PSBB di Surabaya. Karena masalah tidak bisa memenuhi kebutuhan jauh lebih mengerikan dampaknya bagi mereka daripada terkena Covid-19.

Pemprov memang menyetujui penghentian PSBB akan tetapi masyarakat harus tetap mematuhi protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran Covid-19, yaitu:

1. Terapkan physical distancing
2. lakukan cuci tangan secara rutin
3. jaga daya tahan tubuh
4. Memakai masker dan sarung tangan jika keluar rumah
5. Batasi pergi ke luar rumah.
6. Lakukan isolasi mandiri bila kamu mengalami demam dan batuk yang disertai dengan sesak napas, terlebih bila dalam 2 minggu terakhir kamu berada di daerah endemis COVID-19.


Surabaya Open PSBB, Bijak atau Bunuh Diri?


Surabaya Open PSBB, Bijak atau Bunuh Diri?


Surabaya Open PSBB, Bijak atau Bunuh Diri?


Mungkin banyak dari kalian yang tidak setuju dengan keputusan ini, atau menyayangkan keputusan yang terlihat terlalu nekat. Tapi memang begitulah karakter orang Surabaya, kalau tidak, mana mungkin suporter dari Surabaya dinamakan Bonek (Bondo Nekat/Modal Nekat).


Sumber:
alodokter.com
detik.net
kompas.tv
tng.tv
profile-picture
profile-picture
profile-picture
081364246972 dan 29 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh WardahRos
Halaman 1 dari 4
Reserved page one
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ukhtyfit81 dan 10 lainnya memberi reputasi
Reserved 2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ukhtyfit81 dan 10 lainnya memberi reputasi
Terima kasih atas kunjungan kalian, komentar sopan dipersilakan
Jangan lupa rate bintang 5 dan cendolnya, Gan 😊
profile-picture
profile-picture
profile-picture
081364246972 dan 11 lainnya memberi reputasi
surabaya dalam keadaan darurat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Bawa duid aja cukup emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Sip. Kalau anak istri mati jangan menyesal. Cari lagi. Oh iya titip salam buat bung tomo
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh maverick4ever
Lihat 1 balasan
Ikhtiah untuk tetetp sehat dan selsmat, kemudian qona'ah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
081364246972 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
udh biasa itu. semua kebijakan/praturan psti ada pro kontranya. gw sih stuju aja new normal. krn byk org yg susah cari duit buat makan. byk yg kena phk. hrs hidupin anak istri.

klamaan d rmh tnpa pnghasilan lm2 mrk bs mati kelaparan, bukan mati krn corona lgi.

kita lh yg hrs bs jaga tubuh n kesehatan masing2. tiap kli pulang dri luar rmh hrs langsung mandi jgn ditunda. biar ilang tu virus. and yakin aja dg diri sndiri gak bakal kena covid. jgn lupa berdoa minta diberi kesehatan, rejeki n minta diberi perlindungan pd Tuhan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Semua itu ya terserah orang-orang sana yang membuka atau menutup. Maka tinggal dilihat saja apakah itu bijak atau sebaliknya tidak bijak. Berhubung super virus ini merupakan hal yang unik dan tidak banyak yang mengetahui ilmunya, kecuali dari sumbernya langsung pakarnya pakar.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Bunuh diri... fak. ekonomi mengalahkan kesehatan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
081364246972 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
new normal itu bukan pilihan...karena orang kecil yg terdampak pada gak bisa makan.. mau gak mau dan suka tidak suka harus dilakukan...sudah berapa ribu orang terPHK dan gak bisa makan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Dari awal udah gk serius.. buat lelucon aja...

emoticon-No Hope emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Bunuh dirilah. Penyebaran covid di Surabaya masih ngeri bgr gitu emoticon-Sorry
profile-picture
profile-picture
profile-picture
081364246972 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
kenya bunuh rakyat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kayak x men aja nih covid
tiap berapa ribu tahun, manusia mengalami evolusi
namun ada spesial case, di mana kadang evolusi kita di percepat oleh mutasi genetik
covid adalah special case itu, memaksa manusia bermutasi lebih cepat dari seharusnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
duh padahal kasusnya masih tinggi banget, horor juga ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
081364246972 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Quote:


Quote:


Ngeri ngeri sedap tapi bikin bingung juga.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
081364246972 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
surabaya memang masih tinggi kasus positif Corona, semoga keputusan yang diambil memang solusi yang terbaik.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
081364246972 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Jatim memang tinggi kasus covid-19 nya. Apalagi kini pulau Bawean yang masuk kabupaten Gresik pun, tadinya zona hijau gegara ada orang yang nekat ikut nyebrang dari pelabuhan gresik berstatus reaktif, jadi deh ada korona juga.😭
profile-picture
profile-picture
profile-picture
081364246972 dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh miniadila
Lihat 2 balasan
mau diapain lagi yg penting ikuti protokol kesehatan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
081364246972 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di