CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ide Tiba-tiba Muncul Saat Di Kamar Mandi? Ini Penyebabnya!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5edfa9d0263772236e30e33f/ide-tiba-tiba-muncul-saat-di-kamar-mandi-ini-penyebabnya

Ide Tiba-tiba Muncul Saat Di Kamar Mandi? Ini Penyebabnya!



Ide Tiba-tiba Muncul Saat Di Kamar Mandi? Ini Penyebabnya!

sumber gambar

Halo sobat kaskus, apa kabar?
Semoga sehat selalu yaa. Aamiin..

Bicara soal ide tak lepas dari konsentrasi dan daya pikir yang harus kreatif. Namun, sadarkah sobat kaskus bahwa terkadang ide itu sendiri bahkan muncul tanpa disadari saat kita berada dikamar mandi. Saat dimana kita tidak ingin berpikir sama sekali. Lucu juga yaa hahahaa
Pernahkah sobat demikian? Bahkan ide untuk menulis thread seperti inipun ane dapat saat sedang berada diruang kecil tersebut wkwk
Namun anehnya, kadang ide itu tiba-tiba juga hilang sesaat setelah ane keluar dari kamar mandi tersebut.

Tahukah agan sista penyebab hal tersebut? Kalo menurut ane sih seperti dibawah ini!

1. Berada di kamar mandi jauh dari hiruk piruk keramaian

Saat berada di dalam kamar mandi, suasana cendurung santai dengan gemericik air kran yang cukup tenang. Hal ini cukup menarik kegiatan otak untuk berpikir lebih baik daripada saat berada di keramaian karena pada dasarnya konsentrasi pasti lebih baik pada suasana tenang. Selain itu, pada saat mandi, tubuh cenderung merasakan relaksasi sehingga otak tidak terfokus pada suatu masalah.

2. Pada saat dikamar mandi, tidak ada paksaan untuk otak berpikir keras.

Biasanya, pada kondisi ini orang lebih senang bernyanyi atau melamun di kamar mandi. Bernyanyi atau mendengarkan musik yang disukai cukup memicu otak untuk mengembara bebas dan kadang malah berkhayal. Itulah sebabnya, saat angan itu datang timbullah ide bagaimana cara mewujudkannya.

Berikut penjelasan menurut psikolog mengenai ide dikamar mandi

1. Leo Widrich, dalam blog Buffer yang dilansir Lifehacker punya penjelasan ilmiah mengenai kreativitas kamar mandi.

Pada dasarnya, otak akan menelurkan ide kreatif saat:

- Otak mengeluarkan banyak hormon dopamin. Pemicunya antara lain olahraga, mendengarkan musik, dan mandi air hangat.
- Kita merasa rileks. Perhatian kita terpusat, dan menjadi lebih mudah menemukan suatu koneksi dalam diri.
Kita terdistraksi.
- Distraksi memberikan otak kita kesempatan istirahat, sehingga bawah sadar dapat memecahkan masalah dengan lebih kreatif.

2. Mental Floss, juga pernah mengulas soal lamunan di kamar mandi.
Lamunan ini membuat korteks prefrontal --pusat komando otak untuk membuat keputusan, dan bersikap-- dalam keadaan rileks. Karenanya, otak beralih masuk dalam default mode network (DMN).

Saat korteks rileks dan DMN dalam keadaan hidup, Anda dapat membuat koneksi kreatif baru yang akan dibuyarkan oleh pikiran dalam keadaan sadar. Itu mengapa, ide saat Anda mandi sangat berbeda dengan ide di kantor. Dimana pikiran cendrung lebih tertutup.

Berpikir keras memecahkan suatu masalah akan menonaktifkan jaringan standar. Memicu kontrol korteks prefrontal. Ini bukan hal buruk, malah mempertajam fokus dan bisa membuat Anda menyelesaikan pekerjaan sesuai tenggat waktu.
Di sisi lain, kondisi tersebut dapat menyeret Anda pada kebuntuan kreativitas. Karena saat Anda foku pada sebuah masalah, otak cenderung menyensor solusi nonkonvensional dan kreatif.


Menurut Co-Founder Buffer, Leo Widrich, kamar mandi merupakan tempat yang pas untuk memunculkan ide-ide kreatif, karena ketika kamu di kamar mandi, perasaan senang, rileks, dan distraksi ringan akan mengusik ide kreatif di alam bawah sadar. Hal ini dikarenakan otak melepaskan gelombang bahagia ketika kamu berada di kamar mandi.

Gelombang ini disebut dengan neurohormon dopamin yang membuat tubuh kamu menjadi lebih rileks, sehingga pikiran-pikiran baru muncul. Tidak hanya itu, gelombang ini juga bisa membuat kamu mengingat hal yang telah berlalu lho. Misalnya, ketika kamu lupa menaruh kunci beberapa hari yang lalu, namun tiba-tiba ketika kamu mandi, kamu mengingat di mana kamu meletakkan kunci tersebut.

Nah, nanti kalo agan sista lagi buntu ide coba aja perbanyak aktivitas di kamar mandi. Siapa tau ada yang nyantool wkwk.
Just kidding✌!
~


Putriramadani12
Sumber di sini dan di sini
profile-picture
nona212 memberi reputasi
the power of kamar mandi wkwkw


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di