CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Hati-hati! Saat Memposting 5 Hal Berikut di Media Sosial
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee0894fb84088296e747d0c/hati-hati-saat-memposting-5-hal-berikut-di-media-sosial

Hati-hati! Saat Memposting 5 Hal Berikut di Media Sosial

Hati-hati! Saat Memposting 5 Hal Berikut di Media Sosial
beritagar.id


Sesuai namanya, medsos atau media sosial adalah wadah atau media bagi kita untuk bersosialisasi secara online.

Melalui media sosial, kita bisa terhubung dengan banyak sekali orang dari seluruh dunia, tanpa batas.

Kita bisa mengenal dan bertemu orang baru, yang kemudian bisa menjadi teman, bahkan pasangan di dunia nyata. Ya, itu bukan lagi hal baru.

Semakin ke sini, fungsi dan manfaat media sosial kian luas. Bukan lagi terbatas pada pertemanan, tetapi tidak sedikit pula yang menjadikan media sosial sebagai alat untuk mempromosikan produk (jualan online). Dan tidak sedikit pula yang menjadikan media sosial sebagai media untuk narsis, curhat, dan sejenisnya.

Ya, karena di media sosial, kita seperti bebas berbagi foto, video, share status, dan lain lain.

Namun, sebagai pengguna media sosial, baiknya agan sista juga musti tetap hati hati. Masalahnya, jaman sekarang banyak sekali oknum dunia maya, bisa jadi memanfaatkan apapun yang kita miliki demi kepentingan pribadi.

Karenanya, jangan sembarang posting. Apalagi 5 hal berikut.

Berikut 5 postingan yang perlu GanSis waspadai, atau lebih baik tidak perlu di-posting. Apa saja?

1. Foto pribadi

Hati-hati! Saat Memposting 5 Hal Berikut di Media Sosial
hellosehat.com

Kalau untuk yang pertama ini, agak susah memang. Apalagi bagi makhluk yang dikaruniai fisik rupawan, sekali kali ingin memajang fotonya di media sosial. Hahaha

Apalagi bagi perempuan, mungkin agak susah, ya. Tapi mau bagaimana lagi, saat kita share foto pribadi di media sosial, sebenarnya hal itu rawan juga disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Bisa diedit atau dimanfaatkan oleh oknum untuk menipu. Wah, bisa bahaya, nih.


2. Foto anak

Hati-hati! Saat Memposting 5 Hal Berikut di Media Sosial
facebook.com

Ya, ini juga termasuk rawan buat dishare di media sosial. Meski memang banyak orangtua ingin berbagi foto tentang kelucuan anak anaknya, atau mungkin ingin mengoleksi untuk dijadikan album kenangan.

Tetapi orangtua musti waspada agar tidak mudah share foto detil anak. Pasalnya tidak sedikit juga kasus yang menjerat anak berawal dari media sosial.


3. Alamat rumah dan tempat kerja

Ya, hati-hati aja membagikan detil alamat rumah atau alamat tempat kerja.

Takutnya setelah membagikan detil alamat di media sosial, ada oknum yang memanfaatkannya untuk kejahatan.

Kecuali membagikan ke penjual online, ya, Gan. Kalau itu, mah, jelas orangnya.


4. Saldo ATM/tabungan

Hati-hati! Saat Memposting 5 Hal Berikut di Media Sosial
kompasiana.com

Mempunyai uang banyak memang rasanya kadang-kadang ingin dipamerkan ke semua orang kalau kita, tuh, punya duit.

Namun kudu waspada, Gan. Kalau ada orang jahat tahu kita orang kaya, terus ngelacak tempat kita lantas berbuat jahat, bagaimana?


5. Curhatan

Kadang-kadang, orang kalau sudah maniak media sosial, apa-apa dibagikan, termasuk keluh kesah di dunia nyata, bahkan aib sendiri.

Ya, seharusnya harap mengontrol diri, agar tidak asal memposting sesuatu, atau curhat di medsos. Sebab hal itu bisa saja dijadikan sebagai kelemahan buat oknum yang barangkali ingin memanfaatkan kesempatan tersebut.



Itulah, GanSis 5 hal yang baiknya perlu kewaspadaan saat meng-share ke media sosial. Karena, kejahatan bisa datang dari mana saja, termasuk media sosial. Terlebih saat masa-masa perekonomian sedikit sulit seperti sekarang ini.

Hati-hati dan waspada, ya, Gans emoticon-thumbsup

emoticon-shakehand jika ada yang kurang, bisa ditambahkan pada kolom komentar di bawah, ya, GanSis.


•••••••••••

Opini pribadi
profile-picture
nona212 memberi reputasi
bagaimana menurut anda? 🙏
Jatohnya jadi kayak mau pamer gitu ya,
pamer kelucuan anak, kecantikan diri, pamer saldo, pamer dan curhat-curhatan yang sampe buka aib sendiri.
Kalo anak mah lebih baik gak udah dishare kali ya,


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di