CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Penjelasan yang Lebih Mutakhir Tentang Ilmu Sains yang Keliru
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5edfb6d4365c4f58ca7c1e5c/penjelasan-yang-lebih-mutakhir-tentang-ilmu-sains-yang-keliru

Penjelasan yang Lebih Mutakhir Tentang Ilmu Sains yang Keliru

10 Fakta tentang Sains yang Dianggap Benar


Penjelasan yang Lebih Mutakhir Tentang Ilmu Sains yang Keliru


Sewaktu kita kecil hingga dewasa, banyak ilmu sains dan teknologi yang kita yakini kebenarannya padahal itu salah. Di sini yang salah bukan peneliti, ilmuwan, guru atau dokter sekalipun. Penyebabnya adalah kurangnya ilmu dan penerapan teknologi untuk mendapatkan kesimpulan yang jelas dan tepat. Mau tau apa saja kesalahpahaman di dunia Sains yang salah besar? Berikut diantaranya, simak yuk :


Ketika Banteng Melihat Warna Merah


Pernah dengar nggak kalau Banteng akan menyeruduk jika melihat warna merah. Padahal menurut ilmu Biologi, mengatakan kalau Banteng buta warna. Lantas apa yang membuat binatang yang suka marah itu kesal luar biasa? Yakni kain yang digerakkan. 😅


Hal ini sering dilakukan dalam perayaan di beberapa daerah ya. Lucu kalau menontonnya di tivi.


Rambut dan Kuku yang terus tumbuh pada Jenazah


Penjelasan yang Lebih Mutakhir Tentang Ilmu Sains yang Keliru


Sekian lama pengetahuan yang salah ini telah membuat kita keliru. Dikarenakan kelenjar pada sel membuat kuku dan rambut terus tumbuh. Padahal kalau manusia meninggal dunia, seluruh fungsi sel akan berhenti dan membusuk. Apakah yang membuat kuku dan rambut tampak semakin memanjang? Yakni proses dehidrasi pada kulit sehingga kulit mengering. Terjadi penerikan yang berlawanan, tampaklah kuku dan rambut terlihat lebih panjang dari sebelumnya.


Tapi emang kukunya terlihat panjang, ya. Contoh dalam ritual suku Toraja. Jenazah yang dipakaikan baju tersebut tampak panjang kuku-kukunya. Ternyata menurut sains saat ini, dikarenakan kulit yang mengering. Sehingga terjadi perlawanan arah.



Lima Indera Manusia
Penjelasan yang Lebih Mutakhir Tentang Ilmu Sains yang Keliru
Kita mengetahui Indera hanyalah perasa, pengecap, penciuman, pendengar dan penglihatan. Padahal kita memiliki lebih banyak Indera, baik dalam kategori sentuhan, tekanan, temperatur dan sebagainya. Bagaimana dengan Indera keenam? Silahkan berpendapat sendiri. Hehe.



Sambaran Petir Dua Kali di Satu Titik


Penjelasan yang Lebih Mutakhir Tentang Ilmu Sains yang Keliru


Petir dapat menyambar tidak hanya sekali atau dua kali. Bahkan berkali-kali. Tak terhindar dan tak diduga.


Saya pernah melihat petir menyambar saat di sawah, dan kilatan itu sangat mengerikan. Padi yang kena sambar langsung terbakar. Sungguh mengerikan.



Tembok Besar Tiongkok


Penjelasan yang Lebih Mutakhir Tentang Ilmu Sains yang Keliru


Keajaiban dunia yang luar biasa ini, dikatakan dapat dilihat dari luar angkasa. Padahal dari luar angkasa yang terlihat hanyalah Titik-titik cahaya dari permukaan bumi.



Lebih Banyak Kebaikan Daripada Buruknya Alkohol


Penjelasan yang Lebih Mutakhir Tentang Ilmu Sains yang Keliru


Alkohol untuk menghangatkan tubuh, padahal merusak sistem panas alaminya tubuh. Jadi sebenarnya hanyalah perasaan kita saja Alkohol memberi efek hangat yang berguna.


Akan tetapi di luar negara bagian yang mengalami musim salju. Alkohol sangat bermanfaat, ya untuk menghangatkan tubuh. Tapi yang jelas Alkohol banyak mudharatnya daripada baiknya. Merusak otak dan sebagainya.



Sensor Pengecap pada Lidah


Penjelasan yang Lebih Mutakhir Tentang Ilmu Sains yang Keliru


Selama ini kita meyakini rasa pahit, asam, manis dan asin hanya dapat dirasakan sesuai letak dan fungsi bagian lidah masing-masing. Hal ini dikoreksi, kalau sebenarnya bagian lidah manapun dapat merasakan bermacam rasa.



Bahaya Menelan Permen Karet


Penjelasan yang Lebih Mutakhir Tentang Ilmu Sains yang Keliru


Dari zaman nenek moyang mengatakan, bahaya menelan permen karet karena butuh 7tahun bahkan lebih untuk mencernanya. Hal ini dikoreksi, benar adanya permen karet sulit dicerna, akan tetapi permen karet akan terus dikeluarkan melalui jalur pencernaan dan dengan cepat terbuang bersama kotoran.



Jari Mengkerut Kerana Cengkeraman Saat Keadaan Darurat


Penjelasan yang Lebih Mutakhir Tentang Ilmu Sains yang Keliru


Jari mengkerut saat berendam lama dalam air, atau berenang dalam waktu yang cukup lama, ini dikarenakan agar kita mampu mencengkeram jemari kita saat keadaan darurat. Tidak hanya saat dalam keadaan darurat, akan tetapi ini dipengaruhi oleh kondisi basah dan kering pada tangan. Dan adanya penyempitan pembuluh darah.



Minum Air Putih Sebanyak 8 Gelas


Penjelasan yang Lebih Mutakhir Tentang Ilmu Sains yang Keliru


Hal ini keliru, agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Maka dibutuhkan cairan. Akan tetapi bukan dari air minum saja didapatkan cairan. Bisa dari sayuran dan buah.


Jadi sebenarnya disesuaikan dengan keadaan tubuh masing-masing. Akan ada pengingat berupa alarm saat tubuh merasakan kekurangan cairan. Atau automatis meminta untuk minum.


Sepuluh koreksi ilmu sains di atas sama sekali tidak menyalahkan ilmuwan, dokter dan ahlinya. Hanya sebuah perkembangan teknologi yang lebih mutakhir, ya. Jadi jangan dijadikan perdebatan atau saling menyalahkan. Sesuai perkembangan zaman, ilmu teknologi semakin mendapatkan hal dan kebenaran yang baru. Kita sebagai manusia belajar untuk tau lebih banyak.


Silahkeun berdiskusi dengan santun dan santuy, ya.


Belajar Bersama Bisa da Terima Kasih

emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2



Sumber :
Di sini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
milo... dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh embunsuci
Singgah, Sahabat Kaskus
profile-picture
081364246972 memberi reputasi
Lihat 6 balasan
ilmu pengetahuan memang terus berkembang dan berkembang, jd ga salah kalau bapak dan ibu guru dulu bilang, jangan pernah berhenti belajar, selama hayat masih dikandung badan
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
Seolah kukunya yang memanjang. Padahal kulitnya yang dihidrasi... kayak semacam ilusi optik yaemoticon-Matabelo
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
Quote:


Yes tuntutlah ilmu hingga akhir hayat

Quote:


Hu'um begitu lah, Gan
profile-picture
profile-picture
alketam dan indrag057 memberi reputasi
Banyak yang keliru ya ternyata
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ane kurang sepakat soal poin alkohol. pasalnya alkohol sering dipakai sebagai bahan baku obat. alasannya? karena beberapa zat aktif obat hanya dapat larut dalam alkohol. contohnya obat batuk.

sebuah bahan kalo gak dimanfaatkan sebagaimana mestinya ya pasti lbih banyak mudaratnya
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Quote:


Tidak ada orang waras yg begitu bodoh meminum alkohol murni.
emoticon-Ngakak bahkan minuman keras itu kadar alkoholnya gak murni. Untuk sekelas vodka saja kadarnya 35-60%

Ane bukan nyaranin ente minum alkohol loh ya. Tapi segala sesuatu kalo tidak pada tempatnya dan berlebihan itu gak baik.

Daging kambing gimana? Kalo dimakan sama penderita hipertensi bahaya padahal. Kankung gimana? Kalo dimakan sama org asam urat padahal bisa bikin badan sakit semua
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Waaah nomer satu diyakini bener yaa
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Hehe.. iya ya dulu waktu kecil kalau Idul Adha lihat kurban tidak berani pakai baju merah, takut diseruduk sapi.
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di