CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Hobby & Community /
New Normal di Indonesia: sukses atau gagal???
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5edfae4baf7e930f6b61a7b0/new-normal-di-indonesia-sukses-atau-gagal

New Normal di Indonesia: sukses atau gagal???

Hai...agan-agan, New Normalakan diberlakukan oleh pemerintah Indonesia. Tentu kita sebagai warga Indonesia yang baik akan mendukung kebijakan ini demi perkembangan Negara Indonesia. Namun sebenarnya banyak masyarakat Indonesia yang belum tahu apa sih sebenarnya New Normal itu. Kalau dalam bahasa yang sederhana New Normal artinya beraktivitas seperti biasa namun dengan tambahan mengikuti protokol kesehatan untuk mecegah penularan Covid-19. Apakah ini solusi untuk mengatasi dan mengurangi ataukah sebaliknya malam memperparah?

New Normal di Indonesia: sukses atau gagal???

Penerapan New Normal bukanlah sembarangan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan beberapa kriteria bagi negara-negara yang ingin menerapkan New Normal. 

1. Negara yang akan menerapkan New Normal harus telah terbukti dapat mengontrol transmisi covid-19. Apakah Indonesia masuk dalam kategori ini? Kalau kita mengikuti update corona 9 Juni 2020. Jumlah yang positif terus meningkat yakni 33.076. Data yang ada belum menunjukkan angka penurunan.

2. Negara harus memiliki sistem kesehatan yang mampu mendeteksi, menguji, mengisolasi dan menangani setiap kasus corona.

3. Negara harus mampu mengurangi risiko penyebaran corona di tempat-tempat yang memeiliki risiko tingkat tinggi seperti sekolah, pasar dan tempat-tempat ibadat.

4. Negara harus bisa mengatasi imported case.

5. Masyarakat perlu diberikan edukasi dan diajak untuk berperan aktif dalam masa transisi.

Pelaksanaan New Normalmemang sebuah dilema bagi pemerintah. Pelaksanaan PSBB yang sudah dilaksanakan selama ini untuk memutus penyebaran covid-19 memiliki dampak besar untuk perekonomian bangsa. Banyak dunia usaha tidak bisa beroperasi sehingga perekonomi mengalami situasi terpuruk. Sementara itu sampai saat ini jumlah yang positif corona semakin bertambah. Tidak ada kepastian kapan pandemi ini akan berakhir. Di tengah ketidakpastian itu pemerintah tidak mungkin menerapkan terus-menerus PSBB karena akan mematikan sumber-sumber ekonomi. Kebijakan New Normal adalah sebuah kebijakan yang bisa memberikan solusi sejauh seluruh masyarakat ikut terlibat aktif dalam mengikuti segala aturan dan ketentuan pemerintah. 

Pelaksanaan New Normaldi Indonesia tentu akan dilaksanakan dengan sangat hati-hati dan memiliki prosedur.  Pemerintah akan sangat berhati-hati supaya ekonomi bisa berjalan tetapi kesehatan masyarakat juga dapat terjaga. Penerapan New Normal tentu akan didahului edukasi, sosialisasi dan stimulasi. Lalu ketika diterapkan harus ada evaluasi terus menerus. Pemerintah tentu sangat mengharapkan kerjasama dari seluruh warga masyarakat untuk mendukung kebijakan ini demi masa depan Bangsa Indonesia. Kebijakan New Normal  menjadi gagal atau sukses berada di tangan kita bersama. Kalau semua elemen masyarakat Indonesia bekerja sama maka akan berhasil dengan baik. 




profile-picture
nona212 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di