CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Hati-Hati, Fitur Click to Chat di WhatsApp Berpotensi Bocorkan Nomor Pengguna
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee073b768cc952c64255b6c/hati-hati-fitur-click-to-chat-di-whatsapp-berpotensi-bocorkan-nomor-pengguna

Hati-Hati, Fitur Click to Chat di WhatsApp Berpotensi Bocorkan Nomor Pengguna

Hati-Hati, Fitur Click to Chat di WhatsApp Berpotensi Bocorkan Nomor Pengguna

Jakarta - Tidak bisa dianggap remeh, salah satu fitur WhatsApp belum lama ini dicurigai sangat berbahaya untuk digunakan karena dapat membocorkan nomor HP pengguna.

Adalah fitur Click to Chat yang selama ini digunakan oleh pengguna untuk mengirimkan pesan WhatsApp tanpa perlu menyimpan nomor sebelumnya.

Fitur ini memang diakses melalui website untuk kemudian mengarah ke aplikasi WhatsApp untuk mengirim pesan nantinya. Bermodalkan link dari fitur tersebut, pengguna nantinya dapat berkirim pesan dengan pengguna WhatsApp lain tanpa perlu menyimpan kontak.

Melansir dari Tech Radar, fitur Click to Chat milik WhatsApp rupanya cukup berbahaya karena dapat membocorkan nomor HP pengguna pada mesin pencarian publik. Cukup berbahaya, hal ini dapat menimbulkan berbagai penipuan dan serangan siber.

Athul Jayaram selaku sosok yang melakukan penelitian mengenai hal ini mengungkap bahwa setidaknya ada 300 ribu nomor HP yang dipublikasikan ke mesin pencari dengan menggunakan fitur Click to Chat.

Walaupun tidak mengungkap berbagai informasi rahasia terkait pengguna WhatsApp, nomor yang bocor di mesin pencari seperti Google ini mengungkap foto profil WhatsApp pengguna tersebut.

Mengenai hal yang ia temui ini, Athul Jayaram langsung membuat laporan kepada pihak Facebook agar segera ditangani. Kedepannya, Athul Jayaram berharap agar hal ini tidak lagi terjadi hingga pengguna tidak perlu khawatir mengenai kebocoran data.

Sebelumnya, kasus serupa pernah diungkap oleh media Jerman DW News. Namun, saat itu belum ada penanganan khusus yang dilakukan WhatsApp untuk menangani masalah yang tengah dialami oleh perusahaan tersebut.

Kebocoran informasi pengguna WhatsApp di Google ini juga pernah ditemui. Kamu bahkan bisa menemukan beberapa link grup chat dengan link khusus yang langsung menampilkan hal tersebut.

Namun, jika kini melakukan pencarian link grup chat WhatsApp yang bocor tersebut sudah tidak lagi bisa ditemukan di pencarian Google. Hingga artikel ini dibuat, belum ada konfirmasi apapun dari Google mengenai hal ini.

SUMBER
profile-picture
profile-picture
nona212 dan nomorelies memberi reputasi
ya ga usah pake emoticon-Big Grin
tgl masukin kontak no hp yg mau diajak chat. kalo dah gabutuh. ya apus dr kontak
sudahlah, mari kita klik link bokep saja

lebih aman dan damai
whatsapp bukannya langsung ambil nomor kita kalo kita pasang di hape?
profile-picture
.noiss. memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di