CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sirkulasi Lengkap Rokok Kretek: Dibuat Petani Hingga Diminta Temen Sendiri
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee01b59337f932a9c0fa7c1/sirkulasi-lengkap-rokok-kretek-dibuat-petani-hingga-diminta-temen-sendiri

Sirkulasi Lengkap Rokok Kretek: Dibuat Petani Hingga Diminta Temen Sendiri

Quote:


Sirkulasi Lengkap Rokok Kretek: Dibuat Petani Hingga Diminta Temen Sendiri


Tidak bisa diragukan lagi kalau rokok sudah menjadi produk yang sulit matinya di Indonesia. Apalagi terdapat fakta yang mengejutkan kalau jumlah perokok pemula terus meningkat tiap tahunnya. Bahkan menurut Ketua badan khusus pengendalian tembakau Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat (IAKMI), dr. Widyastuti Soerojo, menyebut kalau dalam satu dekade kebelakang ini jumlah perokok pemula meningkat signifikan hingga 240 persen.
emoticon-Matabelo


Banyak faktor yang membuat orang ikut terjun dalam dunia per-ngudut-an ini. Mulai dari akses pembeliannya yang mudah, sampai cuma untuk gaya-gayaan buat ikutan arus a.k.a poser doang.

Nah buat lo yang cuma ikut-ikutan doang buat ngerokok, mending cari tahu proses sirkulasi dari pembuatan rokok, khususnya kretek, yang dilakukan petani tembakau hingga sampai pada fase dimintain temen setongkrongan lo.

Gak usah nge-googling, baca aja dibawah ini ya..
emoticon-Kaskus Banget



1. Beli tembakau dari Petani
Sebelum diproduksi perusahaan rokok, tentunya tembakau harus dibeli dulu dari petani tembakau. Fyi, petani tembakau itu tersebar di banyak wilayah Indonesia, jadi gak cuma di pulau Jawa doang.

Sirkulasi Lengkap Rokok Kretek: Dibuat Petani Hingga Diminta Temen Sendiri


Abis dibeli kagak langsung diolah juga Gan. Jadi disimpan dulu di gudang selama bertahun-tahun. Sampai nanti ada ahli per-tembakau-an yang bakal ngenilai kelayakan tembakau tersebut buat masuk ke proses pengolahan.


2. Ngiping
Sirkulasi Lengkap Rokok Kretek: Dibuat Petani Hingga Diminta Temen Sendiri


Fase ini adalah nyiapin kertas papir, terus dipinggirannya dikasih lem biar pas digulung nempel.


3. Njumput
Sirkulasi Lengkap Rokok Kretek: Dibuat Petani Hingga Diminta Temen Sendiri


Proses ini meletakan sejumput tembakau dan cengkeh dengan ujung jari. Tentunya ada takarannya. Biasanya agak tebel tuh ngejumputnya, ya kan tahu sendiri rokok kretek tebelnya kayak apaan.


4. Nggiling
Sirkulasi Lengkap Rokok Kretek: Dibuat Petani Hingga Diminta Temen Sendiri


Pas udah dijumput, fase selanjutnya adalah ditaruh ke alat giling. Abis itu barulah proses menggiling tembakau dan cengkeh dengan kertas papirnya dilakukan.


5. Bathil
Sirkulasi Lengkap Rokok Kretek: Dibuat Petani Hingga Diminta Temen Sendiri


Kalau udah digiling nanti udah mulai berbentuk tuh rokoknya. Abis itu barulah masuk ke proses bathil, yaitu ngerapihin tembakau dibagian ujung rokok yang masih berantakan kemana-mana dengan cara digunting.


6. Ngelongsong, then Nyonthong
Sirkulasi Lengkap Rokok Kretek: Dibuat Petani Hingga Diminta Temen Sendiri


Proses ngelongsong ini ngumpulin sebanyak 50 batang rokok yang sudah ready. Kalau udah dikumpulin barulah dilanjut dengan fase nyonthong, yang berarti memasukkan rokok ke dalam bungkusnya. Jumlah yang dimasukkan itu 12 batang per bungkus.


7. Kemas, Kasih Cukai, then Ngeslop
Sirkulasi Lengkap Rokok Kretek: Dibuat Petani Hingga Diminta Temen Sendiri


Kalau udah ada 12 batang rokok di setiap bungkus langsung dah tuh dikemas. Gak lupa juga dikasih cukainya. Kemudian dilanjut proses ngeslop dengan nge-packing 10 bungkus rokok.


8. Dikirim buat dijual
Sirkulasi Lengkap Rokok Kretek: Dibuat Petani Hingga Diminta Temen Sendiri


Nah di fase ini rokok udah siap dikonsumsi perokok Gan, jadi udah bisa buat dikirim ke seluruh dunia. Biasanya sih tempat populer orang beli rokok itu di minimarket, warung, atau gak beli di pedagang kaki lima atau bahasa elitnya ‘street vendors’.


9. Dibeli dan Diminta
Sirkulasi Lengkap Rokok Kretek: Dibuat Petani Hingga Diminta Temen Sendiri


Setelah bertransaksi pembelian rokok di street vendors, perokok udah bisa menyicipi rokok kreteknya. Sehabis itu barulah temen nongkrong langsung mengeluarkan kata pamungkas “Sebatang dong”. Nah pada fase diminta ini, kalian bebas untuk ngasih apa enggak ke temen Agan tersebut. Tapi kalau mintanya nyolot, kasih aja sebatang kayu lalu diayunkan. emoticon-Smilie


10. Simpan rokok baik-baik
Sirkulasi Lengkap Rokok Kretek: Dibuat Petani Hingga Diminta Temen Sendiri


Pada fase ini, rokok yang tersisa harus disimpan baik-baik. Karena rasanya akan berubah menjadi tidak enak jika dibiarkan dalam keadaan bungkus terbuka. Selain itu, perokok harus menyimpan rokoknya dengan baik agar meminimalisir adanya kolega yang mengambil secara diam-diam, biasanya anak kampus suka begitu tuh. emoticon-Najis (S)


Ada tambahan atau sanggahan? emoticon-Angkat Beer


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Artikel.Terunik dan 44 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh VolkswagenPutih
Halaman 1 dari 5
profile-picture
semvakleviz memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Daripada ngrokok, enak dirokok bre.

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
gpfan dan VolkswagenPutih memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Sirkulasi Lengkap Rokok Kretek: Dibuat Petani Hingga Diminta Temen Sendiri

Sirkulasi Lengkap Rokok Kretek: Dibuat Petani Hingga Diminta Temen Sendiri

Sirkulasi Lengkap Rokok Kretek: Dibuat Petani Hingga Diminta Temen Sendiri

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mapaygawir dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Sirkulasi Lengkap Rokok Kretek: Dibuat Petani Hingga Diminta Temen Sendiri
Rokok father father

Ku ambil Gele sebatang
Ku ucap
Puji Tuhan

emoticon-Kaskus Radio emoticon-Kaskus Radio emoticon-Kaskus Radio emoticon-Kaskus Radio
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iqbal.AMS dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kyukyunana
Lihat 5 balasan
itu lemnya food grade kagak? emoticon-Belo

profile-picture
profile-picture
cavaliet07 dan VolkswagenPutih memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ada pepatah antar perokok "wedhus di umbar lemu, udut diumbar kuru" emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
edypracadabra dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
sokam is the best kretek
profile-picture
VolkswagenPutih memberi reputasi
Lihat 1 balasan
roko boleh minta itu lebih enak daripada roko beli sendiri
emoticon-cystg
profile-picture
profile-picture
profile-picture
egama dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Gak pernah cucok dg kretek, bakonya sering ngikut di lidah emoticon-Embarrassment

Spoiler for smoker only:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jembloengjava dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 16 balasan
Paling mantab ngerokok yg di-linting sendiri 'bre, apalagi sambil di-rokok, muantab.....
profile-picture
VolkswagenPutih memberi reputasi
Lihat 2 balasan
pernah ikut bapak nanam beberapa tembakau dulu pas masih tk. tapi gak memuaskan. mungkin iklim gak cocok.
profile-picture
VolkswagenPutih memberi reputasi
Lihat 2 balasan
waktu sd aku pernah cita cita bkin pabrik rokok pikiran ku mudah sekali dijual
profile-picture
profile-picture
VolkswagenPutih dan nowbitool memberi reputasi
Sirkulasi Lengkap Rokok Kretek: Dibuat Petani Hingga Diminta Temen Sendiri

Bagi rokonya bre.. Belon sempet beli.. emoticon-Smilie
#speak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
VolkswagenPutih dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Campuranny gak ada bre....
Lihat 1 balasan
Mr. Gelex..
emoticon-Ngakak
lemnya pake aibon kayanya nih. bisa enak betul
emoticon-Leh Uga
Ikut meramaikan ahh...

Rokok sehari2
Sirkulasi Lengkap Rokok Kretek: Dibuat Petani Hingga Diminta Temen Sendiri
Kadang ganti marlboro merah ama jarum super

Klo kretek favorite:76,234,sampoerna hijau,gudang garam kretek
Enaknya isep kretek itu pas lagi santai misalnya pas abis snack sore,ngopi nah cocoknya kretek...di teras rumah pula,wah enaknya berasa surga dunialah
emoticon-Ngakak


Edit,tambahan:lintingan klo dikasi temen,atau pas pulang semarang iseng beli di pedamaran,emang dasarnya mulut gue mulut asbak sihh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
VolkswagenPutih dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh hobicrott
Lihat 2 balasan
Enaknya rokok kretek itu adalah kalo lagi bokek bisa dirokok secara bertahap emoticon-Hammer (S)
Pas bokek parah, msh bisa mengais sisa2nya lalu di tingwe alias dilinting dewe emoticon-Malu (S)
profile-picture
VolkswagenPutih memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Rokok kretek kampung baunya nyengat emoticon-Hammer2

Ngelintingnya pake ludah (ujung kertas di jilat).

njumput itu ada resepnya, klo enak mungkin bisa di jual...


Soal rokok, entah kenapa teman dan kenalan w klo lagi nongkrong di bawain makanan ampe tongkrongan selesai masih aja nyisa atau utuh, beda klo w bawa racun (rokok) belum lama nongkrong isi udah tinggal setengah atau malah di minta buat mereka bawa sisanya... emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
ardian76 dan VolkswagenPutih memberi reputasi
Diubah oleh nowbitool
Lihat 4 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di