CARI
KATEGORI
KATEGORI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee0133388b3cb283046605c/ki-hajar-dewantara

Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantra

Pada tanggal 2 mei 1889,di Yogyakarta lahir seorang bayi laki-laki, oleh kedua orang tuanya diberi nama Suwardi Suryaningrat,yang setelah dewasa dikenal dengan nama Ki Hajar Dewantara .

Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantara seorang pejuang kemerdekaan,beliau berjuang pada masa penjajahan Belanda,Jepang dan Zamab Revolusi 1945.Cita-cita Beliau sangat luhur.Beliau berpendapat bahwa setiap manusia mempunyai persamaan hak,dia tidak senang penguasaan manusia di atas manusia secara sewenang-wenang.

Pada tanggal 25 Desember 1912 bersama-sama dengan dr.Cipto Mangunkusumo dan Setiabudi,mendirikan Indische Partij.Orga nisasi ini mempunyai tujuan yang sangat mulia,yaitu menuntut agar indonesia merdeka,agar bebas dari belenggu penjaajahan.Namun,perjuangan mereka belum berhasil.Kritik-kritik terhadap kaum penjajah sanagat lah pedas dan berani,sehingga ketiga pemimpin itu diasingkan.

Meskipun perjuanganya belum berhasil ,semangat Ki Hajar Dewantara tidak pernah padam.Pada tanggal 3 Juli 1922,beliau mendirikan Taman Siswa di Yogyakarta.Ki Hajar Dewantara beserta kawan-kawanya mulai merintis pendidikan nasional,yaitu pendidikan yang memupuk semangat kebangsaan di kalangan muda disana.Beliau memperjuangkan pendidikan untuk rskyat khusunya kalangan muda,seluruh rakyat berhak mendapat pendidikan,bukan hanya untuk kalangan bangsawan dan orang yang kaya serta penguasa saja.

Sampai sekarang,Taman Siswa mempunyai banyak siswa dan Mahasiswa.Ada Taman Indira,Taman Siswa,Taman Madya,Taman Dewasa,Taman Guru,Dan Taman Sarjana Wiyata.Perkembangan Taman Siswa semakin meluas tidak hanya didalam negri akan tetapi sampai keluar negri.Para lulusanya banyak sekali yang menjadi pemimpin Negara.

Ki Hajar Dewantara mempunyai jiwa pejuang yang andal,ikhlas,jujur,dan tawakal.Beliau dapat dijadikan contoh atau suri teladan bagi kita penerus bangsa indonesia ini,beliau diangkat sebagai Bapak pendidikan nasional.Jasanya sangat besar di bidang pendidikan.

Ki Hajar Dewantara wafat pada tanggal 26 April 1959.Untuk mengenag jasanya,pemerintah menetapkan tanggal 2 mei sebagai hari pendidikan Nasional.


Sumber:

Buku Bahasa Indonesia Kelas 5 SD

Gambar:

https://blue.kumparan.com/image/uplo...uxztxx78yu.jpg
profile-picture
nona212 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di