CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Games / ... / eSports /
3 Penyebab Atlet Esport Pensiun Dini.
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5edfd522365c4f11f52e6f22/3-penyebab-atlet-esport-pensiun-dini

3 Penyebab Atlet Esport Pensiun Dini.

3 Penyebab Atlet Esport Pensiun Dini.

Esport adalah sebuah olahraga yang saat ini menjadi primadona untuk masyarakat hampir diseluruh dunia. Hal ini terjadi karena esport sendiri telah merubah perspektif masyarakat terhadap game. Game pada jaman dahulu dianggap sebagai kegiatan yang negatif serta sia-sia. Namun, dengan hadirnya esport ini kalian bisa menjadi seseorang yang sukses dengan game. Dengan hadirnya esport maka hadir pula sebuag industri baru yaitu industri esport. Ini bukan tanpa alasan karena banyak pekerjaan yang dilakukan dalam esport seperti atlet esport, observer, shoutcaster dll.

Atlet esport ini sudah melekat dengan industri esport itu sendiri. Tapi, tahukah kalian banyak sekali atlet esport ini memilih untuk pensiun dini dibandingkan atlet-atlet lainnya. Seperti yang kita ketahui kalau rentan waktu atlet esport ini berkisar dari 17  sampai 25 tahun. Orang-orang yang lebih dari 25 tahun biasanya telah mengalami kemunduran fungsi seperti mata sudah tidak bisa mengikuti permainan secara maksimal, sel motorik mengalami kemunduran dan masih banyak lagi.

Tapi, tahukah kalian bahwa beberapa atlet esport harus memilih jalan untuk pensiun dini dibandingkan melanjutkan melanjtkan kariernya. Inilah 3 penyebab kenapa para atlet esport lebih memilih pensiun dini :

1. Cedera atau penyakit yang dialami.
3 Penyebab Atlet Esport Pensiun Dini.

Cedera yang dialami seorang atlet ini bisanya berhujung sampai atlet tersebut pensiun. Hal ini juga bisa terjadi pada atlet esport. Cedera yang biasanya dialami oleh para atlet esport yaitu Spontaneous Pneumothorax atau kelainan pada paru - paru, Sindrom Carpal Tunnel atau rasa sakit pada tangan, Tennis Elbow atau rasa sakit pada siku, Eye Strain kemunduran fungsi pada mata dan Repetitive Strain Injury (RSI) atau cedera sendi akibat ketengan otot. Selain cedera yang dialami oleh atlet esport ini ada juga penyakit yang menyerang atlet esport.

Salah satu atlet yang mengalami cedera hingga pensiun yaitu  Clinton “Fear” Loomis seorang atlit daro Dota 2. Ia terkena cedera tennis elbow secara terus-menerus yang membuatnya untuk memutuskan untuk pensiun dini dibandingkan melanjutkan kariernya.

2. Kehilangan motivasi untuk bermain.

3 Penyebab Atlet Esport Pensiun Dini.
Gambar hanyalah ilustrasi

Kehilangan motivasi pada seorang atlit esport ini adalah permasalahan serius bagi tim. Dimana, jika para pemainnya kehilangan motivasi tim tersebut akan hancur karena gak ada gairah dari atlet untuk memenangkan turnamen. Tapi tidak sedikit atlet yang memilih untuk berhenti sejenak hingga pensiun. Kehilangan motivasi ini beragam alasannya. Salah satunya karena ia telah mendapatkan semua yang telah didapatkan hingga tidak ada lagi yang bisa dikejar.

Atlet esport yang kehilangan motivasinya adalah Sebastien 'Ceb" Debs selaku pilar penting tim OG kala menjuarai dua TI mengaku motivasinyatak lagi solid pada musim tersebut. 

3. Esport : olahraga yang tidak sehat.
3 Penyebab Atlet Esport Pensiun Dini.
Gambar hanyalah ilustrasi

Sudah bukan rahasia lagi bahwa esport adalah olahraga yang tidak menyehatkan. Tidak menyehatkan disini adalah para atlet harus berlatih secara berlebihan, begadang, pola makan tidak terartur dan masih banyak lagi. Olahraga yang tidak sehat ini yang mengakibatkan para atletnya mengambil langkah pensiun dini untuk kesehatan dibandingkan melanjutkannya.

Kabar bahwa atlet yang pensiun karena esport ini adalah Jian Zihao atau yang lebih dikenal sebagai Uzi memutuskan pensiun dini, dalam usia 23 tahun. Uzi memutuskan untuk pensiun dini dari dunia games karena kesehatannya yang terus memburuk sejak menjadi atlet e-Sport.

Bagi kalian yang ingin menjadi atlet esport. Kalian harus tahu penyebab-penyebab para atlet pensiun. Hal ini dirasa penting untuk bisa mencegah terjadinya pensiun dini.

Sumber : 1 2 3











profile-picture
profile-picture
profile-picture
OliviaDea dan 2 lainnya memberi reputasi
Nama2 cederanya aneh
kasian pensiun emoticon-Mewek
aku tidak tertarik sama e-sport
kurang minat
biasanya kan cuma lomba video game buat kesenangan
Pensiun dini jg udah dapet modal lumayan dr hadiah & endors
4. Kadang game-game esport kan harus selalu fresh akhirnya ngubah ini itu sampe gamenya bahkan hampir berubah seutuhnya (Tekken 7 setelah season 2, Dota 2 hampir 2 tahun sekali kek berubah total aturan, skill, effect, dll) Ga bisa ngikutin perubahan jadi akhirnya pensiun dini.
Gitu deh namanya permainan pasti ada resiko emoticon-Berduka (S)
waw kasian. kudu diimbangin sih sama aktivitas fisik
esport musiman, trend, apa bisa buat jangka panjang ya?
woww.. dibanding atlet beneran masa rentang kariernya pemain e-sport lebih singkat ya 17-25 tahun emoticon-Wow

harus bener-bener manfaatin waktu dan nyiapin langkah karier berikutnya setelah pensiun nanti emoticon-Sorry
Lihat 1 balasan
Main game tu harusnya fun bukan malah tambah stres :tepar


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di