CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / ... / Programmer Forum /
[DELPHI PROGRAMMING][FOR NEWBIE] Materi 03 - Logika Pemrograman (If Then Else)
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee06726facb951b3d0404a4/delphi-programmingfor-newbie-materi-03----logika-pemrograman-if-then-else

[DELPHI PROGRAMMING][FOR NEWBIE] Materi 03 - Logika Pemrograman (If Then Else)

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.....

Selamat PAGI, SIANG, SORE, MALAM, Sobat Kami Semua.

Sesuai judul, materi kali ini berkaitan dengan logika programming, semua bahasa pemrograman pasti butuh logika programming, tidak akan jalan sebuah bahasa pemrograman tanpa logic. Logika dalam sebuah pemrograman merupakan penghubung antara code - code yang dituliskan dan juga mengontrol kapan dan bagaimana code - code tersebut akan dieksekusi. Sebagai contoh, ketika kita menggunakan MS Word atau saat kami menulis blog ini, ketika kita tekan "ENTER" maka krusor akan turun menuju baris yang baru dan ketika tidak menekan "ENTER" makan si krusor akan tetap pada baris yang sama.

Contoh kasus pada MS Word tadi merupakan sebuah logika yang umum banget kita gunakan yaitu If Clause. Nah pada celoteh kali ini kami akan bercerita tentang "IF THEN ELSE"
, dibawah ini saya beri contoh sebuah coding If Then Else :


Quote:



Dari contoh diatas ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan untuk menggunakan "IF THEN ELSE", pertama dari contoh diatas bisa kita lihat clause nya (yang saya hitamkan) terdiri dari beberapa baris, delphi mengizinkan untuk IF THEN ELSE ini dipecah menjadi beberapa baris yang terpenting diakhir clause diberi tanda ";" (terminate).

Yang kedua diakhir statement Then kita tidak perlu memberikan tanda ";", karena ini masih merupakan satu bagian dari clause IF THEN ELSE, yang akan berakhir setelah statement Else.

Yang ketiga atau terakhir, kita harus memberikan nilai atau hasil ketika If Condition sesuai ataupun tidak sesuai. Jika If Condition sesuai makan then statement akan dieksekusi atau jiga tidak sesuai makan else statement yang akan dieksekusi.

Mengenai else statement kita juga bisa tidak menggunakanya (hanya cukup sampai then statement saja). Jika ini diberlakukan pada contoh diatas, maka then statement tidak akan dieksekuai karena 20 - 10 = 10 dan itu tidak lebih besar dari 20, dikarenakan tidak ada Else statement maka If Statement ini akan selesai dan tidak melakukan apa-apa. 

Satu lagi.. ketika kita tidak menggunakan Else Statement maka kita perlu memberikan ";" di akhir Then statement.

Kami memiliki contoh program yang bisa memudahkan untuk mengenal IF THEN ELSE dan bagaimana cara penggunaanya. Contoh program dapat di download dibawah ini.

Spoiler for Link Download:



Dan kalian juga bisa check video dibawah ini yang insyaallah bisa mempermudah pemahaman.

Spoiler for Video Penjelasan:


Sampai berjumpa diceloteh saya berikutnya, jangan lupa comment, share, like jika kalian suka dan bermanfaat..


Akhir kata... 


Wabilahitaufik Waldhidayah, Wa Assalamualaikum Warrahmatulahi Wabarakatuh







profile-picture
nona212 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di