CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Pengalaman Operasi Wasir Laser (LHP) di Klinik Wasir
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5edf7903a2d19536203ce9c5/pengalaman-operasi-wasir-laser-lhp-di-klinik-wasir

Pengalaman Operasi Wasir Laser (LHP) di Klinik Wasir

Bulan Februari udah ngerasain sakit ketika BAB sampai pernah mengejan dan keluar darah kaya ati ampela gitu.

Bulan Maret setiap BAB pasti menderita banget, karna wasirnya keluar dan harus dibantu masukin pake tangan. Sakitnya itu sampai sekitar 7 jam baru hilang. Di bulan ini udh dateng ke Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dikasih obat nyeri tp ga ampuh sama sekali. Selang 2 minggu dateng lagi ke Dokter Spesialis Bedah, disitu langsung dijadwalin operasi aja, katanya udh Std 3 (tp di form pendaftaran rawat inap ditulisnya Fissura Ani). Di hari yang sama langsung cek darah + rontgen.

Pas hari H mau OP,  waktu itu lagi banyak berita dokter di Bogor yang meninggal krn positif kena Covid. Jadi, gegara pandemi akhirnya batal lah operasi di RS (sampai sekarang hasil lab-nya malah belum diambil). Trus mikir juga kalau rawat inap malah takut jadi resiko penyakit yang lain.

Penderitaan terus berlanjut sampai bulan Mei. Selama itu, sempet dateng ke toko obat Cina, ada satu obat yang manjur (obatnya cuma buat seminggu dan harganya 176rb). Nah disini aga enakan, nyeri tp ga sampe 7 jam, 2-3 jam udh membaik. Tapi obat ini ga boleh diminum kalau lagi haid, padahal pas lagi haid itu setiap BAB sakit banget emoticon-Frown Setelah haid selesai, minum obat itu lagi, jadi ga manjur emoticon-Frown

Sambil minum obat itu dateng juga ke Shinsei. Di Shinsei cuma dipegang perutnya (kaya dikasih tenaga dalam) abis itu disuruh bawa pulang daun-daunan kering untuk direbus dan diminum (kaya daun handeleum - ga tw lah namanya apa kalau di tempat lain). Membaik? Ga sama sekali (mungkin gw yang ga sabar).

Akhir bulan Mei, browsing" lagi di internet.. ketemu lah 1 klinik di Bogor yang katanya bisa sembuh 2 minggu tanpa operasi. Otomatis pergi kesitu setelah libur lebaran selesai (kliniknya baru buka). Dokternya ramah.. pas denger keluhan dan dicek ternyata katanya wasir Std 3, ada wasir kulit dan kemungkinan di bagian lain ada Fissura Ani. Diagnosanya masih sama kaya di RS. Nah, pengobatan disini katanya kalau wasir internal, wasirnya harus dibiarin keluar dan ga boleh dimasukin lagi. Metodenya akan dikasih salep sampai nanti 2 minggu wasirnya akan mengering dan copot sendiri.

Akhirnya ketika BAB besokannya, wasirnya gw biarin keluar. Ya Tuhan, sakitnya meuni tiada tara.. biasanya ga pendarahan, jadi ada darah di pembalut.

Disaat sakit tiada tara itu, akhirnya browsing lagi.. ketemu lah klinik di Bintaro yang katanya operasinya bs langsung tindakan walaupun baru sekali konsultasi. Kira" ini percakapannya :

1. Bisa langsung tindakan? Bisa banget
2. Yang nanganin bisa cewe? Bisa
3. Biaya di sekitaran berapa? 7-15 Jt
4. Metodenya apa? Tergantung dari diagnosa. Teknologi terbaru Bipolar Tech USA dan ada laser juga
5. Bisa asuransi? Tidak bisa. Sistemnya reimburse. Klinik akan siapin berkas" sesuai kebutuhan untuk klaim asuransi >> coba tanya dulu ke asuransinya bisa klaim One Day Care treatment apa ga dan minta syarat"nya apa aja
6. Bisa bayar pake CC? Bisa kena charge 2%. Transfer juga bisa.
7. Boleh tau nama dokternya? (Pas browsing ternyata dokternya Spesialis Bedah Dignitif di RS Bethsaida TangSel dan praktek juga di RS Mitra Keluarga Serpong) >> dikasih saran juga sama CPnya kalau memang mau cashless bisa langsung ke RS Bethsaida dengan dokter dan metode yang sama, tp biayanya 2-3x lipat dari biaya di klinik)

Ga pake mikir lagi langsung jalan ke lokasi (Bogor - Bintaro). Itu mah sepanjang jalan duduk ga enak, tidur juga salah, pengennya cepet" sampe trs operasi. Let it be it be deh pasca OP bakal sakit apa ga.

Sampe lokasi cuma nunggu antrian sejam (krn dpt antrian ketiga dan 2 orang sebelumnya tindakan juga). Petugasnya ramah" banget jadi ga takut mau operasi juga. Masuk ke ruangan dokter yang sekaligus ownernya langsung dicek n divonis Std 4 emoticon-Frown Ga bertele" langsung ditawarin metode apa yang mau dipake. Krn wasirnya udah parah, ditawarin 2 metode.. yang 1 dipotong wasirnya (15 juta) yang satu lagi laser LHP (25 juta). Pas ditanya ke dokternya bedanya gimana? Dokternya bilang pasien yang laser ketika kontrol ditanya nyeri atau ga, jawabnya nyeri (muka datar), pasien yang dipotong wasirnya, jawabnya nyeeeeuurrrriii dokkk (manyun).

Karena gw orangnya lebay kalau lagi sakit, langsung pilih yang laser LHP. Kenapa pilih ini? Selain liat ekspresi dokternya pas nanya nyerinya gimana bedanya, kalau dibaca" lagi di website lain (https://pah.com.my/services/general-...rrhoidoplasty/), ternyata ini adalah metode yang minim sakit (krn ga ada guntingan dan jaitan) dan minim resiko pasca OP (ga ada penyempitan anus). Tapi memungkinkan kambuh lagi. Percayalah ga ada metode yang fix 100% ga kambuh lagi kalau kitanya ga ngubah pola hidup.. I promise to myself, I wont ever eat spicy food anymore. 

Singkat cerita, pas dokter bedahnya dateng (saking sakitnya udh bodo amat dokternya or perawatnya cewe apa cowo), gw langsung disuruh tiduran, dikasih penenang dari punggung tangan, disuruh tidur miring abis itu langsung flyyyyy.

15 menit kebangun ternyata udh selesai prosesnya. 10 menit observasi, keluarga boleh masuk, gw langsung disuruh duduk dan dokternya langsung jelasin kalau ternyata selain wasir yang segede jempol kaki, ada wasir kulit plus polio juga.. Oh my God.. kebayang ga si kalau jadi operasi di RS bulan maret kmrn? itu polio di-diagnosanya Fissura Ani emoticon-Frown bakal OP 2x itu mah endingnya. 

Dokternya langsung bilang kalau polionya mau dibawa ke RS untuk dicek apakah berbahaya atau ga, kalau berkenan akan ada biaya tambahan 1 jt (yaaa iyaalah mau, gw ga perlu repot ngurus gituan, tinggal nunggu hasil pas kontrol ntar). Selain itu semua biaya pengangkatan yang tadi itu udh all in.

Sekitar 10 menit perawat nerangin apa yang harus disiapin dan gejala" apa yang akan timbul pasca operasi, akhirnya boleh pulang bawa oleh" obat sama alat buat sitz bath. Plus dikasih oleh" nomor wa semua dokter yang praktek disitu, jadi in case of emergency or mo curhat nyeri" gitu bs langsung wa dokternya (dapet no dokter spesialis itu bikin bahagia lohhh.. jadi tenang aja kalau ada apa").

Nah, pasca op selama perjalanan, nyeri mulai kerasa, pastinya ga sesakit waktu berangkat pas wasirnya masih bertengger. Aktivitas ringan bisa, cuma krn gw anaknya lebay, jadi pengen aj gitu tiduran aja sampe rumah. Minum obat di hari pertama dan kedua tiap tidur, kebangun lima menit langsung ngantuk lagi trs tidur lagi, seharian. Untuk makanan pasca OP hari ke 1-4 masih bubur (boleh nasi, telur, ayam, ikan - me.. still prefer bubur aj), ga boleh buah sama sayur. Nanti kalau udh sebulan baru boleh yang lain, 3 bulan boleh pedes lagi (kapooookkk doccc)

Skip. Langsung cerita ttg BAB pertama pasca OP (baru bisa BAB hari ke-4). Asssseeeeliiiii yaaaa.. ini nyeri ruarrrrr biasa.. padahal ga ngeden loh.. p*p-nya keluar dengan sukarela. Salahnya waktu BAB belum minum obat nyeri, jadi tingkat sakitnya sampe 7-8 (dari 10). Tapi setelah BAB langsung sitz bath dan minum obat nyeri, itu bisa reda 30 menit kemudian. Setelah BAB pertama berasa ada yang masih gantung (kaya wasirnya keluar lagi), tp krn udh diinfo sama perawat pas nerangin pertama kali, jadinya tau ini gpp. Plus ada cairan warna kuning (ini juga diinfo di kertas - katanya ini cairan radang dan ini normal). Even sakitnya reda tp masih ada sedikit rasa ga nyaman (parno pisan).

WA ke dokter minta motivasi katanya seminggu pertama sakitnya lagi hebat"nya. Minggu kedua akan mulai berkurang dan jarang ada orang yang diatas 1 bulan masih nyeri (gw harus sabar nunggu sebulan lagi ya Allah). Di 1 bulan pasca OP udh boleh olahraga ringan. Di bulan ke 2-3 udh boleh olahraga berat lagi krn udh sembuh total (insyaAllah).

Sabtu kmrn kontrol pertama, dokternya cek dan bilang bagus kondisinya, gw tanya bagus gimana doc? kata dokternya ga radang kaya orang" biasanya, mulai skrg udh bisa makan pepaya dan buah naga. Alhamdulillah. Pertanyaan selanjutnya : "Doc mumpung di TangSel, saya boleh makan sushi AEON Mall?" Dokternya bilang boleh asal ga pake washabi (ya kaaalleee doc). Alhamdulillah lagi, gw udh menuju new normal. Ini treatment yang gw lakuin pasca OP :
1. Minum obat sesuai instruksi dokter
2. Sitz bath 15 menit 3x sehari (dikasih cairan khusus dari klinik)
3. Setiap BAK ganti kasa biar bersih (kalau cewe sih ini)
4. Daerah luka ga boleh lembab, harus kering
5. Setelah kering baru obatin pake betadine semprot, didiemin sekitar 10 detik kemudian dikeringin lagi pake kasa
6. Dikasih salep di daerah luka dan dikasih kasa lagi (ini di diemin aja) supaya kelembaban daerah luka tetep terjaga.

BAB ke-2 persiapan lebih mateng, air panas untuk sitz bath udh disiapin, obat udh diminum, tinggal tindakan aja di toilet. Alhamdulillah nyeri tp mau gimana kudu dikeluarin hasrat BABnya. Skala nyeri 5 (dari 10) dan masih sisa sampe sore (turun ke skala 2).

WA lagi ke dokter nanya boleh ga si pake obat cina yang biasa dipake abis op cesar.. menurut dokter ga efektif, lebih baik minum vitamin albumin atau suplemen ikan kutuk, sore itu juga langsung ke apotik cari tuh suplemen. Magicccc loh.. sore minum, malemnya nyeri nya ilang (sugesti kali ya). Bahkan hari ini (H+8 pasca OP) sakitnya ga ada sama sekali (sakit bekas OP maupun sakit after BAB kmrn). Kaki aj udh bisa diangkat ke meja (ini iseng si.. nyobain gaya macem" buat mastiin emang udh ga sakit).

Nah kontrol lg nanti hari Sabtu. Semoga gw cepet sembuh ya gaeesss. Biar bisa nikmatin lagi panggilan alam tanpa kesakitan.

Klinik gw kmrn >> https://klinikwasir.com/ (sharing is caring!! bukan endors!!)

Rekomendasi banget krn :
1. Kliniknya bersih, nyaman
2. Petugas ramah, sigap, fast respond
3. Dokter spesialis dari RS ternama (bisa dapet nomor contacnya pula)
4. Fast treatment, fast recovery
5. Ga ada biaya tambahan
profile-picture
nona212 memberi reputasi
Hari ini kontrol kedua kalinya (H+11 pasca OP)

Sakit ketika BAB udh minim (penting banget minum obat nyeri before BAB dan sitz bath after BAB). Tapi after BAB masih aga sedikit nyeri tipis"..

Kayanya sih nyeri BAB krn makannya juga udh mulai jorok, padahal ga dianjurkan >> gorengan, kue, pizza (iya bsk dikurangin iyaaaa)

Info dokter bekas lukanya udah bagus, seminggu lagi harusnya udh ga nyeri, paling lama sebulan.

Sempet nanya ada ga salep yg bs cepet ngeringin.. dokternya bilang ada tapi lebih baik prosesnya dijalanin pelan".. (sabar ndo.. udh ga wasir aj udh alhamdulillah.. lagian ga ada yg instan di dunia ini yekan)

Di hari ke 8 pasca operasi udh kembali aktivitas ngantor pp Bgr - Jkt bawa mobil sendiri.

Ahh iya.. sedikit cerita ttg polio yg kmrn diangkat.. hasilnya udh keluar, namanya polip rekti, diagnosanya polip fibroepitelial. Alhamdulillah ini jinak dan krn sudah diangkat jadi ga akan kambuh lagi.

Serem juga baca" ttg polip, krn ujung"nya bs jadi tumor dan bs berujung kanker kalau udh ganas apalagi nyebar.

Biar ga bahaya memang sebaiknya di operasi. Bersyukur banget kmrn ambil metode laser, krn ternyata operasinya pake metode khusus gt (lupa baca dari sumbernya mana), yg pasti salah satu pilihannya ya metode laser ini.
Minggu ketiga pasca op, udh ga ada rasa sakit lg pas BAB. Jadwal BAB juga lancar setiap hari (waktu masih wasir krn takut BAB, jadwalnya jd 2 hari sekali).

Luka bekas op masih belum pulih sepenuhnya, krn emang wasirnya segede jempol, tp ga ada rasa sakit juga. Obat nyeri udh bye bye dr minggu kmrn.

Sitz bath plus ngobatin luka (semprot betadine n salep) udh mulai 2x sehari aja (krn udh full kerja jd sempetnya sebelum n sepulang kerja).

Makan udh mulai macem".. dari mie ayam sampe sushi dilahap. Tp ttp ga makan pedes n asem (emang udah kapok).

Pokoknya 3 minggu after op, ngerasa udh jadi manusia normal lg (jongkok kek, loncat" kek.. bebas) krn udh ga ngerasain sakit sama sekali.

Btw, pengajuan klaim asuransi akhirnya dapet juga. Kliniknya kayanya udah biasa dgn hal ini, jd ga ada yg namanya berkas kurang pas ngajuin klaim.

Krn sistemnya one day car treatment, jd yg dicover adalah 80% dr total keseluruhan.

Ah iya.. kmrn adalah kontrol terakhir. Kata dokternya dateng kesini kalau ada keluhan aja atau kalau bisa by chat jg gpp.

Fyi, di klinik ini biaya kontrol free sampai pasien sembuh. Setiap kontrol plg pasti bawa oleh" obat (sesuai resep dr dokter).




GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di