CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / ... / Programmer Forum /
[DELPHI PROGRAMMING][FOR NEWBIE] Materi 02 - Tipe Data Pada Delphi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee064dff0bdb207cc0867fe/delphi-programmingfor-newbie-materi-02---tipe-data-pada-delphi

[DELPHI PROGRAMMING][FOR NEWBIE] Materi 02 - Tipe Data Pada Delphi

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.....


Selamat PAGI, SIANG, SORE, MALAM, Sobat Kami Semua.

Kali ini kami akan berceloteh sedikit tentang tipe tipe data yang ada pada delphi. Seperti yang kalian semua tau bahwa dalam program "word processor" seperti delphi, dia memiliki logika yang mengambil apa yang diketik oleh pengguna dan menyimpanya dalam bentuk data. Program ini juga menggunakan data untuk mengontrol bagaimana ia menyimpan dan memformat apa yang diketik dan diklik oleh pengguna. Oleh karena itu sering orang bilang klo DATA dan CODE itu berjalan beriringan.


Program tersebut dapat dengan bebas membaca dan menulis data dari dan ke slot memori yang diberikan identifikasi berupa nama oleh seorang programmer. Jenis data ini disebut Variable (var). Variable tersebut bisa berisi data seperti angka atau text.

Sebelum memulai apa aja jeni - jenis tipe data yang ada di delphi, kami ingin tunjukkan bagaimana cara kita untuk mendefinisikan variable pada delphi :

Berikut dibawah ini adalah contoh sebuah coding :


Quote:


Coba lihat dimana posisi var berada, disitulah kita akan mendefinisikan variable yang akan kita pakai. Setiap variable dimulai dari "Nama" yang kalian pilih, kemudian diikuti dengan tanda ":", kemudian tuliskan "tipe data" yang kalian pilih dan diakhiri oleh tanda ";" (Lihat code yang saya hitamkan diatas).

Perlu diingat juga bahwa nama variable ini harus unique harus berbeda dan bahawa pemrograman delphi tidak mengenal huruf besar dan kecil sehingga semua dianggap sama.

Baiklah sekarang kita langsung mulai aja ke jenis - jenis dari tipe data yang ada di delphi. Pada celoteh kali ini kami hanya akan memberikan beberapa contoh saja tipe data yang ada pada delphi, Yaitu :

1. INTEGER

Integer merupakan sebuah tipe data yang dapat menyimpan angka khusunya bilangan bulat, dia tidak dapat mengenali bilangan pecahan. 

2. REAL

Masih satu rumpun dengan integer, tetapi real lebih luas, dia dapat mengenali bilangan bulat dan pencahan, sehingga jenis data ini sangat cocok digunakan untuk perhitungan matematika dan finance.

3. CHAR

Tipe data ini dapat menyimpan data berupa anumerik, tetapi terbatas pada ruang penyimpanan, dia hanya bisa mengenal atau menyimpan 1 karakter saja.

4. STRING

Tipe data ini juga dapat menyimpan data anumerik, hanya saja tidak bisa diberikan operator perhitungan. Tipe data ini merupakan tipe data default yang tampil pada form.

Untuk lebih jelasnya, kalian bisa langsung download program yang sudah kami buatkan, kalian bisa mengetahui fungsi operator yang berlaku pada setiap tipe data dan juga bagaimana mereka menghandle perintah dari penulis program.


LINK Download dapat kalian temukan dibawah ini :

Spoiler for Link Download:


Atau kalian bisa tonton juga video kami dibawah ini untuk memberikan visual yang  lebih baik :

Spoiler for Video:


Sampai berjumpa diceloteh saya berikutnya, jangan lupa comment, share, like jika kalian suka dan bermanfaat..

Akhir kata... 

Wabilahitaufik Waldhidayah, Wa Assalamualaikum Warrahmatulahi Wabarakatuh

profile-picture
nona212 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di