CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Tips Mudah Memasak Nasi Agar Rendah Kalori, Cocok Untuk Agan Yang Sedang Diet!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5edf780928c9913b5115ab01/tips-mudah-memasak-nasi-agar-rendah-kalori-cocok-untuk-agan-yang-sedang-diet

Tips Mudah Memasak Nasi Agar Rendah Kalori, Cocok Untuk Agan Yang Sedang Diet!

Hai...  agan-agan semuanya.. selamat datang dithread saya emoticon-Hai

Bagi orang Indonesia, nasi sudah menjadi makanan pokok yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari hari. Setiap pagi, siang dan malam mayoritas orang Indonesia mengonsumsi nasi untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat hariannya. Bahkan ada pepatah mengatakan "belum kenyang, kalau belum makan nasi" dan itu menjadi kebiasaan orang Indonesia yang sudah mendarah daging. Bahkan terkadang, meskipun kita sudah memasak mie, kentang, jagunf, pasta, atau makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, kita masih menambahkan nasi supaya 'damage' kenyangnya lebih berasa.emoticon-Frown Dan jika dihitung-hitung, jumlah kalori dan gula yang masuk kedalam tubuh pasti sangat banyak, karena satu mangkuk nasi saja sudah mengandung sekitar 200-240 kalori.
Quote:

Untuk asupan kalori seukuraan itu, mungkin bagi agan-agan yang masih sehat dan muda hal itu tidak begitu masalah. Tapi bagi orang yang mengidap penyakit diabetes dan gula, tentu hal itu menjadi masalah yang besar. Karena bagi penderita diabetes pola makan harus benar-benar diatur dan dijaga, supaya kadar kalori yang masuk ke tubuh tidak melebihi batas. Selain itu bagi orang yang sedang melakukan proses diet untuk menurunkan berat badan kalori atau gula adalah sesuatu hal yang sangat pantang. Nah, untuk mengatasi tersebut ternyata ada loh tips mudah memasak nasi agar menghasilkan kadar kalori yang lebih sedikit. 

Quote:

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh College of Chemical Sciences di Sri Lanka menemukan metode yang tepat untuk menurunkan kadar kalori dalam nasi hingga 50%. Caranya sangat mudah, agan hanya perlu mencampurkan minyak kelapa murni sebanyak 1 sendok teh saat proses penanakan nasi. Lalu setelah nasi dikukus dan matang, nasi dikeluarkan terlebih dulu dan didinginkan di dalam kulkas selama 12 jam, baru kemudian nasi bisa dimakan. Oh...iya sebelum dimakan agan bisa memanaskan sebentar didalam microwave, tapi perlu diingat proses pemanasan hanya dilakukan sekali dan nasi tidak boleh bertahan lebih dari satu hari

Dengan metode memasak seperti ini dapat meningkatkan konsentrasi pati beras yang tak hilang dalam proses pencernaan (resisten) hingga 10 kali lipat. Meskipun caranya cuku sederhana, tetapi didalam proses tersebut terjadi berbagai macam proses kimia yang kompleks. Awalnya penambahan minyak kelapa  saat menanak nasi berfungsi untuk merubah struktur pati atau amilum dalam beras. Kemudian untuk proses pendinginan selama 12 jam akan menyebabkan ikatan hidrogen antara molekul amilum terbentuk, sehingga strukturnya berubah menjadi pati resisten. Sementara proses pemanasan pada mikrovame tidak mengubah tingkat resistensi pati. Sehingga, pati tetap bersifat resisten dan rendah kalori. Dalam proses ini peneliti memperoleh hasil adanya penurunan jumlah kalorisekitar 10-15 persen. Meskipun metode dengan minyak kelapa murni ampuh, para peneliti masih melakukan penelitian dengan menggunakan variabel lain seperti minyak bunga matahari apakah memberikan hasil yang sama.


Quote:

Nah, tips mudah memasak nasi rendah kalori diatas sangat boleh untuk agan coba di rumah, apalagi bagi agan yang sedang dalam masa diet dan yang punya riwayat penyakit diabetes. Mulai sekarang agan bisa membiasakan memasak nasi dengan minyak kelapa murni, karena selain dapat menurunkan kadar kalori dalam nasi, minyak kelapa murni juga punya khasiat yang tak kalah hebat seperti menyehatkan kulit, menjaga kesehatan otak dan menjaga imunitas tubuh.

Terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat dan menambah wawasan.. salam cendols.. emoticon-Cendol (S) dan jangan lupa emoticon-Rate 5 Star ya gan...

Sumber penulisan: 123 




profile-picture
profile-picture
profile-picture
bejosegerwaras dan 14 lainnya memberi reputasi
Reserved
Wah, patut dicoba nih gan oleh orang yg sedang diet kyk ane emoticon-Jempol
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Nice inpo gan emoticon-Cendol Gan minyak kelapa emang bagus buat kesehatan
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kalo indomie gimana gan?
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
noted, creatednya kemudian.
emoticon-Ngakak
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Notedemoticon-Angkat Beer
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ini yang aku butuhkan
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wah perlu beberapa step ya ternyata. btw ngerubah rasa nasi ga nih?
profile-picture
profile-picture
ben.cumberbatch dan yogapranata0008 memberi reputasi
Diubah oleh kaitokid94
Lihat 3 balasan
makasih inponya gan, cendol dawet yakemoticon-2 Jempol
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
tritnya cocok nih buat emak ane yang lagi pengen diet, makasih infonya gan emoticon-Jempol
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kena marah mamak kalok nasi di masukin kulkas gan emoticon-Mewek
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
waa terimakasih atas tipsnyaini gan. bermanfaat sekalii niih...
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
gk cocok sih buat ane.. keburu laper hehe nunggu didinginin dulu 12 jam sgala.. cocoknya buat org yg emang serius mau makan nasi rendah kalori ato yg lg diet
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Terima kasih pak, ini kebetulan yang sedang saya cari, umur semakin bertambah, harus cari cara diet

Hehehe
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
bisa minta/ kasi liat jurnal penelitian nya?

karena setau saya minyak kelapa itu tetap lah terbuat dari lemak walaupun ada yang bilang lemak baik (untuk pure virgin coconut oil)

tapi masa iya bilangin kalori = karbohidrat + lemak???🤔🤔

Di saus yang ts kasi juga ga ada yang ngasi sumber tulisan ilmiah nya. cuma mengutip doang tanpa ada back link/ daftar pustaka sama sekali
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Diubah oleh kusonekochan
wah keburu laper bos nunggu dimasukin kulkas 12 jem. jadi zombi duluan ntar ane
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
nasi jagung gan atau beras merah
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di