CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Amerika Serikat Resmi Alami Resesi Ekonomi Akibat Virus Corona
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5edf642e10d295703a5724f3/amerika-serikat-resmi-alami-resesi-ekonomi-akibat-virus-corona

Amerika Serikat Resmi Alami Resesi Ekonomi Akibat Virus Corona

Amerika Serikat resmi masuk resesi ekonomi akibat paparan virus corona, resesi dunia bakal lebih parah dari PD II. Gimana, nih?

Ketahui informasi selengkapnya di berita Finansialku di bawah ini!
 
Ekonomi AS Lesu, Resmi Masuk Resesi

Selasa (09/06), Anggota Komite Siklus Biro Riset Ekonomi Nasional AS (NBER) mengumumkan kalau perekonomian AS semakin lesu, yang membuat negara adidaya ini resmi masuk ke lubang resesi.

Hal ini dilaporkan oleh BBC melalui laman money.kompas.com. Pengumuman ini dikeluarkan setelah ada pertimbangkan skala dan tingkat keparahan kontraksi ekonomi AS saat ini.

Untuk informasi tambahan, resesi adalah keadaan di mana sebuah negara mengalami penurunan ekonomi secara signifikan.

Hal ini dibuktikan dari aktivitas produksi, pekerja, dan indikator lainnya, seperti Produk Domestik Bruto.

Amerika Serikat Resmi Alami Resesi Ekonomi Akibat Virus Corona
 
Dikatakan, kegiatan ekonomi dan angka pengangguran sangat jelas mencapai puncak saat Februari 2020 sebelum anjlok.

Pengumuman ini kemudian juga secara resmi mengakhiri periode ekspansi ekonomi Amerika Serikat setelah mencetak rekor terlama, yaitu satu dekade.

Pengumuman resesi saat ini, berbeda dengan sebelumnya, karena diumumkan dalam waktu yang singkat, yaitu hanya empat bulan dari dimulainya resesi.

Biasanya, saat alami resesi, Komite terkait biasanya akan menunggu waktu yang cukup lama untuk memastikan dan mengumumkan resesi.

Sebut saja pada 2007, sebagaimana dilansir finance.detik.com, saat ekonomi AS merosot, Komite terkait baru menyatakan awal resesi 12 bulan setelahnya.

“Dalam memutuskan apakah akan mengidentifikasi resesi, komite menimbang kedalaman kontraksi, durasinya, dan apakah aktivitas ekonomi menurun secara luas di seluruh perekonomian.” Tulis pihaknya, dikutip laman Reuters melalui internasional.kontan.co.id, Selasa (09/06).
Selain itu, pihak Komite Siklus NBER juga turut mengumumkan kalau pandemi dan respon kesehatan masyarakat saat ini, mengakibatkan penurunan dengan karakteristik dan dinamika yang berbeda dari resesi sebelumnya.

Adapun, hasil riset yang dilakukan oleh Komite terkait menunjukkan kalau produk domestik bruto (PDB) AS turun pada tingkat tahunan sebesar 4,8 dalam tiga bulan pertama tahun ini.

Sementara tingkat pengangguran naik drastis dari 3,5 persen pada Februari, ke 14,7 di bulan April, dan 13,3 persen di bulan Mei lalu.

Sebelumnya, beberapa pengamat ekonomi sudah memprediksikan kalau AS akan masuk jurang resesi sejak beberapa bulan ke belakang.
Melansir laman cnnindonesia.com, Jumat (10/04) lalu, sebanyak 45 ekonom sudah sepakat kalau Amerika Serikat sedang mengalami resesi.
Mereka memprediksikan kalau resesi di Amerika Serikat akan berlangsung hingga pertengahan tahun.
 
Ekonomi Dunia: Terburuk Dalam 80 Tahun Terakhir

Resesi nyatanya bukan hanya terjadi pada negara adidaya saja. Australia juga sedang masuk jurang resesi.

Sebagaimana dilansir laman cnbcindonesia.com, nilai tukar dolar Australia terus alami perlemahan sejak awal perdagangan hari ini, Selasa (09/06).

Amerika Serikat Resmi Alami Resesi Ekonomi Akibat Virus Corona
 
Bukan hanya dirasakan oleh Australia dan Amerika, resesi ini terjadi di seluruh dunia, sebagaimana diramalkan oleh Bank Dunia.

Bank Dunia sudah memproyeksikan kalau tahun ini perekonomian global akan mengalami resesi dunia terburuk sejak 80 tahun terakhir.

“Ekonomi global menderita pukulan yang menghancurkan. Proyeksi dasar kami, ini bahkan menciptakan resesi terdalam sejak perang dunia kedua.” Tutur David Malpass, Presiden Bank Dunia dalam laporan Global Economic Prospects yang dirilis pada Senin (08/06), dikutip laman katadata.co.id, Selasa (09/06).
Meski sebenarnya beberapa negara sudah menghentikan proses lockdown dari virus corona dan mulai membuka kembali perekonomian di beberapa sektor, nyatanya tidak akan bisa menutupi kerugian yang disebabkan oleh virus corona.

Tahun ini, melansir laman katadata.co.id, Produk Domestik Bruto (PDB) Global diperkirakan akan terkoreksi sebesar -5.2 persen.

Ini tentu berbanding terbalik dengan outlook yang telah dirilis Bank Dunia pada awal tahun lalu, yang mengatakan adanya pertumbuhan ekonomi sebesar 2,5 persen.

Tahun ini, beberapa negara maju diprediksi akan terontraksi hingga 7 persen. Seperti Jepang yang diprediksi akan alami kontraksi terbesar yaitu 9,1 persen.

Kemudian Amerika Serikat yang diprediksi akan minus 7 persen, Uni Eropa minus 6,1 persen.

Amerika Serikat Resmi Alami Resesi Ekonomi Akibat Virus Corona
 
Sementara negara emerging dan berkembang, akan minus 2,5 persen pada tahun ini.

Ekonomi India akan alami minus 3,2 persen, sementara Brasil akan mengalami kontraksi hingga 8 persen.

Kendati begitu, kabar baiknya, tahun depan, ekonomi negara maju diperkirakan akan alami pertumbuhan sebesar 3,9 persen.

Begitu juga Uni Eropa yang akan tumbuh sebesar 4,5 persen, Amerika Serikat sebesar 4 persen, dan Jepang 2,5 persen.

Begitu pula yang akan terjadi dengan negara emerging dan berkembang, yang akan kembali tumbuh sebesar 4,6 persen.

Di mana Tiongkok akan tumbuh 6,6 persen, Brasil 2,2 persen, dan India akan alami pertumbuhan sebesar 3,1 persen.
Resesi dunia sepertinya bukan lagi menjadi fenomena yang asing, karena prediksi ini sudah datang sejak jauh-jauh hari, di mana banyak negara masih kalang kabut menangani virus corona.

Pelonggaran PSBB pun sepertinya tidak bisa mengobati lubang kemerosotan yang terlalu dalam dirasakan oleh berbagai negara.

Karena meski dikatakan sudah bebas dari virus corona, new normal akan tetap membatasi ruang gerak manusia dalam bersosialisasi.

 
Spoiler for Sumber Referensi:



profile-picture
profile-picture
profile-picture
amdar07 dan 38 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh KASKUS.HQ
Halaman 1 dari 4
Bener sudah mulai resesi
Rakyat melampiaskan ke penjarahan
Tp resesinya belum terlalu parah🤭
profile-picture
profile-picture
profile-picture
julians12345678 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Segera buka ekonomi kalo gk mau nyusruk.

Jangan ada lockdown lockdown lagi.

Mau gk mau harus gitu, gk ada jalan lain.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iskrim dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
resesi ekonomi amerika itu untungkan negara2 asia

barat hancur....asia semakin berjaya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andrimardi dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
ada dampak nya ke negara ini? pasti ada emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MaKuCuLa dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Saham anjlok sejak tadi pagi emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan 2 lainnya memberi reputasi
*20 dolar cukup untuk membakar negara terkuat di dunia...... "Amerika"*

- Dua puluh dolar dibayarkan oleh George_Floyd keturunan Afrika ke penjaga toko.

- Pemilik toko mempertanyakan keaslian dua puluh dolar, menelepon polisi, menuduh Floyd memberikannya kertas palsu, polisi segera datang, dan bencana yang melanda Amerika terjadi dari timur ke barat.

- George Floyd meninggal karena mati lemas di bawah lutut seorang polisi putih berteriak 《Tolong, saya tidak bisa bernapas》

- Amerika dibakar, toko dibakar, dan kemudian terungkap bahwa uang kertas itu asli dan tidak palsu, seperti yang dinyatakan pemilik toko.

- $ 20 mungkin cukup untuk mengakhiri kekuatan ekonomi dan militer terbesar di dunia. Semua triliunan, atau bahkan jutaan triliunan, yang mereka sita dan rampas dari orang-orang di bumi tidak bertahan sampai selembar dua puluh dolar.

*Sejarah akan mengingat ini suatu hari nanti*

Inilah karma
Kebaikan dan kejahatan pasti
suatu saat ada balasannya

Bata only!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
angkuedan dan 38 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
bakal senasib kek USSR dulu kah...?
emoticon-Entahlah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
jual usdemoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan 3 lainnya memberi reputasi
saatnya buy buy...... mumpung saham anjlok








buat yg masih buanyak duit.... yang besok masih bingung makan apa....tetep semangatemoticon-Spanyol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
waduh kagak paham soal kaya ginian,tunggu ahlinya aja yg komenemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan 2 lainnya memberi reputasi
New World Order emoticon-Ultah











Penggila teori kontrasepsi silahkan masuk_____emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
suekethos dan 4 lainnya memberi reputasi
september meruked
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan 2 lainnya memberi reputasi
Amerika Serikat Resmi Alami Resesi Ekonomi Akibat Virus Corona

MAGA 2020 ......emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir Tubrukan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


sejarah baru gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan 5 lainnya memberi reputasi
Kutunggu great sale saham2 amrik dan USD.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan 3 lainnya memberi reputasi
amerika bangkrut saja 1$ = 13.800 emoticon-Embarrassment


Saya nggk bisa ngebayangin jika ekonomi US lagi jaya,, dan indonesia lagi krisis ekonomi... emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nicky123 dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kakekane.cell
Lihat 3 balasan
AYO TURUN DOLLARNYA WOI!!!!


btw cpt cpt stock CNY dulu ah barangkali stonk kalo amrik runtuh emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh wen12691
Gara" corona, ditambah kasus George Floyd...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Itilmbokmu dan 2 lainnya memberi reputasi
sedih banget sih tahun ini, ada mimpi yang tertunda juga karena corona
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Australia - Amerika - Next siapa lagi?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Itilmbokmu dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di