CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Erick Thohir Hapus 35 Perusahaan BUMN, Kini Tersisa 107 Perusahaan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee0a177a2d19527352b6a41/erick-thohir-hapus-35-perusahaan-bumn-kini-tersisa-107-perusahaan

Erick Thohir Hapus 35 Perusahaan BUMN, Kini Tersisa 107 Perusahaan

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir kembali melakukan restrukturisasi. Kali ini ia lakukan untuk meningkatkan efisiensi BUMN.

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!
 
Erick Thohir Hapus 35 BUMN, Tersisa 107 Perusahaan

Beberapa pembaruan dilakukan oleh Erick Thohir sejak dirinya didapuk sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Selain untuk efisiensi salah satu program yang paling kentara dari Erick Thohir ialah restrukturisasi BUMN.

Untuk diketahui, Sobat Finansialku, BUMN mencapai 142 perusahaan, kini menjadi 107 perusahaan. Berkurangnya jumlah BUMN itu tidak lain karena lahirnya konsolidasi BUMN, diantaranya adalah sektor farmasi dan asuransi.
Erick bilang, dalam restrukturisasi ini pihaknya telah berkoordinasi dengan menteri-menteri terkait.

"Pada restrukturisasi ini kita melakukan keputusan bersama dengan menteri keuangan dan tentu diskusinya bersama dengan menteri terkait yang ada hubungannya," katanya sebagaimana mengutip dari Detik, Rabu (10/06)

"Alhamdulilah dari 142 BUMN sekarang ini kita bisa mengkategorikan yang namanya BUMN tinggal 107, jumlahnya sudah turun signfikan," Lanjutnya.

Erick Thohir Hapus 35 Perusahaan BUMN, Kini Tersisa 107 Perusahaan
 
Tak cukup sampai di situ, Erick juga berniat mengurangi lagi perusahaan pelat merah yang ada saat ini.

Hal tersebut merupakan tindak lanjut dari Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2020 tentang Pembentukan Tim Percepatan Restrukturisasi BUMN.

“Ini akan kita turunkan terus kalau bisa sampai ke angka 70 sampi 80 ke depannya. Tahap satu sudah, berikutnya akan coba kita lakukan,” kata mantan bos Inter Milan itu.

Bukan hanya itu, Erick juga telah memangkas klaster-klaster BUMN yang ada. Tadinya, terdapat 27 kluster dan saat ini dipangkas hanya menjadi 12 klaster BUMN.
Adapun 12 klaster tersebut, yakni klaster energi dan gas, klaster minerba, klaster perkebunan dan kehutanan, klaster pupuk dan pangan, klaster farmasi, juga klaster industri pertahanan.

Untuk sektor farmasi, Erick Thohir membuat holding BUMN Farmasi. Adapun PT Bio Farma (Persero) menjadi induk perusahaan. Sementara anggota perusahaannya adalah PT Kimia Farma Tbk. dan PT Indofarma Tbk.

Selain untuk efisiensi, holding ini bertujuan memperkuat kemandirian industri dan meningkatkan ketersediaan produk kesehatan.
 
Penggabungan Perusahaan Pelat Merah

Menteri BUMN Erick Thohir juga akann menggabungkan PT Angkasa Pura I (Persero) dan PT Angkasa Pura II (Persero) menjadi satu perusahaan.

Hal ini sebagai upaya pemerintah untuk melakukan efisiensi di perusahaan pelat merah.

"Nanti yang namanya Angkasa Pura akan digabungkan menjadi satu," ucap Erick sebagaimana dikutip dari CNN Indonesia.
Asal tahu saja, Angkasa Pura merupakan perusahaan pelat merah yang mengelola bandara di Indonesia. Mengutip laman resmi Angkasa Pura I, perusahaan saat ini mengelola 13 bandara di Indonesia.

Beberapa bandara yang dikelola tersebut, antara lain Bandara I Ngurah Rai, Bandara Juanda, Bandara Sultan Hasanuddin, Bandara Sams Sepinggan, Bandara Frans Kaisiepo, Bandara Adisutjipto, dan Bandara Internasional Lombok.
Sementara, Angkasa Pura II mengelola 19 bandara di Indonesia. Sejumlah bandara itu, antara lain Bandara Soekarno Hatta, Bandara Halim Perdana Kusuma, Bandara Kualanamu, Bandara Supadio, Bandara Minangkabau, dan Bandara Sultan Syarir Kasim II.

Erick Thohir Hapus 35 Perusahaan BUMN, Kini Tersisa 107 Perusahaan
 
Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel diatas? Kamu bisa berbagi komentar lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.
 

Admin. 09 Juni 2020. ErickThohir Bakal Lebur AP I dan II Jadi Satu Perusahaan CNNIndonesia
Muhammad Hendrartyo. 09 Juni 2020. Kriteria BUMN yang Akan Dilebur ErickThohir, Bisnisnya Sama Tempo.co
Achmad Dwi Afriyadi. 10 Juni 2020. Di Balik Keputusan ErickThohir Hapus 35 BUMN Detik.com
Admin. 09 Juni 2020. ErickThohir Hapus 35 BUMN, Kini Tersisa 107 Perusahaan. Kompas.tv
https://www.finansialku.com/erick-thohir-hapus-35-bumn/ 


profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 6 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Mudah2an bs lebih baik
profile-picture
entop memberi reputasi
mantabb bray
profile-picture
entop memberi reputasi
gak sia2 si pernah megang inter milan emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 2 lainnya memberi reputasi
memang harus begitu
profile-picture
entop memberi reputasi
Kalo yang dulu dulu.. bikin banyak BUMN, biar makin banyak posisi direktur dan komisaris
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Erick Thohir Hapus 35 Perusahaan BUMN, Kini Tersisa 107 Perusahaan

uda ada persetujuan dari lord belum ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 4 lainnya memberi reputasi
Sikat Pak Eric, biar ga jadi beban, selama ini BUMN jarang yang profit, banyaknya cuma rugi dan hutang.
Belum lagi Hutang yang sudah jatuh tempo 2020, tapi ga dihitung dalam Hutang negara, jadi masih terlihat kecil dari persentasenya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 3 lainnya memberi reputasi
rugi tiap tahun tapi selalu disubsidi, gaji full, bonus tetep lancar gak perlu target. bandingin swasta, rugi ya potong gaji, kondisi parah ya dipecat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 4 lainnya memberi reputasi
ini nih yg bikin sepi 2024
kursi yg dibagi2 tinggal dikit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 2 lainnya memberi reputasi
Baiknya dihapus semua aja BUMN emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
entop dan ushirota memberi reputasi
yok pak, rampingkan lagi jadi tinggal 10 sajaemoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
entop dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
semoga sehat aja
profile-picture
entop memberi reputasi
sip pak

sekalian rapiin tender

jangan karena ada kerjasama antar bumn , yg tender angka terendah tetap aja gak menang, kasihan swastanya, keenakan direksi dan komisarisnya dapet margin, ujung2nya di subkan lagi.

sekalian ketatkan & tingkatkan seleksi peserta tendernya jgn yg abal abal bisa ikut & menang... padahal gak bisa apa apa.. ujung2nya mangkrak proyeknya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Erick Thohir Hapus 35 Perusahaan BUMN, Kini Tersisa 107 Perusahaan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 2 lainnya memberi reputasi
sekalian kurangin yg karya2 banyak bgt emoticon-Cape d...
balikin jg yg melenceng dr tujuan awal (misal PTPP tp bikin jln tol)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Nah yang direksi-direksi anak perusahaan bisa ketar-ketir sekarang
profile-picture
profile-picture
entop dan qavir memberi reputasi
Pangkas lg pak, msh banyak anak cucu BUMN yg diisi ama parasit dan lintah.
Dah beranak pinak di mana2, udah metastase kayak kanker
profile-picture
entop memberi reputasi
Bru kmrn ngobrol ini . S2asta teriak2 smua usaha diambil bumn . Bagus jg eric tohir wkkw
profile-picture
profile-picture
entop dan decodeca memberi reputasi
Setuju perampingan👍
Kejar terus efisiensi dan hasil pak
profile-picture
entop memberi reputasi
Bagus pak, akhirnya terlaksana wacana dari jaman dulu... Ane masih inget dulu ada wacana bikin macam temasek holding tapi banyak yg nolak

emoticon-Ngakak
profile-picture
entop memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di