CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Education /
PROSES DAN MANFAAT FASILITAS DAUR ULANG SAMPAH ELEKTRONIK (E-WASTE)
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee0c5998d9b1775d90627f7/proses-dan-manfaat-fasilitas-daur-ulang-sampah-elektronik-e-waste

PROSES DAN MANFAAT FASILITAS DAUR ULANG SAMPAH ELEKTRONIK (E-WASTE)

[color=var(--igniplexLinkSingle)]PROSES DAN MANFAAT FASILITAS DAUR ULANG SAMPAH ELEKTRONIK (E-WASTE)[/color]



Kehidupan kita saat ini tidak terlepas dengan barang elektronik seperti gadget, TV, PC/Laptop dan lainnya. Kita bahkan menggunakan barang ini sepanjang waktu, namun disisi lain teknologi elektronik terus berevolusi dan meningkat dengan cepat, hal ini menyebabkan alat elektronik yang kita gunakan sekarang 1-2 tahun kemudian sudah dapat dibilang usang/ketinggalan dengan produk terbaru. Hal ini jugalah yang menyebabkan jumlah perangkat elektronik yang digunakan kemudian menjadi sampah kian  bertambah dengan cepat.

Faktanya, selain sampah plastik. Sampah Elektronik atau yang biasa kita sebut (E-Waste) merupakan sampah yang tumbuh paling cepat secara global, yang tentu saja ini menyebabkan masalah besar bagi lingkungan dan kesehatan manusia.

MENGAPA DAUR ULANG E-WASTE PENTING?

Sejatinya, E-Waste merupakan sampah yang termasuk B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) karena mengandung banyak bahan beracun yang dapat terlarut kedalam tanah atau kedalam air tanah, dan racun ini juga dapat dilepaskan ke atmosfer ketika sampah ini dibakar. Ketika E-Waste dibakar, ia akan melepaskan racun seperti timah, kadmium bahkan merkuri keudara dan air. Racun-racun ini dapat terakumulasi dalam rantai makanan (Biomagnification) yang contoh kasusnya terhadap kesehatan manusia adalah kasus MINAMATA (Kucing Menari) di Jepang.

SELENGKAPNYA ADA DISINI

profile-picture
nona212 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di