CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Jambi /
[COC Reg. Jambi] Mendaki Ke Gunung Kerinci? Ketahui Dulu Mitos-Mitosnya, Cek Di Sini!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee0c4e997751350b508eb46/coc-reg-jambi-mendaki-ke-gunung-kerinci-ketahui-dulu-mitos-mitosnya-cek-di-sini

[COC Reg. Jambi] Mendaki Ke Gunung Kerinci? Ketahui Dulu Mitos-Mitosnya, Cek Di Sini!

Mitos Seputar Gunung Kerinci
[COC Reg. Jambi] Mendaki Ke Gunung Kerinci? Ketahui Dulu Mitos-Mitosnya, Cek Di Sini!Sumber gambar

Assalamu'alaikum


Selamat siang Gansist, jumpa lagi di forum regional Jambi. Sebelumnya TS sudah membahas wisata religidi Jambi, masih seputar kota yang sama kali ini TS akan membahas gunung berapi yang ada di Jambi.

Warga Jambi pasti tahu dong, gunung apa kira-kira? Yup, bener banget! TS akan membahas seputar gunung Kerinci. Buat yang belum tahu, gunung Kerinci adalah gunung yang terletak di provinsi Jambi, bersebelahan dengan Sumatera Barat. Gunung ini adalah gunung berapi aktif terbesar di Sumatera dan terbesar nomor 2 di Indonesia.

Keindahan gunung Kerinci, jelas sudah tidak diragukan lagi. Pemandangan alamnya yang mempesona serta beragam flora dan fauna yang ada di kawasan tersebut jelas menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki. Namun selain menyimpan keindahan yang menakjubkan, gunung Kerinci ternyata juga menyimpan banyak misteri dan menjadi legenda tersendiri bagi warga sekitar.

Berikut ini, TS rangkumkan 5 Mitos Seputar Gunung Kerinci untuk kalian semua.

1. Misteri Uhang Pendek

Konon katanya menurut masyarakat yang tinggal di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, kawasan gunung Kerinci di huni oleh mahluk bernama Uhang Pendek--dalam bahasa Indonesia artinya orang pendek. Menurut warga, penampakan dari Uhang Pendek ini memiliki kaki panjang, tubuh gemuk, mata merah menyala dan memiliki kuku berwarna abu-abu di seluruh tubuhnya.

Mitos ini telah banyak di dengar oleh para pendaki, dan tidak sedikit yang mengaku pernah melihat penampakannya. Namun setiap kali hendak mengabadikan dalam sebuah foto, Uhang Pendek selalu menghilang.


2. Naga Raksasa

Mitos lain yang berkembang di masyarakat sekitar gunung Kerinci adalah adanya Naga Raksasa di kawasan tersebut. Cerita ini berawal dari adanya saudara kembar yatim piatu bernama Calungga dan Calupat. Suatu hari Calungga masuk ke dalam hutan untuk berburu dan menemukan telur raksasa. Tanpa memberitahu Calupat terlebih dahulu, Calupat langsung memakan telur tersebut.

Tidak lama kemudian tubuh Calupat berubah menjadi panjang dan timbul sisik-sisik emas di tubuhnya, sampai akhirnya ia berubah menjadi naga.

3. Larangan Jam 12

Di gunung Kerinci terdapat larangan untuk tidak main air, mandi, dan minum dari danau serta sungai di kawasan gunung Kerinci. Hal ini karena masyarakat sekitar percaya, di jam tersebut para penunggu di kawasan gunung Kerinci sedang menggunakan airnya.

4. Pohon Bolong

[COC Reg. Jambi] Mendaki Ke Gunung Kerinci? Ketahui Dulu Mitos-Mitosnya, Cek Di Sini!

Jika mendaki gunung Kerinci melalui jalur pendakian vegetasi hutan rimba, pendaki akan menemukan Pohon Bolong--tepatnya berada diantara pos 3 dan shelter satu. Menurut anjuran dari porter gunung Kerinci, pendaki dilarang berhenti di daerah ini untuk minum, makan, apalagi kencing karena Pohon Bolong adalah pohon keramat.

Konon dulunya, Pohon Bolong adalah tempat meletakkan jenazah para pendaki yang meninggal. Selain itu, pohon ini juga dipercaya dihuni oleh sosok tak kasat mata. Sosok yang sering menampakkan diri adalah nenek tua dan genderuwo. Duh, kok serem ya.


5. Tugu Yuda

[COC Reg. Jambi] Mendaki Ke Gunung Kerinci? Ketahui Dulu Mitos-Mitosnya, Cek Di Sini!

Tugu ini dibuat untuk mengenang seorang pendaki bernama Yuda Santika yang hilang saat mendaki pada tahun 1990 dan sampai saat ini jasadnya tidak ditemukan. Menurut cerita yang berkembang di masyarakat sekitar, Yuda diambil oleh mahluk penunggu gunung Kerinci. Sampai saat ini kisah Tugu Yuda maupun keberadaan jasad Yuda masih menjadi misteri.


Itu dia Gansist, 5 mitos seputar gunung Kerinci yang berkembang di daerah sekitar. Bagaimana menurut kalian, percaya atau tidak dengan mitos-mitos di atas?

Namun terlepas dari percaya atau tidaknya dengan mitos tersebut, alangkah baiknya jika kita menghargainya. Apalagi jika berniat mendaki ke gunung ini, sudah sewajarnya kita menghormati larangan yang ada, dan mematuhi aturan dari pihak setempat selama melakukan pendakian.

Pada dasarnya kita hidup di dunia ini berdampingan dengan mahluk dari alam lain, dan mempercayai adanya mereka menurut agama islam adalah wajib. Hanya saja kita tidak boleh meminta apalagi menyembah pada mereka, karena itu sudah masuk dalam kategori syirik.



Sekian informasi dari TS, semoga bisa menambah wawasan kita semua. Sampai jumpa di thead lainnya, jangan lupa komen dan cendolnya.





sumber 1

Sumber 2

Sumber gambar 4 dan 5
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh TaraAnggara
pejwaaan

Hhaahaha
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh iissuwandi
Lihat 3 balasan
pengen liat naga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
masih tentang gunung kerinci
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 5 lainnya memberi reputasi
Jambi ❀️
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 5 lainnya memberi reputasi
mengerikaaann ya, πŸ™ˆπŸ™ˆ
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Laah ... kalo itu buah emoticon-Ngakak

Aku jg tanem naga tuh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 4 lainnya memberi reputasi
ya kan sama, ada naganya. πŸ˜‚
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


He'em, soal mitosemoticon-Sundul

Quote:


Love aku juga, nggakemoticon-Hammer2

Quote:


Iya, sist
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Lumayan kan dapet sisik emasnya πŸ˜…
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Tapi y kasian juga kalo sisik naganya abis πŸ˜…
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ayok manjat πŸ˜†
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 3 lainnya memberi reputasi
kerinci ama semeru cantikan mana ta?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 3 lainnya memberi reputasi
Mengenai pohon bolong, sebenarnya kemana pun kita berkunjung harus bisa menjaga sikap, terutama persoalan buang hajat sembarangan 😬
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 3 lainnya memberi reputasi
indah sekali gunung kerinci
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Kan ada kata 'seandainya'
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 2 lainnya memberi reputasi
mudah2an tembus yaaemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Manjat ke hatimu🀣🀣

Quote:


Dua2nya belum pernah mendaki, Pakdhe. Tapi kayaknya Semeru kali ya

Quote:


Bener ini

Quote:



Iya, Mbak

Quote:


Ya iya, namanya juga ngayal ya seandainya 🀣

Quote:


Tembus apanya, Ganemoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muyasy dan 3 lainnya memberi reputasi
Wah ada naganyaaa seremmm emoticon-Takut
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
Lihat 2 balasan
sebenernya poin nomer 3 itu bisa dijelaskan pake logika kok.

larangan jam 12. kalau naik ke kerinci, sebelum jam 6 sore semu kegiatan pendakian harus stop dan berhenti, karena selain jalur yang gak karuan banget nanjaknya, TNKS habitatnya harimau sumatera. terus apahubungannya sama air? nah setelah mereka beraktifitas biasanya hewan hewan tersebut mampir ke tempat perairan macem aliran sungai atau danau. di takutkan nanti kita bakal di celakain sama hewan hewan tersebut.
Kalo jam 12 malem, selain hewan nokturnal, suhu di atas pasti dingin. Emang berani maen air yang suhunya hampir 0 drajatemoticon-Ngakak (S)

kalo maslaah mistisnya.. emang iya, rata rata hantu gunung yang suka iseng itu tinggalnya dan lebih demen menetap di tempat yang lembab, kayak pinggiran danau atau sungai.

yang ane tau itu doangan sih, soalnya ane udah pernah ngalamin dan buktiin sendiriemoticon-Embarrassment
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
Diubah oleh lapar.bang
Lihat 1 balasan


GDP Network
Beritagar β€’ Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di