CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / UKM /
Tips Mengambil Foto Produk yang Menarik Dengan HP
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee0426f2637721101702182/tips-mengambil-foto-produk-yang-menarik-dengan-hp

Tips Mengambil Foto Produk yang Menarik Dengan HP

Tips Mengambil Foto Produk yang Menarik Dengan HP


Banyak orang yang sukses berkat memanfaatkan teknologi digital untuk berjualan, media sosial mulai dari Facebook, Twitter hingga Instagram berubah menjadi lapak yang potensial bagi para penjual online. Apalagi disaat krisis seperti sekarang, dimana berjualan online menjadi alternatif bagi para pengusaha agar tetap produktif. Untuk berjualan di media sosial, tentu saja memerlukan foto produk yang menarik, namun masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara mengambil foto produk yang tepat. 
 
Foto produk menjadi salah satu daya tarik utama dalam penggunaan instagram. Jika Anda memiliki bisnis online shop yang menggunakan instagram, memajang foto produk yang eye catching wajib hukumnya untuk menarik pelanggan. Foto yang menarik akan mengundang konsumen untuk melihat-lihat hingga membeli koleksi produk yang dijual. 
 
Namun bagi Anda yang sedang berjualan online namun tidak memiliki dana untuk menyewa jasa fotografi, ada solusi lainnya untuk mendapatkan foto yang sesuai. Yaitu dengan menggunakan kamera handphone dan memaksimalkan kreativitas yang Anda miliki. 
 
Berikut ini adalah tips mengambil foto produk yang tepat dan menarik hanya dengan menggunakan kamera handphone:
 
1.      Buat Studio Mini
 
Selain meminimalisir pengeluaran karena peralatan dan bahan yang digunakan sederhana, membuat studio mini juga dapat meminimalisir tempat. Anda hanya memerlukan kertas HVS atau karton putih, selotip, meja, dinding, atau bisa juga dengan menggunakan laptop yang dibuka.
 
Selain itu pilihlah warna background yang tepat, gunakanlah warna netral seperti putih. Jangan menambahkan ornamen berlebihan, secukupnya saja. Hal ini dikarenakan Anda harus menonjolkan produk yang dijual, jangan sampai perhatian konsumen terganggu dengan ornamen tambahan yang terlalu berlebihan.
 
2.      Gunakan Model 
 
Khusus untuk produk fashion, penggunaan model saat mengambil foto bisa menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Produk yang terlihat pas di badan sang model, pastinya akan membuat produk yang kamu jual terlihat lebih menarik.
 
Selain itu juga bisa memberi gambaran pada pembeli, khususnya saat produk tersebut dikenakan langsung. Mintalah bantuan teman ataupun saudara untuk menjadi model dadakan.
 
3.      Gunakan Cahaya Matahari
 
Pencahayaan menjadi penentu utama bagus atau tidaknya hasil foto yang diambil. Karena kamera HP tidak secanggih kamera DSLR, maka harus ada cahaya yang cukup terang saat akan mengambil foto. Untuk hasil foto yang maksimal, lebih baik gunakan pencahayaan alami dari sinar matahari, bisa dari arah jendela atau pintu yang terbuka.
 
Letakan objek yang akan difoto tepat di tepi jendela. Untuk menghindari hasil foto dengan cahaya yang terlalu tajam, lakukan saat posisi matahari tidak terlalu tinggi, yaitu sekitar jam 8-9 pagi atau jam 4-5 sore.
 
Namun jika terpaksa harus mengambil foto di dalam ruangan, usahakan untuk mencari ruangan yang terpapar cahaya matahari. Jika dirasa masih kurang, tidak ada salahnya menggunakan lampu tambahan.
 
4.      Tentukan Tema Foto
 
Dalam menghasilkan sebuah foto yang apik, menentukan tema foto produk adalah hal yang paling krusial. Setelah tema ditentukan, matangkan kembali ide untuk melihat apakah tema dan hasil foto sudah relevan dengan apa yang akan disampaikan di media sosial. Kemudian Anda tinggal menyiapkan properti sesuai dengan tema. Gunakan properti atau aksesoris seperlunya agar foto produk tetap menjadi perhatian utamanya.
 
5.      Gunakan Pengaturan Kamera dengan Maksimal
 
Kamera HP pintar saat ini umumnya telah memiliki resolusi diatas 5 megapiksel, artinya sudah bisa mendapatkan gambar yang cukup baik.
 
Untuk menciptakan gambar berkualitas tinggi, aturlah kamera HP Anda agar bekerja pada pengaturan terbaiknya. Atur penggunaan resolusi (gunakan resolusi tertinggi), ISO yang tepat, white balance yang sesuai dan lain sebagainya. Setiap HP memiliki kemampuan yang berbeda-beda, jadi kenalilah dengan baik ponsel Anda!
 
6.      Ambil Foto dari Beberapa Sudut
 
Sudut potret (angle) sangat mempengaruhi hasil foto. Angle yang pas dari tiap objek yang akan difoto tentunya berbeda-beda. Misalnya, foto produk baju yang dipakai oleh model akan bisa memberikan gambaran jika diambil dari depan dan belakang. Sedangkan produk makanan akan lebih menarik jika diambil dari atas atau jarak dekat.
 
7.      Pelajari Cara Mengedit yang Baik
 
Sebagaimana proses menghasilkan foto pada umumnya, pengeditan merupakan opsi tambahan demi meningkatkan kualitas gambar. Pengeditan tentu tidak akan cukup membuat foto yang buruk menjadi bagus, namun pengeditan yang tepat akan membuat foto tampak menakjubkan.
 
Dengan mempelajari cara pengeditan yang tepat, Anda dapat bereksplorasi dan bereksperimen dengan berbagai peralatan berbeda untuk melihat berbagai hasil yang lebih memuaskan. Pengeditan ini identik dengan eksperimen dan tidak harus menghabiskan banyak uang. Ada banyak tutorial online yang memberikan edukasi tentang dasar-dasar pengeditan, dari proses awal eksperimen hingga bisa menghasilkan efek yang tepat bagi foto produk Anda.
 
8.      Tambahkan Watermark
 
Tips terakhir mengambil foto produk yang tepat dan menarik hanya dengan menggunakan handphone adalah menambahkan watermark. Fungsinya yakni untuk menandai sumber foto atau milik siapa foto tersebut. Penempatan watermark juga harus diperhatikan. Jangan menambahkan watermark pada bagian pojok foto karena mudah dihapus. 
 
Sebaiknya letakan watermark di tengah produk, tapi jangan lupa untuk mengatur transparansi foto agar tidak menutupi bagian utama produk.
 
Setelah mengetahui tips mengambil foto yang tepat dan menarik, sering-seringlah berlatih untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal. Jika Anda sudah khatam dengan trik-trik ini, maka produk UMKM Anda akan beberapa tingkat lebih menarik.
Facebook Twitter LinkedIn WhatsApp Copy Link 






GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di